Soal Latihan-17 : Pengembangan dan Analisa Sistem

Alkin Chemical Company memproduksi dan menjual bahan kimia untuk pertanian dan industri. Perusahaan telah berkembang secara signifikan selama lima tahun terakhir ini. Akan tetapi, SIA perusahaan adalah yang awalnya dikembangkan dan dipasang oleh putra direktur yang sebelumnya ketika dia kuliah. Kebanyakan informasi yang dihasilkan oleh sistem tersebut tidak relevan, sehingga diperlukan informasi yang lebih memadai dan tepat waktu.

Kontroler merasa prihatin bahwa data biaya bulanan aktual untuk kebanyakan proses produksi dibandingkan dengan biaya aktual dari proses yang sama dengan tahun sebelumnya. Akan tetapi, supervisor produksi yakin bahwa sistem tersebut telah memadai karena menunjukkan kesalahan yang mungkin ada. Biaya tahun berjalan jarang berbeda dari biaya tahun sebelumnya ketika disesuaikan dengan inflasi; jadi, supervisor merasa bahwa biaya masih di bawah kendali.

Wakil direktur bagian manufaktur menemukan bahwa untuk mempersiapkan analisis biaya yang paling sederhana, dia menghabiskan berhari-hari untuk menyusun informasi yang dihasilkan oleh sistem yang ada saat ini. Dia merasa sistem harus cukup fleksibel bagi para manajer untuk mengembangkan laporan rutinnya sendiri secara cepat.

Sebagai akibat dari keprihatinan tersebut, direktur yang baru telah menunjuk suatu komite. untuk meninjau ulang sistem tersebut. Komite ini akan menentukan kebutuhan informasi manajemen untuk pengendalian biaya dan pengambilan keputusan serta memastikan bahwa kebutuhan perilaku perusahaan dan pegawai terpenuhi. Ketua komite ini adalah wakil direktur keuangan dan administrasi.

Segera setelah pengumuman anggota komite, wakil direktur keuangan mendengar seorang akuntan mengatakan, “Saya sudah melakukannya seperti ini sejak perusahaan terbentuk dan sekarang komite ini akan menghilangkan pekerjaan saya.” Beberapa pegawai di departemen akuntansi umum juga menganggap bahwa posisi mereka akan dihapuskan atau diubah secara signifikan.

Beberapa hari kemudian, wakil direktur keuangan dan administrasi mendengar seorang manajer produksi mengatakan bahwa dia yakin sistem yang sekarang perlu direvisi karena kebanyakan dari informasi yang paling penting yang diterimanya justru berasal dari tenaga penjual yang masih junior.

Diminta:

  1. Identifikasi imphkasi perilaku penggunaan SIA yang tampaknya tidak memenuhi kebutuhan pihak manajemen.
  2. Identifikasi dan jelaskan masalah yang dihadapi oleh pegawai dari SIA tersebut.
  3. Identifikasi kebijakan atau praktik yang dapat diikuti oleh perusahaan selama implementasi sistem agar biaya berkurang tanpa memecat pegawai.

(Diadaptasi dari Ujian SMAC)