Konsep Pemasaran/The Marketing Concept

Setelah Perang Dunia II, berbagai produk meningkat dan hard selling tidak lagi bisa diandalkan untuk menghasilkan penjualan. Dengan meningkatnya pendapatan tambahan, pelanggan bisa bersikap selektif dan hanya membeli produk-produk yang tepat memenuhi perubahan kebutuhan mereka, dan kebutuhan ini tidak segera jelas.

marketing_conceptsPertanyaan-pertanyaan kunci menjadi:

  • Apa yang pelanggan inginkan?
  • Dapatkah kita mengembangkannya disaat mereka masih menginginkannya?
  • Bagaimana kita dapat menjaga pelanggan kita puas?

Menghadapi pelanggan yang cerdas dalam memilih, perusahaan mulai mengadopsi konsep pemasaran, yang meliputi:

  • Fokus pada kebutuhan pelanggan sebelum mengembangkan produk
  • Menyelaraskan semua fungsi perusahaan untuk fokus pada kebutuhan tersebut
  • Menyadari keuntungan akan diperoleh dengan berhasil memuaskan kebutuhan pelanggan dalam jangka panjang.

Ketika perusahaan pertama mulai mengadopsi konsep pemasaran, mereka biasanya mendirikan departemen pemasaran yang terpisah yang tujuannya itu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Seringkali departemen ini merupakan departemen penjualan dengan tanggung jawab diperluas.

Struktur departemen penjualan diperluas seperti ini dapat ditemukan di beberapa perusahaan saat ini, banyak perusahaan telah menstrukturkan diri menjadi organisasi pemasaran yang memiliki fokus pelanggan di seluruh perusahaan. Karena seluruh organisasi yang ada ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, tidak ada yang bisa mengabaikan masalah pelanggan dengan menyatakan itu “masalah pemasaran” – semua orang harus peduli dengan kepuasan pelanggan.

Konsep pemasaran bergantung pada riset pemasaran untuk menentukan segmen pasar, ukuran, dan kebutuhan mereka. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tim pemasaran membuat keputusan tentang parameter yang mengacu pada bauran pemasaran/marketing mix.

 

One thought on “Konsep Pemasaran/The Marketing Concept

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>