49 thoughts on “Soal Latihan Strategi Usaha pada PLC.

  1. menurut saya tanda tanda usaha sudah mencapai posisi growth adalah ketika usaha tersebut sudah mulai dikenal oleh masyarakat banyak dan sudah memiliki brand image yg melekat di hati konsumen,, sehingga hal yg harus di lakukan adalah membuat inovasi terbaru untuk mengembangkan produk yg lama .

    • Menurut saya, tanda usaha sudah mencapai posisi growth, ketika usaha tersebut sudah mulai di kenal oleh bnyak masyarakat dan sudah memiliki brand image yang melekat di hati konsumen, sehingga hal yang harus dilakukan adalah membuat inovasi baru agar produk yang lama dapat di kembangkan…

  2. NIM: 2013.66.172
    NAMA: Rafdyamita Purnasari
    Seksi 20
    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE

  3. NIM: 2013 – 41 – 223
    NAMA: ANDIE HEVRIANSYAH
    Seksi 20
    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE

  4. NIM : 201312367
    NAMA : BETTY
    Seksi : 20
    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE. Terima Kasih.

  5. Mochamad Haris Chandra Purnama
    2013-11-522

    pertanyaan
    Apakah tanda-tanda sebuah usaha sudah mencapai posisi Growth.
    Strategi apakah yang harus digunakan pada posisi tsb.

    Jawaban
    Sebuah usaha sudah mencapai posisi growth adalah jika usaha tersebut sudah dikenal oleh pasar dan product yang ditawarkan sudah mulai dikonsumsi oleh user.
    Dalam posisi tersebut strategi yang harus dilakukan secara nyata yaitu :
    1. Quisioner, dimana intelegent atau analisa dari team mampu mensurvei langsung kepada user yang sudah mengkonsumsi product tentang apa yang menjadi kesan dari product setelah mereka gunakan sebagai bahan acuan dalam erbaikanterus menerus.
    2. Melakukan upaya – upaya kerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki keterkaitan product dengan yang kita jual guna melakukan bandling promotion.
    3. Gencar dalam sisi E-comers ( WEBSITE, SOSMED, MEDIA ONLINE LAINYA ).

    Best Regard’s

    Chandra Bamaisyarah

  6. NIM : 2013-12-325
    NAMA : KURNIAWATI
    SEKSI : 20

    assalamualaikum pak . saya sudah melaksanakan tugas online-4 dan memasukannya kedalam VLE terimakasih :)

  7. NIM: 2013 12 316
    NAMA: Billy Octario
    Seksi 20
    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE. Terimakasih

  8. Nama : Lonica Yossi Maeseya
    NIM : 2013-12-318
    Seksi : 20
    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE. Terima Kasih.

  9. NIM : 2013.11.461
    Nama : Sri Mulyani
    Seksi : 20
    Saya telah melaksanakan tugas ON-Line-4 dan memasukannya ke dalam VLE

  10. NIM: 2013.12.331
    Nama : Natalia Lily Erwin
    Seksi : 20
    Saya telah melaksanakan tugas ON-Line-4 dan memasukannya ke dalam VLE

    Reply ↓

  11. NIM : 201366141
    Nama : Suci Febriana Sari
    Sesi : 20
    Saya telah melaksanakan tugas on-line 4 dan memasukkannya ke dalam VLE

  12. NIM : 2013.66.235
    Nama: Eva Natalia Genapa Namang
    sesi : 20
    selamat malam pak, saya telah melaksanakan tugas on-line 4 dan masukkannya ke dalam VLE. terima kasih

  13. NIM : 201366235
    Nama : Eva Natalia Genapa Namang
    sesi: 20
    slmt malam pak, sya telah melaksanakan tugas on-line 4 dan masukkannya ke Vle, terima kasih.

  14. Anna Anggita M / 2013.66.017 / Seksi 20 —— “Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE”.

  15. 2013-66-021, Azhari Irawan, kewirausahaan Seksi 20
    “Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya ke dalam VLE”.
    Terimakasih pak

  16. NIM : 201366224
    NAMA : SHERLEY SURYANI
    Seksi 20
    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE

  17. NIM : 2013-12-305
    NAMA ; Agus Sucipto
    Seksi : 20

    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE

  18. NIM : 2013-83-118
    NAMA : Handy Susanto
    Seksi : 20
    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE”.

  19. Nama : Hesti Kusuma Wardhani
    NIM : 2013 66 152
    Seksi : 20

    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE

  20. NIM : 201312324
    NAMA : ANDARI MULYADE PRIYANTI
    Seksi : 20
    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE
    Terima Kasih

  21. Nama : Monica Leny Setyoningtyas
    NIM : 2013 66 086
    Seksi : 20

    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE

  22. Saya VIVI ARYANI-2012 71 096 fak. Psikologi, saya telah melaksanakan tugas online 4 ini, mohon maaf terlambat, terima kasih pak..

