Tugas Pra-UAS-Genap-2013-2014 SIA

Perusahaan Beccan adalah penyalur ban diskon yang memiliki 25 toko retail di area metropolitan. Beccan menjual ban baik dengan merek mereka sendiri dan merek yang ternama. Perusahaan tersebut mengoperasikan pembelian dan penyimpanan di gudang secara terpusat, serta menerapkan sistem persediaan perpetual. Seluruh pembelian ban dan pasokan lain yang terkait dilakukan melalui departemen pembelian (purchasing department) yang terpusat, untuk mengoptimalkan diskon pembelian jumlah besar. Ban-ban serta pasokan-pasokan lainnya tersebut diterima di gudang pusat dan distribusikan ke toko-toko retail sesuai kebutuhan. Sistem persediaan perpetual di fasilitas pusat memelihara catatan terbaru persediaan, mendesain titik pemesanan kembali, serta mengoptimalkan jumlah pemesanan untuk setiap jenis dan ukuran ban serta pasokan lainnya.
Beccan menggunakan lima dokumen berikut ini, dalam sistem pengendalian persediaannya
• Daftar permintaan toko retail (retail stores requisition). Toko-toko retail menyerahkan dokumen ini ke gudang pusat ketika mereka membutuhkan ban atau pasokan lainnya. Staf administrasi bagian pengiriman di gudang akan melayani pesanan berdasarkan persediaan, dan akan mengesahkan pengiriman ke toko¬-toko tersebut.
• Daftar permintaan pembelian (purchase requisition). Staf administrasi bagian pengendalian persediaan mempersiapkan dokumen ini ketika jumlah persediaan telah berada di bawah titik pemesanan kembali yang telah ditetapkan sebelumnya. Dokumen ini kemudian akan diteruskan ke departemen pembelian (purchasing department).
• Pesanan pembelian (purchase order). Departemen pembelian mempersiapkan dokumen ini ketika ada barang-barang yang perlu dipesan. Dokumen ini kemudian akan diteruskan ke vendor yang telah ditunjuk.
• Laporan penerimaan. Departemen pergudangan mempersiapkan dokumen ini ketika barang-barang yang dipesan diterima dari vendor. Staf administrasi bagian penerimaan akan mengisi dokumen ini dengan menunjukkan nama vendor, tanggal serta jumlah pengiriman yang diterima.
• Faktur penjualan. Faktur penjualan akan diterima dari vendor, yang menspesifi¬kasikan jumlah yang belum dibayar oleh Beccan.
Departemen-departemen berikut ini terlibat dalam sistem pengendalian persediaan di Beccan:
• Departemen pengendalian persediaan. Bertanggung jawab untuk memelihara catatan sistem persediaan perpetual atas seluruh barang persediaan. Persediaan ini termasuk jumlah yang dimiliki perusahaan, titik pemesanan kembali, jumlah optimum pemesanan, dan jumlah pemesanan untuk setiap barang.
• Departemen pergudangan. Memelihara barang persediaan yang dimiliki di gudang. Seluruh pemesanan dari vendor diterima (oleh staf administrasi bagian penerimaan) dan seluruh distribusi ke toko-toko retail akan dilayani (oleh staf administrasi bagian pengiriman) di departemen ini.
• Departemen pembelian. Melaksanakan seluruh pemesanan atas barang-barang yang dibutuhkan oleh perusahaan.
• Departenten utang (account payable department). Memelihara seluruh rekening perkiraan terbuka (open account) para vendor/penyedia barang dan kreditur lainnya, sebagai tambahan atas tanggung jawab pemrosesan pembayaran.
Diminta:
Persiapkan sebuah bagan alir dokumen yang menunjukkan interaksi dan penggunaan dokumen-dokumen tersebut di antara departemen di fasilitas pusat Perusahaan Beccan. Bagan alir tersebut harus menyediakan pengendalian internal yang memadai antara penerimaan, penerbitan, penambahan, dan pembayaran ban serta pasokan lainnya. Anda boleh berasumsi bahwa jumlah kopi dokumen mencukupi untuk memastikan bahwa sistem persediaan perpetual memiliki pengendalian internal dasar yang memadai.

6 thoughts on “Tugas Pra-UAS-Genap-2013-2014 SIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>