The purpose of human life.

Pada sebuah seminar yang dihadiri oleh 150 orang peserta, ditengah berlangsungnya seminar, Sang Pembicara tiba-tiba menghentikan pembicaraan-nya dan ia membagikan pada setiap peserta sebuah balon dan meminta semua peserta menuliskan namanya masing-masing pada balon yang diterimanya. Kemudian balon-balon itu dikumpulkan dan ditempatkan didalam sebuah ruangan.
happiness-with-balloonsBeberapa saat kemudian seluruh peserta seminar diminta masuk kedalam ruangan berisi balon-balon itu dan diharuskan mencari balon yang bertuliskan nama masing-masing peserta dalam waktu 15 menit.
looking-for-balloonSetiap orang dengan sangat panik berusaha keras menemukan balon yang bertuliskan nama mereka, mereka saling dorong, saling bertumbukan, saling sikut dan terciptalah suasana yang sangat kacau.
Akhirnya batas waktu 15 menit pun berlalu dan tak seorangpun diantara mereka yang menemukan balon yang bertuliskan namanya.

Sang Pembicara seminar memberi perintah untuk menghentikan pencarian balon, kemudian dia berkata, “Sekarang setiap orang mengambil balon yang ada didekatnya, kemudian serahkan balon terebut pada orang yang namanya tertulis pada balon itu”, dalam beberapa menit kemudian setiap orang sudah memegang balon yang bertuliskan namanya.

Sang Pembicara Seminar kemudian berkata:
Hal ini persis terjadi dalam hidup kita. Semua orang panik mencari kebahagiaan di sekitarnya, tidak tahu di mana kebahagian itu berada. Sesungguhnya Kebahagiaan kita terletak pada kebahagiaan orang lain. Berikanlah kebahagiaan kepada orang lain, dan Kita akan mendapatkan kebahagiaan Kita sendiri. Dan itulah sebenarnya tujuan hidup Kita.

purpose-of-human-life

6 thoughts on “The purpose of human life.

  1. 2013-12-305 Agus Sucipto Seksi 20

    Nice…

    Pesan moral yang sangat cocok diterapkan ditengah kehidupan dewasa ini. Terutama dengan kondisi sosial di kota besar seperti Jakarta, yang perlahan tapi pasti telah membentuk masyarakat yang individualis, egois dan mementingkan diri sendiri tanpa peduli orang lain.

    Salah satu contohnya, jika sebagian pengguna jalan sadar untuk tertib berlalu lintas pasti kemacetan dapat diurai dengan lebih cepat, atau jika masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran kali sadar untuk tidak membuang sampah ke kali tentunya banjir yang terjadi tidak berlarut-larut yang melumpuhkan roda perekonomian.

    Perubahan ke arah yang lebih baik akan terjadi diawali dari kesadaran kita bahwa setiap tindakan yang kita lakukan memiliki dampak baik dan buruk bagi sekeliling kita.

  2. Iya, saya sangat setuju pak.
    Bahagia itu sederhana. Ketika kita bisa membuat orang lain tersenyum, hati kita pun akan merasa damai.

  3. 1 kebahagian yang kita berikan kepada orang lain, maka tuhan akan membalasnya dengan 10 kebaikan bahkan lebih.. two thumbs up for your quote pak.. sangat memotivasi sekali.terima kasih :)

  4. Setuju Pak.

    Pada dasarnya kebahagiaan kita terletak pada kebahagiaan orang lain. Salah satunya jika kita membahagiakan orang tua, lewat senyum mereka maka kita akan mendapatkan kebahagiaan Kita sendiri. Dan kita hidup untuk ini. ^^

  5. Terima kasih atas segala komen yang telah diberikan hal ini membuat saya lebih bersemangat menurunkan tulisan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>