  23. NAMA : ERIKA ELMANIA
    NIM : 201381227
    SESI : 14

    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 dan memasukkannya kedalam VLE

  24. NAMA : YOHANIS PADAFANI
    NIM :201466049
    FAKULTAS FISIOTERAPI
    TUGAS : WIRAUSAHA (SESI 14)

    Tanda-tanda sebuah usaha sudah mencapai posisi growth, yaitu :
    • Ketika produk atau jasa yang kita pasarkan menjadi lebih populer dan diterima oleh pasar atau konsumen.
    • Ketika volume penjualan meningkat secara signifikan seiring dengan meningkatnya popularitas produk yang kita pasarkan.
    • Ketika sebuah produk atau jasa telah diperkenalkan ke pasar, dan mampu bertahan, mulai diperhatikan pasar.

    Strategi yang digunakan pada posisi growth, yaitu
    • Mencari cara untuk memperkenalkan fitur baru , perubahan, atau jenis lain dari inovasi untuk produk atau jasa yang kita pasarkan sesuai dengan umpan balik dari konsumen dan dari pasar pada umumnya (selalu update) produk yang baru
    • Mengembangkan keunggulan baik dari biaya yang ditawarkan, produk dengan inovasi-inovasi barunya, oleh perusahaan terhadap produk yang dipasarkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan penjualan dari para competitor. Bahkan jika kita senang dan puas dengan kinerja perusahaan saat ini, penting untuk terus mencari cara untuk mengembangkan usaha kita. Karena jika tidak, berisiko memungkinkan membuka ruang untuk pesaing tumbuh dan mengambil konsumen kita, dan pada akhirnya bisa melemahkan posisi perusahaan.

  25. NAMA : YOHANIS PADAFANI
    NIM :201466049
    FAKULTAS FISIOTERAPI
    TUGAS : WIRAUSAHA (SESI 14)

    Tanda-tanda sebuah usaha sudah mencapai posisi growth, yaitu :
    • Ketika produk atau jasa yang kita pasarkan menjadi lebih populer dan diterima oleh pasar atau konsumen.
    • Ketika volume penjualan meningkat secara signifikan seiring dengan meningkatnya popularitas produk yang kita pasarkan.
    • Ketika sebuah produk atau jasa telah diperkenalkan ke pasar, dan mampu bertahan, mulai diperhatikan pasar.

    Strategi yang digunakan pada posisi growth, yaitu
    • Mencari cara untuk memperkenalkan fitur baru , perubahan, atau jenis lain dari inovasi untuk produk atau jasa yang kita pasarkan sesuai dengan umpan balik dari konsumen dan dari pasar pada umumnya (selalu update) produk yang baru
    • Mengembangkan keunggulan baik dari biaya yang ditawarkan, produk dengan inovasi-inovasi barunya, oleh perusahaan terhadap produk yang dipasarkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan penjualan dari para competitor. Bahkan jika kita senang dan puas dengan kinerja perusahaan saat ini, penting untuk terus mencari cara untuk mengembangkan usaha kita. Karena jika tidak, berisiko memungkinkan membuka ruang untuk pesaing tumbuh dan mengambil konsumen kita, dan pada akhirnya bisa melemahkan posisi perusahaan.S

  26. Nama : Yohanis padafani
    Nim : 2014-66-049
    Tugas Online : Wirausha
    Fakultas Fisioterapi

    Menurut saya :
    Tanda-tanda sebuah usaha sudah mencapai growth :
    – ketika produk atau jasa yang kita pasarkan menjadi lebih populer dan di terima oleh pasar atau konsumen
    – ketika volume penjualan meningkat secara signifikan seiring dengan meningkatnya popularitas produk yang kita pasarkan
    – ketika sebuah produk atau jasa telah diperkenalkan ke pasar, dan mampu bertahan, mulai diperhatikan

    Strategi yanh digunakan pada posisi growth, yaitu
    mencari cara untuk memperkenalkan fitur baru, perubahan atau jenis lain dari inovasi untuk produk atau jasa yang kita pasarkan sesuai dengan umpan balik dati konsumen dan dari pasar pafa umumnya (selalu update) produk yang baru

  27. Daniel
    201381063

    Jawaban:
    1. Keuntungangan yang didapat terus meningkat selama rentang waktu tertentu
    2. Terus melakukan inovasi dalam produk/jasa yang disediakan

    saya telah melaksanakan tugas online 4 ini.

