Tujuan 5.2 – Audit Sistem Informasi: Audit Pengendalian Data Sumber.

Tabel DD-(10)5Tabel DD-5 memperlihatkan pengendalian internal yang mencegah, mendeteksi, dan memperbaiki data sumber yang salah atau tidak akurat. Tabel tersebut juga memperlihatkan tinjauan sistem dan prosedur uji pengendalian yang dapat digunakan auditor untuk melakukan evaluasi. Dalam sistem on-line, entri dan fungsi pemrosesan data sumber merupakan satu kesatuan operasi. Oleh sebab itu, pengendalian data sumber seperti otorisasi yang memadai dan edit input data, diintegrasikan dengan pengendalian pemrosesan.

Para auditor menggunakan matriks pengendalian input, seperti yang ditunjukkan dalam Gambar DD~3, untuk mendokumentasikan tinjauan atas pengendalian data sumber. Matriks tersebut memperlihatkan prosedur pengendalian yang diterapkan ke setiap field dalam catatan input. Gambar-10-0003-a

Para auditor harus memastikan bahwa fungsi pengendalian data independen dari fungsi lainnya, memelihara daftar pengendalian data, menangani kesalahan dan memastikan efisiensi umum operasinya. Biasanya tidak layak secara ekonomi bagi perusahaan kecil dan instalasi PC untuk memiliki fungsi pengendalian data yang independen. Untuk mengimbanginya, pengendalian departemen pemakai harus lebih kuat dalam hal persiapan data, pengendalian jumlah total batch, program edit, pembatasan atas akses secara fisik dan logika ke sistem, dan prosedur penanganan.kesalahan. Prosedur-prosedur ini harus menjadi fokus tinjauan sistem dan uji pengendalian auditor, ketika tidak didapati adanya fungsi pengendalian data yang independen.

my-document-a4045a88469cb15e_mainpicWalaupun pengendalian data sumber bisa saja tidak sering berubah, batasan penerannya berubah-ubah. Oleh sebab itu, auditor harus mengujinya secara teratur. Auditor harus menguji sistem dengan cara mengevaluasi beberapa sampel data sumber untuk melihat ada tidaknya otorisasi yang memadai. Sebuah sampel pengendalian batch harus direkonsiliasi. Sebuah sampel kesalahan edit data harus dievaluasi untuk memeriksa bahwa kesalahan tersebut telah diselesaikan dan diserahkan dikembalikan ke dalam sistem.

Apabila data sumber tidak memadai, pengendalian departemen pemakai dan pemrosesan komputer dapat menjadi pengimbang. Apabila tidak, maka auditor harus sangat merekomendasikan •langkah-langkah untuk memperbaiki kelemahan pengendalian data sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>