Soal Latihan-6 Tinjauan Menyeluruh Proses Bisnis.

Dennv Daniels adalah manajer produksi pada divisi jazz di QRS, Inc., perusahaan manufaktur CD audio. Daniels merasa tidak puas dengan laporan yang disediakan oleh departemen akuntansi karena laporan tersebut tidak secara akurat menunjukkan seberapa keras dan efektif dia bekerja sebagai manajer produksi.

Daniels berusaha mendikusikan tanggapan dan kegelisahannya dengan June Smith, kontroler pada divisi jazz. Dia berkata kepada June, “Menurut saya, laporan biaya ini menyesatkan. Saya yakin memiliki tingkat produksi yang lebih baik selama beberapa periode, tetapi laporan biaya ini masih menyatakan bahwa biaya saya berlebihan.

Saya bukan akuntan; saya manajer produksi. Saya tahu bagaimana memproduksi produk yang berkualitas bagus. Selama beberapa tahun, saya bahkan telah memotong jumlah bahan mentah yang digunakan. Akan tetapi, laporan biaya tidak menunjukkan hal ini. Pada dasarnya, laporannya selalu negatif, tidak peduli apa pun yang saya lakukan. Tidak ada cara untuk menang terhadap akuntansi atau orang-orang di perusahaan yang menggunakan laporan ini.”

Smith berusaha menghibur Daniels. Dia mengatakan bahwa sistem akuntansi dan laporan biaya didesain oleh kantor pusat dan tidak bisa diubah. Dia menambahkan, “Meskipun laporan akuntansi ini sedikit banyak dijadikan dasar untuk mengevaluasi efisiensi divisi Anda, dan menjadi sarana bagi perusahaan untuk menentukan apakah Anda telah bekerja dengan baik atau tidak, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Anda belum dipecat! Selain itu, laporan ini sudah digunakan selama 25 tahun.”

Setelah berbicara dengan manajer produksi di divisi pusat QRS, Daniels menyimpulkan bahwa kebanyakan dari yang June Smith katakan mungkin benar. Namun demikian, divisi pusat mendapat persetujuan dari korporasi untuk mengubah sebagian kecil dari laporan biaya.

Daniels juga tahu bahwa pergantian (turnover) manajer pruduksi di QRS cukup tinggi, meskipun hanya sedikit yang dipecat. Kebayakan tampaknya mengundurkan diri, biasanya dengan rasa jengkel, karena mereka merasa dievaluasi secara tidak adil. Komentar berikut ini menyimpulkan perasaan umum dari para manajer produksi yang mengundurkan diri dari QRS:

Kantor pusat perusahaan tidak sungguh-sungguh mendengarkan kami. Semua yang mereka pertimbangkan adalah laporan biaya yang menyesatkan. Mereka tidak mau mengubahnya, dan mereka tidak menginginkan tambahan informasi. Para akuntan mungkin mahir dengan angka, tetapi mereka tidak tahu apa-apa mengenai produksi.

Oleh sebab itu, saya kadang-kadang mengabaikan laporan biaya tersebut seluruhnya atau berpura-pura menganggapnya penting, meskipun saya tidak merasa laporan tersebut mencerminkan seberapa baik saya telah bekerja. Walaupun mereka mengatakan tidak akan memecat saya, namun laporan negatif berarti evaluasi negatif. Saya lebih baik bekerja untuk perusahaan lain.

tabel-2-5Tabel diatas adalah contoh laporan biaya yang membuat Daniels merasa kecewa.

Diminta:
a. Apa pendapat Anda mengenai persepsi Denny mengenai pengaruh hal-hal berikut ini terhadap perilaku dan kinerja Denny: June Smith, kontroler, kantor pusat korporasi, laporan biaya, dirinya sendiri, dan SIA.
b. Identifikasi dan jelaskan tiga perubahan yang harus dibuat dalam laporan biaya agar informasinya menjadi lebih berarti dan berguna bagi manajer produksi seperti Daniels.

Seluruh Jawaban yang anda berikan tidak akan seketika muncul pada blog ini karena harus menunggu Approval dari saya, oleh karenanya tidak perlu menjawab ber-ulang-ulang.