Soal Latihan-24 : Pengembangan dan Analisa Sistem

Joanne Grey, seorang konsultan senior, dan David Young, seorang konsultan junior, ditugaskan oleh kantor mereka untuk melakukan analisis sistem bagi seorang klien. Tujuan dari studi tersebut adalah mempertimbangkan kelayakan mengintegrasikan dan mengotomatiskan fungsi administrasi tertentu. Joanne sebelumnya telah bekerja seusai penugasan untuk klien ini, tetapi David baru-baru ini saja dipekerjakan.

Selama hari pertama dalam penugasan tersebut, Joanne mengarahkan David untuk mewawancarai para supervisor departemen dan mempelajari sebanyak mungkin operasi departemen terkait. David pergi ke kantor seorang supervisor, memperkenalkan diri, dan mengeluarkan pernyataan berikut ini: “Perusahaan Anda telah mengontrak kantor saya untuk mempelajari cara departemen Anda bekerja dan membuat rekomendasi tentang bagaimana efisiensinya dapat ditingkatkan dan bagaimana biaya dapat diturunkan. Saya ingin mewawancarai Anda untuk menetapkan apa yang terjadi dalam departemen Anda.”

David mengajukan berbagai pertanyaan ke supervisor tersebut sekitar 30 menit, tetapi menemukan bahwa supervisor tersebut tidak mau bekerja sama. David kemudian memberikan laporan lisan kepada Joanne tentang bagaimana wawancara tersebut berjalan dan apa yang dipelajarinya mengenai departemen tersebut.

Diminta:

Jelaskan beberapa kekeliruan dalam pendekatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai operasi dari departemen yang dipelajari. Bagaimana tugas ini seharusnya dilakukan?