  28. Daniel
    201381063
    Kewirausahaan Sesi 14

    Jawaban:
    1. Keuntungangan yang didapat terus meningkat selama rentang waktu tertentu
    2. Terus melakukan inovasi dalam produk/jasa yang disediakan

    saya telah melaksanakan tugas online 4 ini.

  29. ANTON CANDRA
    201381225
    sesi 14

    Sebuah usaha sudah mencapai posisi growth adalah jika usaha tersebut sudah dikenal oleh pasar dan product yang ditawarkan sudah mulai dikonsumsi oleh user.
    Dalam posisi tersebut strategi yang harus dilakukan secara nyata yaitu :Quisioner, dimana intelegent atau analisa dari team mampu mensurvei langsung kepada user yang sudah mengkonsumsi product tentang apa yang menjadi kesan dari product setelah mereka gunakan sebagai bahan acuan dalam erbaikanterus menerus.

  30. Sebuah usaha dikatakan sudah mencapai posisi growth yaitu apabila usaha tersebut sudah dikenal oleh pasar, masyarakat, dan product yang ditawarkan sudah mulai diterima oleh para konsumen.
    Dalam posisi tersebut ada strategi yang perlu dilakukan yaitu :
    1. Meningkatkan kualitas produk, menambah feature baru dan memperbaiki desain produk, serta memberikan service tambahan atau jaminan terhadap produk.
    2. Menambah model baru, ukuran baru, rasa baru, dan sebagainya untuk melindungi produk utama
    3. Memperluas cakupan distribusi dan memasukan saluran distribusi baru
    4. Mengubah focus advertising dari product awareness menjadi product preference.
    5. Menurunkan harga jual produk untuk menarik second layer customer.

  31. Pingback: TUGAS ONLINE PLC | 201471023 - Shintia Dewi Pramulyana

  32. JAWABAN
    1. Sebuah usaha sudah mencapai posisi growth adalah jika usaha tersebut sudah dikenal oleh pasar, dan produknya sudah mulai dikonsumsi atau digunakan oleh masyarakat (pembeli). Dan usaha tersebut mampu untuk terus meningkatkan penjualan produknya tiap tahun ke tahun.
    2. Strategi :
    a. Melakukan Survei, dimana tim analisa mampu mensurvei langsung kepada masyarakat (pembeli) yang sudah mengkonsumsi atau menggunakan produk yang telah kita buat. Lalu menanyakan kesan dan pesannya tentang produk perusahaan kita, setelah mereka gunakan sebagai bahan acuan dalam perbaikan terus-menerus.
    b. Melakukan kerjasama dengan perusahaan lain yang memiliki keterkaitan produk dengan yang kita jual, supaya mengetahui perbandingannya.
    c. Memperluas penjualan produk melalui social media (blog, facebook, instagram, dsb)

    Terimakasih

  33. Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) adalah suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar . dalam siklus hidup produk itu dikenal beberapa siklus antara lain : Tahap perkenalan (introduction) , Tahap pertumbuhan (growth), Tahap kedewasaan (maturity), dan Tahap kemunduran (decline).
    Tahap pertumbuhan ( growth) adalah Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat. Karena permintaan sudah sangat meningkat dan masyarakat sudah mengenal barang bersangkutan, maka usaha promosi yang dilakukan oleh perusahaan tidak seagresif tahap sebelumnya. Di sini pesaing sudah mulai memasuki pasar sehingga persaingan menjadi lebih ketat. Cara lain yang dapat dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan distribusinya adalah dengan menurunkan harga jualnya.
    Adapu Tanda-tanda sebuah usaha mencapai posisi growth adalah sebagai berikut :
     Penjualan dan laba meningkat dengan cepat.
     Banyaknya permintaan produk oleh konsumen.
     Perusahaan memasuki segmen pasar baru.

    Adapun strategi yang dapat digunakan untuk mencapai posisi tersebut adalah :
     Terus berinovasi untuk menciptakan produk baru yang unik serta pastinya yang berkualitas
     Menurunkan harga jual untuk menarik pembeli yang sensitive terhadap harga sehingga hal tersebut diharapkan dapat memperluas dan meningkatkan distribusi pasar.
     Meningkatkan kualitas produk serta menambahkan keistimewaan produk baru dan gaya yang lebih baik.
     Perusahaan menambahkan model – model baru dan produk – produk penyerta (yaitu, produk dengan berbagai ukuran, rasa, dan sebagainya yang melindungi produk utama)

