Pendahuluan Pengembangan dan Analisis Sistem.

Oleh karena kita hidup dalam dunia yang sangat kompetitif dan sering berubah, organisasi terus berhadapan dengan kebutuhan atas cara mendapatkan informasi yang baru, lebih cepat, dan lebih andal. Demi memenuhi kebutuhan ini, sistem informasi harus terus mengalami perubahan, dari penyesuaian kecil hingga ke pergantian besar. Kadang kala, perubahan yang dibutuhkan begitu drastisnya hingga sistem yang lama dibuang serta, diganti semuanya dengan sistem yang baru. Perubahan begitu konstan dan sering hingga sebagian besar organisasi senantiasa: terlibat dalam beberapa peningkatan atau perubahan sistem.

220px-SDLC_-_Software_Development_Life_CyclePerusahaan biasanya mengubah sistem mereka untuk salah satu dari alasan-alasan berikut ini:

(Silahkan Klik topik diatas untuk deskripsi lebih lanjut).

50 thoughts on “Pendahuluan Pengembangan dan Analisis Sistem.

  1. Menurut saya, pembahasan mengenai pengembangan dan analisis sistem sangatlah menarik. Karena di setiap organisasi manapun semuanya memakai sistem. Nah sistem inilah yang akan mewadahi aktivitas kegiatan organasasi. Lalu seiring berjalan nya waktu sistem dapat berubah sesuai zaman karena berhubungan dengan modernisasi.

  2. Saat ini, telah dikenal secara luas bahwa pengetahuan tentang sistem informasi merupakan hal yang esensial bagi para manajer sebab kebanyakan organisasi membutuhkan sistem informasi untuk bertahan dan maju. Faktor yang menjadikan perusahaan membutuhkan pengembangan Sistem informasi karena dapat membantu perusahaan untuk memperluas jangkauan bisnisnya, menawarkan produk dan layanan baru, mengatur ulang pekerjaan dan alur kerja. Sistem informasi seyogyanya mendukung strategi bisnis organisasi, proses bisnis, struktur dan budaya organisasi dalam meningkatkan nilai bisnis dari organisasi khususnya dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Perlunya pengembangan sistem dapat berarti menyusun suatu sistem yg baru untuk menggantikan sistem yg lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yg telah ada.

  3. Pengembangan dan Analisis Sistem dalam suatu perusahaan ataupun organisasi baik kecil maupun besar, pengembangan dan analisis sistem digunakan agar dapat mengikuti perubahan dari waktu ke waktu, memperbaiki dan mengembangkan sistem yang kurang atau belum mampu, yang terjadi dalam perusahaan/organisasi untuk keberlangsungan dan perkembangan bisnis dan perusahaan

  4. Adanya globalisasi membawa kita ke zaman yg semakin lama semakin maju dan canggih. Globalisasi mengharuskan setiap individu, organisasi, maupun dunia berubah mengikuti zaman ini. Globalisasi membawa informasi lebih cepat kepada khalayak karena itu untuk mendapatkan informasi yg lebih cepat dalam organisasi perlu pengembangan sistem informasi didalamnya. Sistem informasi yg terus berkembang akan menghasilkan informasi yg semakin cepat dan lengkap pula. Pergantian atau perubahan sistem informasi akan menjadikan organisasi lebih maju dalam bidang informasi dan dapat meningkatkan segala kebutuhan dan target yg ingin dicapai perusahaan akan semakin dapat terwujudkan.

  5. Dalam keadaan persaingan pasar yang ketat, kecepatan informasi atau efisiensi waktu sangat menentukan berhasil atau tidaknya strategi yang telah disusun untuk meraih kesempatan dan peluang pasar, sehingga teknologi informasi perlu digunakan untuk meningkatkan penyediaan informasi agar dapat mendukung proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen. Dengan adanya sistem baru diharapkan terjadi peningkatan dalam kinerja, kualitas informasi yang disajikan, keuntungan, kontrol (pengendalian), efisiensi, dan juga pelayanan yang baik.

