Resiko atau Kerugian End-User Computing (Ketidak sesuaian Sistem).

Terdapat beberapa kerugian yang signifikan dalam end-user computing dan dalam meniadakan keterlibatan analis/programer dalam proses pengembangan.

Ketidak sesuaian Sistem.

discrepanciesBeberapa perusahaan menambah perlengkapan pemakai akhir tanpa mempertimbangkan implikasi teknologi. Akibatnya perusahaan memiliki berbagai hardware dan software yang sulit ditangani atau dibentuk jaringannya.

Contohnya, Aetna Life & Casualty menghabiskan lebih dari $1 miliar dalam setahun untuk TI dalam usaha mereka mendapatkan keunggulan kompetitif. Hasilnya adalah 50.000 PC dari beberapa lusin produsen, 2.000 komputer mini dan server, 108 sistem word processor, 19 sistem e-mail yang tidak sesuai, dan 36 jaringan komunikasi yang berbeda.

Aetna Life & Casualty akhirnya menyadari perusahaan itu perlu menggeser penekanannya dari mencoba memiliki teknologi terbaru menjadi penggunaan teknologi secara efektif. Aetna menstandarkan sistem mereka dan kini menggunakan hanya beberapa jenis PC, produk software dari Microsoft, dua sistem e-mail, dan satu jaringan. Hasilnya adalah kesesuaian diantara semua sistem dan berkurangnya biaya secara signifikan.