Soal-Latihan-15 (Software-Audit)

Departemen audit internal Sachem Manufacturing Company sedang mempertimbangkan untuk membeli software komputer yang akan membantu proses sudit. Sistem pengendalian keuangan dan manufaktur di Sachem semuanya telah diotomatiskan melalui komputer utama.

Melinda Robinson, direktur audit internal, yakin bahwa Sachem harus membeli software audit untuk membantu dalam audit prosedur serta keuangan yang dilaksanakan oleh departemennya. Robinson sedang mempertimbangkan jenis-jenis software berikut ini:

GAS yang membantu pekerjaan dasar audit seperti penarikan data aktual dari file komputer yang besar. Departemen tersebut akan meninjau informasi ini dengan menggunakan teknik penyelidikan audit yang konvensional. Secara lebih khusus, departemen dapat melaksanakan pemilihan kriteria, pengambilan sampel, perhitungan dasar analisis kuantitatif, mencatat penanganan, analisis grafis, dan mencetak output (untuk konfirmasi).

ITF yang menggunakan, mengawasi, dan mengendalikan data uji fiktif sewaktu mereka diproses oleh program yang telah ada. Software ini juga memeriksa program yang ada dan keberadaan serta kecukupan pengendalian masukan data program dan pemrosesan.

Software pembuat bagan alir yang secara grafis menyajikan arus informasi yang melalui sistem dan menunjukkan dengan tepat kelebihan dan kelemahan pengendalian.

Software simulasi paralel dan pembuatan model yang menggunakan data aktual untuk melaksanakan pengujian yang sama dengan menggunakan program lain, yaitu sebuah program logika komputer yang dikembangkan oleh auditor. Software tersebut juga dapat digunakan untuk mencari jawaban atas masalah audit yang sulit (yang melibatkan banyak perbandingan) dalam batas tingkat kepercayaan yang secara statistik dapat diterima.

Diminta:

  1. Tanpa harus mempertimbangkan software audit tertentu, identifikasi kelebihan umum penggunaan software audit untuk membantu audit.
  2. Jelaskan tujuan audit yang difasilitasi dan langkah prosedural yang harus diikuti oleh auditor internal dengan menggunakan hal-hal berikut ini:
  • GAS
  • ITF
  • Software pembuat bagan alir
  • Software program simulasi paralel dan pembuatan model

(Diadaptasi dari ujian CMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>