Differentiation Strategy pada Generic(Competitive) Strategy

Untuk menjadi berbeda, adalah apa yang organisasi usahakan untuk mencapainya, yaitu; perusahaan dan rentang produk yang menarik bagi pelanggan dan “keluar dari lingkaran” merupakan sebuah keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

differentiation-strategyPorter menegaskan bahwa bisnis dapat berdiri keluar dari pesaing mereka dengan mengembangkan strategi diferensiasi. Dengan strategi diferensiasi bisnis mengembangkan produk atau layanan fitur yang berbeda dari pesaing dan menarik bagi pelanggan termasuk fungsi, dukungan pelanggan dan kualitas produk.

Misalnya Brompton sepeda lipat bila dilipat lebih kompak daripada sepeda lipat lain. Sepeda lipat biasanya dibeli oleh orang-orang dengan ruang penyimpanan terbatas di rumah atau di pindahkan; Oleh karena itu sepeda kompak adalah fitur produk dihargai dan membedakan sepeda Brompton dari sepeda lipat lainnya.

What-is-Differntiation1Sebuah strategi diferensiasi dikenal sebagai strategi lingkup yang luas karena bisnis berharap bahwa strategi diferensiasi bisnis mereka, akan menarik bagi bagian luas pasar.

Konsep baru yang memungkinkan untuk diferensiasi dapat dilindungi melalui hak paten dan hak kekayaan intelektual lainnya, namun paten memiliki jangka hidup tertentu dan organisasi selalu menghadapi bahaya bahwa ide mereka yang memberi mereka keunggulan kompetitif akan ditiru dalam bentuk lainnya oleh pesaing mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>