  6. Pengembangan sistem sangatlah penting dalam suatu organisasi. ada beberapa alasan pokok yaitu, lingkungan bisnis atau organisasi cepat berubah atau dinamis misalnya dalam hal kemajuan teknologi,perubahan perilaku konsumen dan perubahan lingkungan sosial-budaya serta perkembangan ini juga mengalami perubahan sistem dari waktu ke waktu dan dalam proses kerja dan pengolahan bisnis membutuhkan sistem tertentu yang memudahkan pelaksanaan aktivitas, mulai dari perencanaan hingga pengevaluasian. Sedangkan tujuan dari pengembangan sistem itu sendiri adalah untuk mengembangkan sistem imformasi yang memuaskan kebutuhan operasional dan kebutuhan akan suatu organisasi dan mengembangkan sistem imformasi dengan cara yang efisien dan efektif.

  7. Dalam setiap perusahaan, pegembangan dan analisis sistem diperlukan. Perusahaan melakukan pengembangan sistem karena adanya ketidakberesan pada sistem yang lama sehingga perusahaan perlu melakukan pengembangan sistem agar sistem yang ada dalam perusahaan dapat beroperasi dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. Dan tujuan dari pengembangan sistem untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih efektif, memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada, memenuhi instruksi yang diberikan, serta untuk meningkatan kualitas informasi.

  8. Menurut saya, pengembangan analisis sistem sangat penting dalam suatu organisasi di zaman Yang semakin canggih Ini dan Menuntut kita untuk terus memperbarui sistem yang sudah berjalan sehingga dapat meningkatkan kinerja yang efektif, juga mengembangakan sistem informasi .

  9. Pengembangan sistem merupakan tindakan mengubah, menggantikan atau menyusun kembali sistem lama menjadi sistem yang baru baik secara sebagian maupun keseluruhan untuk memperbaiki sistem yang ada. Dalam perusahaan sebuah pengembangan sistem merupakan suatu tindakan yang penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah agar mekanisme atau sistem kerja pada perusahaan tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.

  10. Sebuah sistem informasi dalam sebuah perusahaan mau tidak mau harus mengalami pemodifikasian atau pun penggantian untuk memenuhi kebutuhan organisasi. seperti sistem informasi yang ada pada saat segala aktifitas dilakukan menggunakan cara manual akan berbeda dengan sistem informasi yang menggunakan cara komputerisasi. sistem informasi terdahulu tidak akan dapat mendukung kegiatan dengan cara komputerisasi sehingga memodifikasi atau mengubah sistem informasi yang efektif dan efisien merupakan sebuah kebutuhan.

  11. Pengembangan sistem dalam suatu perusahaan sangatlah penting. Suatu sistem yang semakin berkembang dimaksudkan untuk memajukan produktivitas dari suatu perusahaan. Pengembangan sistem itu sendiri seringkali terjadi akibat dari segi kemajuan teknologi, metode dalam produktivitas, pertumbuhan pasar, dan hal-hal lainnya. Pengembangan sistem tidak sepenuhnya menghasilkan efek baik dan sesuai yang diharapkan, maka dari itu suatu sistem harus dirancang dengan sedemikian rupa dan di uji coba terlebih dahulu agar berhasil dengan baik.

  12. Betul sekali, pengembangan dan penyesuaian merupakan hal yang harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu yang telah ditentukan dengan harapan kita dapat mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi secara alami seiring waktu. Tidak hanya mampu beradaptasi, namun kita juga mampu untuk bersaing. Begitupun system informasi, harus terus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan.

  13. Pengembangan dan analisis sistem sangatlah penting bagi perusahaan, Karena adanya pertumbuhan zaman yang semakin modern yang menyebabkan kebutuhan informasi semakin luas, peningkatan jumlah data yang harus diolah semakin meningkat sehingga harus disusun dengan sistem yang baru karena sistem yang lama tidak efektif lagi dan tidak dapat memenuhi semua kebutuhan informasi.

