Khasiat Buah Jambu Biji

jambubijJambu Merah atau Jambu Biji (Psidium Guajava Linn) berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini dapat tumbuh baik didataran tinggi maupun rendah. Umumnya ditanam di pekarangan dan ladang. Pohon jambu biji merupakan tanaman perdu yang bercabang banyak, tingginya dapat mencapai 12 meter. Besar buahnya bervariasi dari yang berdiameter 2,5cm hingga lebih dari 10cm.

jambu biji-1Buah ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi, bahkan dapat 2 sampai 6 kali lebih tinggi dibanding buah Jeruk, lebih tinggi 10 kali dibanding buah Pepaya dan 10 sampai 30 kali lebih tinggi dibandingkan buah Pisang. Vitamin C pada Jambu Biji terdapat pada daging buah yang segar dan bijinya yang sering tidak dimakan memiliki kandungan Vitamin C yang sama dengan daging buahnya.

vit-CDalam Buku “Foods that Heal, Foods that Harm” disebutkan bahwa 90 gram buah jambu biji segar sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada orang dewasa. Dibuku itu juga disebutkan “meskipun sudah kehilangan hampir 25% vitaminnya karena proses pengolahan, jus jambu biji dalam kemasan, masih merupakan sumber vitamin C yang baik.

Kandungan vitamin C dosis tinggi pada Jambu Biji, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan bakteri, proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat dan dapat memperbaiki tekanan darah hal ini juga disebabkan karena jambu biji juga merupakan sumber potassium yang baik.

Jambu biji juga mengandung vitamin A dan kaya akan serat, khususnya Pectin (serat larut air) yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu serta membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Penelitian di Singh Medical Hospital and Research Center, Morrabad, India, menunjukkan jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah penderita jipertensi essensial.

jantungJambu biji juga mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh. Di Indonesia jus jambu biji sering digunakan untuk meningkatkan trombosit penderita demam berdarah, bahkan menurut Dr. James Cerda, dengan memakan jambu biji 0,5 – 1kg/hari selama 4 minggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung sebesar 16%.

Dalam jambu biji juga ditemukan Likopen yaitu zat non gizi potensial lain selain serat. Likopen adalah karatenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang terdapat dalam darah(0,5 mol per liter darah) serta memiliki aktivitas anti oksidan. Riset epidemologis likopen pada studi yang dilakukan peneliti Itali terhdapa 2706 kasus kanker rongga mulut, tekek, kerongkongan, lambung, usus besar dan dubur akan memberikan efek perlindungan pada tubuh atas beberapa macam kanker jika mengkonsumsi jambu biji(likopen).

kankerDisamping manfaat jambu biji untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah timbulnya kanker, jambu biji juga memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gusi, gigi dan pembuluh kapiler serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka, jambu biji juga berkhasiat sebagai anti radang, anti diare dan menghentikan pendarahan.

Cara pemanfaatan Jambu biji: Pilihlah buah yang baru saja masak/matang dan masih berwarna hijau kekuningan. Bila sudah masak simpan dilemari pendingin dan jangan lupa cuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

One thought on “Khasiat Buah Jambu Biji

  1. wah wah wah,
    banyak juga manfaat jambu biji untuk memberantas berbagai penyakit ya, saya juga suka tuh, rasanya enak sih, jadi tak terasa berat saat kita konsumsi, akan mendapat 2 manfaat, yaitu makan buah enak dan menjaga kesehatan juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>