Manfaatkanlah……..!!!!!

Pada Jaman dahulu kala disaat belum ada tempat penyimpanan harta seperti yg ada pada saat ini. Ada seorang yang sangat kikir yang menyembunyikan/menyimpan emas yang dimilikinya didalam sebuah lubang di kaki sebuah pohon. Setiap minggu ia akan datang dan menggali lubang itu, seraya memandangi emas dan tersenyum puas melihatnya, lalu menguburkannya kembali.

the-misser-aPerampok A, mengetahui hal tersebut, diam2 ia datang dan menggali emas itu serta membawanya.

Kemudian, ketika Sang kikir datang untuk melakukan kegiatan rutinnya(menggali lubang dan memandangi emasnya), dia menemukan emasnya, itu hilang. Dia berteriak dan bertanya kepada semua tetangganya “apakah kalian telah mengambil emas yg saya sembunyikan didalam lubang ini…??”.

the-misser-bSalah seorang tetangga menanggapi pertanyaan tersebut.
“Apakah Anda pernah mengambilnya keluar?” Tanya sang tetangga.
“Tidak, aku hanya melihat dan menikmatinya kemudian menguburkannya kembali.” Jawab SiKikir, bingung.
“Nah kenapa tidak Anda ambil sebaliknya Anda hanya memandanginya saja, saya kira itulah kesalahan Anda yg Utama, seharusnya Anda mengambil dan memanfaatkan emas itu ketimbang hanya memandanginya saja”.

Silahkan cerna makna dibalik cerita singkat ini.

3 thoughts on “Manfaatkanlah……..!!!!!

  1. Menurut saya ilmu yang sudah kita dapatkan bermanfaat ketika kita sudah menyampaikan ilmu tersebut ke orang lain. Jadi ilmu yang sudah didapatkan tidak hanya disimpan untuk diri sendiri tetapi juga bisa dibagikan ke yang lain. Begitu juga dengan harta tidak akan jadi manfaat ketika kita hanya menikmatinya sendiri tanpa dibaginkan ke orang lain. Karna harta /sesuatu hal yang kita miliki pada hakekatnya hanya titipan Tuhan, ketika kita bisa menyisihkan sedikit ke orang lain Tuhan bakal memberi lebih dikemudian hari.

    Regards, 201421030 Kunisfa

  2. Ilustrasinya menarik sekali Pak. Jika kita memiliki kelebihan dalam hal apapun, entah itu harta benda, kekayaan, kepandaian dan lain sebagainya, sebaiknya kita tidak hanya menikmatinya sendiri. Tetapi memanfaatkan semua kelebihan yang kita miliki untuk mencukupkan kekurangan orang lain. Karena semua yang kita miliki hanya titipan Tuhan yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin, sebelum Ia mengambilnya kembali.

  3. Allah memberi kita kelebihan dalam sesuatu agar kita memberi manfaat untuk orang lain, bukannya untuk ditimbun/dikumpulkan hanya sebagai penyenang hati. Tidak heran sih jika apa yang Dia beri di tarik kembali. hmm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>