  14. Menurut Mulyadi bahwa “ Metodologi pengembangan sistem adalah langkah-langkah yang dilalui oleh analisis sistem dalam mengembangkan sistem informasi”. Salah satu tujuan dari pengembangan dan analisis sistem ini adalah untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada, baik mengenai mutu, ketepatan penyajian, maupun struktur informasinya. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi serta kebutuhan akan penyajian informasi yang lebih baik lagi maka diperlukan pengembangan akan sistem informasi memlalui beberapa analisis sistem sehingga bisa dihasilkan informasi yang lebih cepat, tepat, akurat dan mudah dimengerti oleh pihak yang membutuhkan informasi tersebut.

  15. Menurut pendapat saya, bagi suatu organisasi atau suatu perusahaan untuk mendapatkan informasi tentu saja harus sesuai dengan sistem yg di gunakan. Agar pencapaian informasi tersebut optimal. Lalu bila semakin berkembang nya zaman, pasti nya semakin berkembang juga suatu sistem dan untuk itu mau tidak mau suatu organisasi atau prusahaan hrus mengikuti perkembangan trsebut agar prshaan dapat selalu mengalami progress serta agar menjadi prusahaan go public.

  16. Menurut saya setiap perkembangan dan terus meningkatnya daya saing kerja dari tahun ketahun bahwa sistem itu terus berkembang pula, dikarenakan setiap perusahaan mau melakukan yang terbaik bagi perusahaannya. Perusahaan akan terus meningkatnya analisa dalam sistem yang kurang, bisa dengan 2 cara yaitu dengan parallel run dan cut off system, dengan 2 cara itu perusahaan dapat melihat apa yang kurang dalam sistem yang dianut serta sistem yang baru.

  17. Melakukan pengembangan dan analisis sistem untuk menghasilkan sistem yang efektif dan efisien.

  18. Pengembangan sistem sangat penting karena Pengembangan sistem mempunyai beberapa manfaat yang sangat penting seperti :
    -memberikan informasi cepat, tepat dan akurat
    -Mengikuti perkembangan teknologi informasi untuk mengembangkan sistem bisnis
    -Mempercepat informasi untuk pengambilan sebuah keputusan.

  19. Semakin berkembangnya zaman, semakin canggihnya teknologi yang ada pada zaman sekarang,mengharuskan segala sesuatunya mengikuti ke arah perubahan yang semakin cepat efektif dan efisien. Pengembangan sistem inilah yang akan dipelajari dalam menghadapi perubahan akibat adanya modernisasi secara global.

  20. Menurut saya pengembangan sistem sangat diperlukan bagi perusahaan baik itu perusahaan besar maupun kecil. Dalam mengembangkan dan memajukan perusahaan, haruslah mempunyai suatu sistem yang baik pula. Sistem dapat berkembang dengan cara menganalisisnya, dengan dianalisa maka akan tahu dimana kelemahan serta kekurangan dari sistem yang sudah ada, menganalisis sistem dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan parallel run dan cut off system.

  21. Waktu akan selalu berjalan dan dunia akan terus mengalami perkembang, maka perusahaan perlu menyesuaika diri. Perubahan dari sistem perusahaan dengan menganalisis dari sistem yang lama dan disesuaikan dengan perkembangan global. Sehingga sistem yang dibuat lebih efektif dan efisiensi daripada sistem yang sebelumnya

  22. Menurut saya, pengembangan dan analisis sistem dalam suatu perusahaan sangatlah penting. Pengembangan dan analisis sistem dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap awal dari pengembangan sistem umumnya dimulai dengan mendeskripsikan kebutuhan pengguna dari sisi pendekatan sistem rencana strategi yang bersifat makro, diikuti dengan penjabaran rencana strategi dan kebutuhan organisasi jangka menengah dan jangka panjang. Maka dari itulah perusahaan melakukan perubahan-perubahan agar bisa bersaing dengan perusahaan lain dan tidak lah dianggap kuno atau ketinggalan zaman.