  34. Ali Ridwan
    201381050

    Jawaban :
    1. Tahap Growth ditandai dengan melonjaknya tingkat penjualan perusahaan dengan cepat karena produk telah diterima dan diminta oleh pasar. Tidak semua produk baru dapat mencapai tahap ini, bahkan tidak sedikit produk baru yang gagal di tahap awal. Namun jika produk baru berhasil sesuai dengan kebutuhan konsumen, maka keadaan ini akan menarik pesaing untuk memasuki industri tersebut dengan produk tiruan, dimana melihat opportunity yang ada para pesaing-pesaing tersebut memasuki pasar dengan memperkenalkan produk yang sama dengan feature yang berbeda. Seiring dengan meningkatnya penjualan, laba juga meningkat karena biaya produk menjadi murah akibat efisiensi produksi dan kurva learning. Disamping itu biaya promosi juga dibebankan pada volume yang lebih besar juga biaya promosi cenderung tetap/jika mengalami peningkatan tidak akan drastis. Sedangkan untuk distribusi akan semakin banyak outlet yang diperlukan, sehingga penambahan retailer akan menjadi kebutuhan perusahaan. Pada tahap ini outlet akan mudah didapat oleh perusahaan karena banyak retailer yang tertarik dengan keuntungan dari kesuksesan produk baru ini. Namun situasi ini juga dipengaruhi oleh intensitas persaingan. Semakin kuat intensitasnya maka para retailer tidak akan mampu menangani setiap lini produk yang ditawarkan kepada mereka.

    2.Strategi yang dapat digunakan pada tahap Growth, diantaranya :
    – Meningkatkan kualitas produk serta menambahkan fitur produk yang baru dan gaya yang lebih baik.
    – Perusahaan menambahkan model baru dan produk penyerta, yaitu produk-produk dengan berbagai ukuran, rasa, dan sebagainya yang melindungi produk utama.
    – Perusahaan memasuki segmen pasar baru.
    – Perusahaan meningkatkan cakupan distribusinya dan memasuki saluran distribusi yang baru.
    – Mengubah focus advertising dari product awareness menjadi product preference.
    – Market modification dimana meningkatkan jumlah konsumen produknya dan meningkatkan jumlah pemakaian produk.

    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 ini

  35. Nama : Ecep Rizal Nurdiansyah
    Nim : 2013 81 042

    1. Apakah tanda-tanda sebuah usaha sudah mencapai posisi Growth ?
    Menurut saya,tanda – tanda ketika sudah mencapai posisi
    Growth adalah penjualan dan laba dari produk yang kita produksi
    meningkat dengan cepat,karena permintaan dari konsumen yang
    sudah meningkat di bandingkan dengan tahap Introduction.
    Promosi yang dilakukan juga tidak seagresif pada saat Introduction
    serta dari sisi persaingan sudah semakin ketat.

    2. Strategi apakah yang harus digunakan pada posisi tsb ?
    jadi strategi yang dilakukan pada posisi tersebut :
    a.Memperbaharui barang yang kita tawarkan.
    b.Melakukan peninjauan kembali dan memperbaiki program
    pemasaran serta program produksinya agar lebih efisien.
    c.Menghilangkan ukuran,warna dan model yang kurang baik.
    d.Menyesuaikan barang yang dibutuhkan oleh konsumen.
    e.Meninggalkan sama sekali barang tersebut.

  36. Nama : Ahmad Yusuf Kurniawan
    NIM : 201381032
    Sesi 14

    1. Apakah tanda-tanda sebuah usaha sudah mencapai posisi Growth ?
    Sebuah usaha sudah mencapai posisi growth adalah jika usaha tersebut sudah dikenal oleh pasar atau masyarakat luas dan product yang ditawarkan sudah mulai dikonsumsi oleh masyarakat.
    2. Strategi apakah yang harus digunakan pada posisi tsb?
    Strategi yang dapat saya gunakan adalah dengan membuat inovasi dan kreasi terbaru dari usaha yang saya miliki

    Saya sudah mengerjakan tugas online 12

  37. Nama : Ramadhian Eka Putra
    NIM : 201381136
    Sesi 14

    1. Tanda-tanda sebuah usaha sudah mencapai posisi growth, yaitu :
    • Ketika produk atau jasa yang kita pasarkan menjadi lebih populer dan diterima oleh pasar atau konsumen.
    • Ketika sebuah produk atau jasa telah diperkenalkan ke pasar, dan mampu bertahan, mulai diperhatikan pasar.

    Strategi yang digunakan pada posisi growth, yaitu
    • Melakukan inovasi agar produk ang dihasilkan memiliki nilai tambah dari produk sebelumnya
    • Mengembangkan keunggulan baik dari biaya yang ditawarkan, produk dengan inovasi-inovasi barunya, oleh perusahaan terhadap produk yang dipasarkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan penjualan dari para competitor.

    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4 pada link
    http://darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id/2013/12/12/soal-latihan-strategi-usaha-pada-plc/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>