Resiko atau Kerugian End-User Computing (Peningkatan Biaya).

Terdapat beberapa kerugian yang signifikan dalam end-user computing dan dalam meniadakan keterlibatan analis/programer dalam proses pengembangan.

Peningkatan Biaya

expensiveSebuah pembelian PC tidaklah mahal, tetapi membeli PC untuk ratusan bahkan ribuan pekerja adalah mahal. Memperbarui hardware dan software setiap beberapa tahun juga mahal. End-user computing juga memiliki biaya peluang yang tinggi jika penerapannya mendistorsi perhatian pemakai dari pekerjaan utamanya. Lagipula, hal tersebut meningkatkan waktu dan permintaan data dari mainframe komputer dan atas penggunaan orang bagian sistem informasi untuk memberi dukungan atau bantuan.

cost-benefitKeseimbangan yang tepat antara memaksimalkan manfaat dan meminimalkan risiko sistem buatan pemakai akhir dapat dicapai dengan cara menyediakan analis sistem sebagai penasihat dan mensyaratkan sistem yang dibuat oleh pemakai untuk ditinjau serta didokumentasikan sebelum digunakan. Sebagai tambahan, para pemakai dapat dilatih dalam proses analisis sistem agar mereka dapat mengidentifikasi serta memenuhi kebutuhan mereka secara memadai dan meninjau hasil dari pemakai lainnya.