  23. Menurut saya setiap perkembangan dan terus meningkatnya daya saing kerja dari tahun ketahun bahwa sistem itu terus berkembang pula, dikarenakan setiap perusahaan mau melakukan yang terbaik bagi perusahaannya. Perusahaan akan terus meningkatnya analisa dalam sistem yang kurang, bisa dengan 2 cara yaitu dengan parallel run dan cut off system, dengan 2 cara itu perusahaan dapat melihat apa yang kurang dalam sistem yang dianut serta sistem yang baru.

  24. Pengembangan dan analisis sistem di jaman sekarang sudah semakin maju, dalam perusahaan dan organisasi pun sudah banyak yang menggunakan analis sistem dalam proses kemajuan perusahaan tersebut.
    Pengembangan dan analisis sistem dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat untuk kepentingan perusahaan,sehingga perusahaan dapat menempatkan tindakan yang akan di ambil untuk mengoptimalkan kinerja-kinerja karyawan dalam menyelesaikan masalah maupun membuat trobosan baru dalam perusahaan .

  25. Tahun ini dengan hari kemaren adalah suatu hal yang berbeda. Setiap hari, minggu dan tahun mempunyai kebutuhan yang pastinya berbeda. Begitu juga dengan Sistem Informasi Akuntansi. Pengembangan dan analisis sistem terus harus selalu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam perusahaan yang terus meningkat agar tujuan perusahaan tercapai dengan efektif dan efisien.

  26. Seperti halnya sumber daya yang lain, sistem informasi akan mengalami perkembangan di kemudian hari. Hal-hal seperti modifikasi sistem, berpedoman ke sistem lain, perubahan hak akses sistem, penanganan terhadap fasilitas pada sistem yang rusak, merupakan contoh dari kasus-kasus yang biasanya timbul dalam pemeliharaan sistem.

    Dan biasanya sistem yang lama yang perlu diperbaiki atau diganti disebabkan karena adanya permasalahan-permasalahan (problems) yang timbul di sistem yang lama. Permasalahan yang timbul dapat berupa :

    – Ketidakberesan sistem yang lama
    Ketidakberesan dalam sistem yang lama menyebabkan sistem yang lama tidak dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan.

    – Pertumbuhan organisasi
    Kebutuhan informasi yang semakin luas, volume pengolahan data semakin meningkat, perubahan prinsip akuntansi yang baru menyebabkan harus disusunnya sistem yang baru, karena sistem yang lama tidak efektif lagi dan tidak dapat memenuhi lagi semua kebutuhan informasi yang dibutuhkan manajemen.

    Maka dari itu, di sinilah diperlukan dokumentasi yang memadai dan pemindahan pengetahuan dari pihak penyusun sistem ke pengguna untuk menjamin terkelolanya dengan baik proses-proses pemeliharaan sistem.

  27. Pengembangan sistem adalah langkah-langkah yang dilalui oleh analisis sistem dalam mengembangkan sistem informasi yang bertujuan untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada, baik mengenai mutu, ketepatan penyajian, maupun struktur informasinya. Analis sistem memegang peranan sangat penting dalam proses pengembangan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

  28. Saya setuju dengan pemaparan materi diatas bahwa suatu sistem itu penting dalam suatu organisasi begitupula dengan pengembangan sistem tersebut. seiring berkembangnya zaman dimana teknologi semakin canggih maka sebuah organisasi dituntut untuk selalu memperbaharui sistemnya.perubahan sistem ini berpengaruh terhadap kemajuan organisasi tersebut dimana organisasi itu dapat terus bersaing dengan organisasi lainnya.

