Prinsip-prinsip Rekayasa Ulang (Memusatkan dan menyebarkan data).

Agar dapat mencapai economic of scale dan.untuk meniadakan birokrasi serta sumber daya yang sama, perusahaan memusatkan operasinya. Agar dapat lebih responsif ke para pelanggan danĀ· untuk memberikan layanan yang lebih baik, perusahaan mendesentralisasikan operasinya.

Melalui teknologi saat ini, perusahaan tidak lagi harus memilih di antara kedua pendekatan ini. Database keseluruhan perusahaan dapat memusatkan data, dan teknologi komunikasi kemudian dapat menyebarkannya ke lokasi yang membutuhkan. Akibatnya, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari kedua pendekatan tersebut.

central-decentralHewlett-Packard (HP) memiliki sistem pembelian terdesentralisasi yang berhasil melayani kebutuhan dari 50 unit manufaktumya. Akan tetapi, HP tidak dapat memanfaatkan kekuatan belinya yang ekstensif untuk menegosiasikan diskon jumlah.

HP merekayasa ulang sistemnya dan memperkenalkan departemen pembelian untuk keseluruhan perusahaan yang mengembangkan dan memelihara sebuah database yang dapat berbagi mengenai vendor yang disetujui. Setiap pabrik terus memenuhi kebutuhan uniknya dengan melakukan sendiri pembelian dari vendor yang disetujui. Kantor pusat perusahaan akan menelusuri pembelian dari semua 50 pabrik tersebut, menegosiasikan diskon jumlah dan pemberian lainnya dari vendor, serta menyelesaikan perselisihan dengan vendor.

Hasilnya adalah biaya yang secara signifikan lebih rendah atas barang yang dibeli,50 persen pengurangan waktu tunggu, 75 persen pengurangan tingkat kegagalan, serta 150 persen peningkata,n kiriman tepat waktu.