Soal-Latihan-13 (Menerapkan tehnik Audit Bersamaan).

Sebagai seorang auditor internal untuk sebuah kantor audit negara bagian, Anda telah ditugaskan untuk meninjau implementasi sebuah sistem komputer baru di badan kesejahteraan negara bagian tersebut. Badan tersebut menginstal sistem komputer on-line untuk mengelola database para penerima dana kesejahteraan di negara bagian tersebut.

Di bawah sistem yang lama, para penduduk negara bagian yang mengajukan aplikasi untuk bantuan dana kesejahteraan melengkapi formulir dengan memberikan nama, alamat, dan data pribadi lainnya, ditambah rincian mengenai penghasilan, aset, jumlah anggota keluarga tertanggung, dan data lainnya yang dibutuhkan untuk menetapkan hak penerimaan mereka.

Data di dalam formulir ini diperiksa oleh petugas pemeriksa kesejahteraan untuk memverifikasi keasliannya. Petugas pemeriksa kesejahteraan kemudian menjamin hak pemohon untuk mendapat bantuan dan menetapkan bentuk serta jumlah bantuan.

Di bawah sistem yang baru, permohon bantuan akan memberikan data mereka ke staf administrasi, yang secara simultan akan memasukkan data ke dalam sistem dengan menggunakan terminal on-line.

Setiap catatan pemohon akan diberi status “ditunda” sampai petugas pemeriksa kesejahteraan dapat memverifikasi keaslian data penting yang digunakan untuk menetapkan hak menerima bantuan.

Ketika proses verifikasi ini telah selesai, petugas pemeriksa kesejahteraan akan memasukkan perubahan dalam kode status dari “ditunda” menjadi “disetujui”, kemudian sistem akan menjalankan sebuah program untuk menghitung jumlah bantuan yang sesuai.

Secara periodik; situasi (penghasilan, aset, jumlah anggota keluarga tertanggung, dan lain-lain) penerima dana kesejahteraan berubah, dan database harus diperbarui sesuai perubahan tersebut.

Petugas pemeriksa kesejahteraan akan memasukkan perubahan transaksi ini ke dalam sistem begitu keakuratannya telah diverifikasi. Sistem kemudian akan menghitung ulang kompensasi penerima dana kesejahteraan.

Pada akhir bulan, cek akan dibuat dan dikirim ke para penerima dana kesejahteraan yang berhak.

Bantuan kesejahteraan di negara bagian Anda berjumlah hingga beberapa ratus juta dolar per tahun. Anda mengkhawatirkan terjadinya penipuan dan penyalahgunaan.

Diminta:

Jelaskan bagaimana Anda dapat menerapkan teknik audit bersamaan dalam sistem tersebut untuk mengurangi risiko penipuan dan penyalahgunaan.

Jelaskan bagaimana software audit komputer dapat digunakan untuk meninjau pekerjaan petugas pemeriksa kesejahteraan dalam memverifikasi data hal pemohon. Untuk tujuan ini, Anda dapat berasumsi bahwa kantor audit negara bagian memiliki akses ke database terkomputerisasi yang dikelola oleh badan pemerintah lokal dan negara bagian lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>