  29. Saya setuju dengan pemaparan materi diatas bahwa suatu sistem itu penting dalam suatu organisasi begitu pula dengan pengembangan sistem tersebut. seiring berkembangnya zaman dimana teknologi semakin canggih maka sebuah organisasi dituntut untuk selalu memperbaharui sistemnya. perubahan sistem ini berpengaruh terhadap kemajuan organisasi tersebut dimana organisasi itu dapat terus bersaing dengan organisasi lainnya.

  30. Menurut saya di era globalisasi ini pengembangan dan analiss sistem memiliki pengaruh yg sangat besar. Karena masyarakat semakin konsumtif pada suatu barang jadi perusahaan harus melalukan pengembangan ataupun perubahan pada setiap barang yang sudah dipasarkan agar para konsumen merasa puas dengan sistem yang ada dibarang tersebut

  31. Pengembangan sudah dilakukan dari masa lampau ataupun dari masa sekarang karena pengembangan akan mempermudah kita untuk mendapatkan informasi yang lebih,lebih dan lebih lagi. Pengembangan sistem informasi sangat penting bagi organisasi ataupun negara yang menginginkan terjadinya kemajuan ataupun terwujudnya semua yang diharapkan.

  32. seiring dengan perkembangan teknologi, peningkatan proses bisnis, dan perubahan-perubahan lannya, sistem informasi juga harus mengimbangi perubahan tersebut. Suatu sistem perlu melakukan penyusunan sistem yang baru untuk menggantikan atau memperbaiki secara keseluruhan sistem yang telah ada. dengan melakukan proses evaluasi, identifikasi dan mendiagnosa persoalan yang ada dan kebutuhan informasi yang akurat untuk menunjang kemajuan perusahaan.

  33. Menurut saya pengembangan dan analisis sistem sangat diperlukan bagi perusahaan dikarenakan kecanggihan dari sistem informasi yang begitu cepat dan aman mendukung jalanya operasi perusahaan saat ini dan sebagai evaluasi untuk kemajuan perusahaan itu sendiri.
    Bila pengembangan sistem ini mampu berjalan di perusahaan sebaiknya dicoba dan dijalankan selama sebulan atau pun dua bulan,tergantung kebijakan kepala bagian IT nya,dan sebaliknya apabila pengembangan sistem yang ditentukan malah memperburuk kegiatan perusahaan harus di hapus dan tidak dipakai.

  34. Menurut saya, pembahasan tentang pengembangan dan analisis sistem ini sangat bagus, karena dengan adanya pengembangan sistem ini kita dapat mengembangkan suatu teknologi atau pikiran untuk lebih maju atau memiliki sistem yang baru agar kita tidak tertinggal seiring dengan kemajuan zaman ini.. seperti budaya tradisional seiring perubahan zaman akan menjadi budaya yang modern..

  35. pengembangan sistem dalam suatu perusahaan sangatlah penting.
    pengembangan ini sangat membantu suatu organisasi untuk mnciptakan respon yang sangat efektif atas berbagai perubahan. Perubahan pasti terjadi baik dalam perusahaan dan dalam lingkungannya.
    pengembangan sistem ini terjadi karna berkembangnya teknologi yang sangat pesat, adanya pesaing yang sangat ketat, pengaruh globalisasi dll.
    Pengembangan sistem ini bertujuan untuk berjalannya suatu perusahaan dengan efektif dan efesien yang terus berkembang saat ini.

  36. Pengembangan dan Analisis Sistem sangat penting dalam perusahaan biasanya memerlukan jangka waktu yang lama bila dibandingkan dengan pemecahan masalah pada umumnya .
    Ketika sistem baru yang ditingkatkan , dibutuhkan , permintaan untuk pengembangan sistem yang tertulis dibuat . Permintaan tersebut menjelaskan masalah sistem saat ini , alasan perubahan , sasaran dan tujuan yang diusulkan , serta manfaat dan biaya yg diperkirakan. Seseorang bertanggung jawab atas penelitian , perencanaan , pengkoordinasi, dan merekomentasi pemilihan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan .

