Khasiat Buah Mangga.

mango-treeMangga merupakan tanaman yang banyak ditemui di kawasan Asia. Secara ilmiah ia dikenal dengan nama Mangifera Indica dan digolongkan ke dalam kelompok suku Anacardiceae. Pohon dari tanaman mangga berupa kayu dengan ketinggian batang yang mampu mencapai angka 40 meter.

buah-manggaSecara tradisional, tanaman mangga sering digunakan untuk mengobati luka dan dapat digunakan untuk merawat infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Apabila seseorang mengalami luka, maka daun mangga diambil lalu dikunyah dan diborehkan pada luka tersebut. Bagi seseorang yang mengalami ulcer pada bagian perut, tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit tersebut.

Ini terbukti dengan kajian secara ilmiah di mana para ilmuwan mengisolasi struktur antibakteria yang dapat membunuh bakteri dan struktur anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka. Disamping itu, para ilmuwan juga dapat mengisolasi struktur anti-ulcerogenic pada tanaman tersebut yang dapat menyembuhkan ulcer pada perut.

anti-bakteriSecara ilmiah, tanaman mangga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, pektin, fosfor, kalium, magnesium, astragalin, betakaroten, quercetin yang sangat diperlukan tubuh manusia. Berkat kekayaan komponennya, mangga mempunyai berbagai khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan badan.

Sampai saat ini, para ilmuwan masih mengkaji dan mengungkapkan 1001 khasiat dari buah mangga. Beberapa khasiat yang ditemui adalah:

Mencegah kanker.

kanker-1Buah mangga mengandung komponen antioksidan seperti quercetin, astragalin, isoquercitrin, fisetin, asam galat, dan methylgallat. Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab beberapa jenis kanker. Kanker yang lazim adalah seperti kanker usus, prostat, leukimia, dan payudara.  Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari, asap rokok, dan sebagainya.

Menurunkan kadar kolestrol

cholesterolBuah mangga yang berwarna kuning mengandungi vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini mampu mendetoksikan darah dari unsur-unsur yang tidak penting seperti kolesterol jahat, Secara tidak langsung, mencegah dari penyakit obesitas.

mataMenyehatkan Mata

Vitamin A yang terdapat dalam buah mangga memberikan perlindungan pada mata dari serangan beberapa radikal bebas penyebab katarak, mata kering dan sebagainya. Selain itu, mata juga akan menjadi lebih cerah dan kesegaran mata dapat terpelihara sepanjang hari.

 

Membantu pencernaan dalam tubuh

saluran pencernaanMangga memiliki peranan penting dalam menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan. Mangga membantu masalah pencernaan enzim secara alami. Bahan aktif dalam mangga seperti ester, terpene dan aldehida berpengaruh dalam meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan pencernaan

strokeMencegah stroke

Mangga mengandungi kalium yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan tekanan jantung dan membantu otot jantung berfungsi dengan baik. Pemenuhan kebutuhan kalium yang memadai dapat membuat  tekanan darah menjadi stabil, dan mengurangi kemungkinan serangan jantung dan penyakit pembuluh darah.

Menyehatkan otak dan meningkatkan daya ingat.

otakMangga kaya dengan vitamin. Sebagaimana banyaknya kandungan vitamin C, mangga juga mempunyai  vitamin B-6 yang sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini membantu untuk menggabungkan neurotransmitter utama yang memberikan kontribusi dalam menentukan keadaan hati dan perubahan pola tidur. Selain itu, kandungan asam Glutamin di mangga mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Menghaluskan kulit

wajahBuah yang memiliki rasa manis asam ini ternyata juga mampu menghaluskan kulit serta menghilangkan jerawat, kerana kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah mangga mampu memaksa sel-sel kulit untuk kembali atau melakukan proses regenerasi lebih cepat dengan membawa sel-sel kulit baru yang segar ke permukaan. Kulit akan lebih halus dan sehat.

Meredakan panas dalam

Panas-DalamMangga juga berfungsi sebagai pendingin tubuh. Panas dalam disebabkan beberapa fakor  dan biasanya di sebabkan oleh sistem pencernaan yang buruk dan faktor faktor lain, seperti : kekurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), memakan makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan, atau bahkan disebabkan cuaca panas. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah mangga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu meredakan penyakit panas dalam lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>