Resiko atau Kerugian End-User Computing (Kesalahan logika dan pengembangan).

Terdapat beberapa kerugian yang signifikan dalam end-user computing dan dalam meniadakan keterlibatan analis/programer dalam proses pengembangan.

Kesalahan logika dan pengembangan

Oleh karena para pemakai akhir memiliki sedikit pengalaman dalam pengembangan sistem, mereka cenderung melakukan kesalahan dan kurang dapat mengenali kesalahan jika terjadi kesalahan. Pemakai yang melakukan pengembangan juga dapat mengatasi masalah yang salah, menggunakan software yang salah, atau menggunakan informasi yang tidak lengkap atau kedaluwarsa. Sering kali kesalahan tersebut disebabkan oleh kesalahan logika atau penggunaan yang salah atas rumus atau perintah dalam software.

logical-errorContohnya, para pegawai di perusahaan minyak dan gas mengembangkan spreadsheet yang rumit untuk menganalisis akuisisi yang diusulkan. Berdasarkan pada hasilnya, pihak manajemen perusahaan menjadwalkan pertemuan untuk mengusulkan akuisisi ke dewan komisaris.

Sebelum perusahaan membuat presentasi, para konsultan dari kantor akuntan publik yang dikontrak perusahaan menguji model tersebut untuk melihat apakah para konsultan tersebut dapat menerima hasilnya dan memberikan persetujuan mereka.

Tidak lama sebelum pidatonya, salah seorang penyaji melakukan uji sendiri agar dia dapat memahami bagaimana model tersebut bekerja dan dapat menjawab pertanyaan berat apapun yang dilemparkan dewan pada dirinya.

Dia menemukan beberapa formula yang menurutnya mendistorsikan proyeksi tentang apa yang bisa didapatkan perusahaan dari menjual properti perusahaan yang diakuisisi, pernyataan ulang cadangan gas, dan neraca konsolidasi dari kedua gabungan entitas tersebut.

Dia menghubungi kelompok yang mengembangkan spreadsheets tersebut dan beberapa rekan dari kantor akuntan publik. Ketika formula-formula tersebut diperbaiki, angkanya menunjukkan bahwa akuisisi tersebut akan mengarah pada kerugian yang signifikan.

Presentasi ke dewan dibatalkan, orang yang mengembangkan spreadsheets diberhentikan, dan kantor akuntan tersebut tidak lagi melakukan kegiatan audit atau kegiatan konsultasi apapun untuk perusahaan tersebut.