  37. Penerapan analisis sistem untuk pengembangan sistem informasi biasanya memerlukan jangka waktu yang lebih lama bila dibandingkan dengan pemecahan masalah pada umumnya . Perubahan begitu konstan dan sering hingga sebagian besar organisasi senantiasa terlibat dalam beberapa peningkatan dan perubahan sistem.

  38. Menurut saya, penerapan analisis sistem untuk pengembangan sistem informasi memerlukan jangka waktu yg lebih lama dibandingkan dengan pemecahan masalah pada umumnya..

  39. Perubahan dalam kehidupan berbisnissejatinya memang akan selalu ada karena adanya globalisasi yang menyebabkan perubahan di segala bidang termasuk sistem informasi, teknologi dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat esensial harus terjadi dan dilakukan oleh perusahaan agar menyeimbangkan perubahan padasegala bidang yang terkait dengan perusahaan zupaya perusahaan tetap berlangsung secara baik dan bertahan baik walau banyakperubahan terjadi di sektor internal maupun eksternal

  40. Menurut saya pembahasan tentang Pengembangan dan Analisis Sistem sangatlah penting bagi perusahaan maupun organisasi. Karena seiring dengan perubahan zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini perusahaan atau organisasi harus lebih meningkatkan teknologi untuk memperoleh suatu hasil yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Analisis sistem juga sangat penting bagi proses pengembangan perusahaan maupun organisasi.

  41. Nama : Cornelius Richo Angkasa
    Nim: 2013 12 255
    Seksi : 02

    setelah saya membaca artikel di atas kesan saya sangat menarik karena saya merasa sendiri di setiap semester esa unggul selalu memberikan pembaharuan sistem dan banyak sekali dampak yang di terima dari perubahan sistem tsb.

  42. Penerapan analisis sistem untuk pengembangan sistem informasi biasanya memerlukan jangka waktu yang lebih lama bila dibandingkan dengan pemecahan masalah pada umumnya. Dengan sendirinya hal ini tidak benar untuk semua kejadian. Lagipula, pengembanga sistem informasi dari satu sudut pandangan dapat disebut suatu pemecahan terhadap suatu maslah; artinya, kebutuhan untuk mengetahui dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

  43. Menurut saya, sistem informasi memang harus berganti dengan sistem yang baru baik di sistem organisasi maupun sistem lainnya. Karena, ini sangat berpengaruh pada setiap perusahaan. Jika seandainya sistem informasi tidak diganti, maka perusahaan akan turun atau tidak berkembang.

  44. Menurut saya, sistem informasi memang harus berganti dengan sistem yang baru. Karena, ini berpengaruh bagi semua perusahaan. Jika seandainya, sistem informasi ini tidak digantikan, maka perusahaan tersebut akan semakin turun.

  45. Menurut saya sebuah organisasi perlu adanya pengembangan dan analisis sistem karena pada saat tahap pengembangan atau perencanaan ternyata ada penambahan kebutuhan dikarenakan perubahan organisasi atau pengaruh eksternal (perubahan peraturan pemerintah misalnya). Dengan sendirinya pengembangan sistem harus kembali ketahap analisa untuk menganalisa perubahan kebutuhan sistem yang diakibatkan karena adanya perubahan tadi.

  46. analisis dan pengembangan sistem adalah metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan dan mengelola sistem yang akan melaksanakan fungsi bisnis
    tujuannya adalah untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada, sistem kerja pada perusahaan menjadi lebih efektif dan untuk memenuhi segala kebutuhan informasi

  47. Dalam suatu perusahaan/organisasi pengembangan kebutuhan dan analisis sistem itu sangat oenting karena pada saat tahap perancangan ternyata ada penambahan kebutuhan dikarenakan perubahan organisasi atau pengaruh eksternal (perubahan peraturan pemerintah misalnya). Dengan sendirinya pengembangan sistem harus kembali ketahap analisa untuk menganalisa perubahan kebutuhan sistem yang diakibatkan karena adanya perubahan tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>