Pengertian Akuntansi Biaya Menurut beberapa literatur.

Beberapa Pengertian Akuntansi BiayaAda beberapa pengertian Akuntansi Biaya, antara lain:

  • Mulyadi menyatakan bahwa pengertian akuntansi biaya ialah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk jasa dengan cara-cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.
  • Pengertian akuntansi biaya menurut Matz Usry adalah “Cost accounting sometime call management accounting, should be considered the key managerial partner, furnishing management with the necessary accounting tools to plan and control activities.”
  • Abdul Halim mengemukakan bahwa definisi akuntansi biaya adalah “Akuntansi biaya adalah akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok (cost) dari suatu produk yang diproduksi (atau dijual di pasar) baik untuk memenuhi pesanan dan pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan. yang akan dijual.”
  • Selanjutnya menurut R. A. Supriyono dalam bukunya Akuntansi Biaya, bahwa Akuntansi Biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Cost AccountingSehingga dapat disimpulkan pengertian akuntansi biaya merupakan penentuan harga pokok suatu produk dengan melakukan suatu proses:

  • Pencatatan,
  • Penggolongan dan
  • Penyajian

Transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

3 thoughts on “Pengertian Akuntansi Biaya Menurut beberapa literatur.

  1. Selain pendapat yg dikemukakan oleh para ahli “Mulyadi , Matz Usry , Abdul Halim , R.A Supriyono” berikut saya menemukan beberapa pendapat jg daripada ahli lainnya , yaitu :
    1. Kholmi dan Yuningsih (2009:1) menjelaskan pengertian akuntansi biaya adalah :
    “Akuntansi biaya merupakan proses pelackan, pencatatan, pengalokasian, pelaporan dan analisis terhadap berbagai macam biaya yg berhubungan dengan aktivitas / kegiatan suatu perusahaan / organisasi untuk menghasikan barang dan jasa.”
    2. Irawati (2009:1)
    “Akuntansi biaya didefinisikan sebagai proses pencatatan, pengklasifikasian, peringkasan dan pelaporan biaya-biaya untuk pembuatan produk dan jasa dengan cara tertentu serta penafsiran terhadap biaya tersebut.

    Berdasarkan definisi-definisi diatas dpt disimpulkan bahwa yg dimaksud dengan akuntansi biaya adalah :
    1. Suatu alat manajemen untuk menyusun rencana dan pengendalian atas biaya dari aktivitas suatu perusahaan dan dapat membantu dlm membuat keputusan-keputusan.
    2. Suatu proses pencatatan-pencatatan biaya dlm sebuah perusahaan hingga sampai pada tahap pelaporan biaya-biaya yg dikeluarkan oleh perusahaan.

  2. RIEZKI KASANOVA ( 2013 -12 – 327 )
    Menurut Mulyadi ( 1999 ; 6 ) :
    “ Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara – cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya.”
    Menurut R.A Supriyono ( 2000 ; 21 ) :
    “ Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntasi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor dan menekan transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.”

    Menurut Schaum
    Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa. Fungsi utama dari Akuntansi Biaya: Melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan dan penentuan pendapatan.

    Menurut Carter dan Usry
    Akuntansi biaya adalah penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikkan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin strategis.
    Akuntansi biaya adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan,pencatatan,dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa.biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang.pengunaan kata beban adalah pada saat biaya sudah habis terpakai.
    Adapun akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok (cost) dari suatu produk yang diproduksi atau dijual dipasar baik untuk memenuhi pesan dari pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan yang akan dijual.

    Rayburn yang diterjemahkan oleh Sugyarto (1999) mendefinisikan :

    “Akuntansi biaya adalah mengidentifikasikan, mendefinisikan, mengukur, melaporkan, dan
    menganalisis berbagai unsur biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan
    produksi serta pemasaran barang dan jasa” (h.3).

    Bastian dan Nurlela (2006) mendefinisikan :

    “Akuntansi biaya adalah suatu bidang
    akuntansi yang mempelajari bagaimana cara mencatat, mengukur, dan melaporkan
    tentang informasi biaya yang digunakan” (h.2).

    Horngren, Datar, dan Foster yang diterjemahkan oleh Desi Adhariani (2005)
    mendefinisikan :

    “Akuntansi Biaya menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk
    akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntansi biaya mengukur dan
    melaporkan setiap informasi keuangan dan non keuangan yang terkait dengan biaya
    perolehan atau pemanfaatan sumber daya dalam suatu organisasi” (h.3).

  3. Nicopal
    2013-12-352
    Pengertian Akuntansi | Beberapa ahli menganggap bahwa Pengertian akuntasi sebagai salah satu seni (art), yaitu seni dalam pengukuran, komunikasi serta menafsirkan ataupu menginterpretasikan aktivitas keuangan. Pengertian akuntansi secara lebih mendalam adalah aktivitas perhitungan, pengukuran, penjabaran, atau memberi kepastian terhadap data dan informasi yang akan menolong atau membantu investor, brooker, manajer, ototritas pajak, pembuat keputusan yang lain sehingga perusahaan, organisasi, ataupun lembaga lainnya mampu membuat alokasi sumber daya. Pengertian Akuntansi Menurut Para AhliBerikut beberapa pengertian akuntasi menurut para ahli:

    Pengertian akuntasi Menurut ABP Statement No.4 dalam Smith Skousen (1995:3), pengertian akuntansi adalah suatu aktivitas jasa. Fungsinya adalah menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam menetapkan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif
    Definisi akuntansi berdasarkan AICPA, bahwa pengertian akuntansi sebagai seni (art) dalam pencatatan, pengelompokkan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang secara umum bersifat keuangan termasuk juga dalam menginterpretasikan hasilnya.
    AAA, akronim dari American Acounting Association, memberikan pengertian akuntasi sebagai proses mengindentifikasi (to identify) , mengukur (to measure), dan melaporkan informasi (to report) ekonomi guna terjadinya penilaian penilain dan keputusan yang jelas (clear decision) dan tegas bagi yang memanfaatkan informasi tersebut. Sehingga akuntasi harusnya dilakukan sebagai salah satu langkah persiapan dalam mengambil keputusan khususnya yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak serta menyangkut keuangan
    Charles T. Horngren dan Waler T. Harrisson beranggapan bahwa akuntasi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. Dalam pengertian akuntasi ini, akuntasi dianggap sebagai sebuah regulasi atau sistem yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusant.
    Selanjutnya, pengertian akuntansi berdasaran Warren bahwa Akuntansi secara umum dapat diartikan sebagai sistem informasi (system information) yang menghasikan laporan kepada pihak pihak yang berkepentingan mengenai keadaan perusahaan dan aktivitas ekonomi
    Menurut American Accounting Association: akuntansi adalah “ .. suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi, yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut’.
    Suparwoto L menambahkan dalam pengertian akuntasi bahwa akuntansi adalah sistem atau teknik dalam mengukur (to measure) serta mengelola transaksi (to deal with transaction) keuangan serta menampilkan hasil pengeloaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak pihak intern dan ekstern perusahaan (company).
    Definisi akuntasi paling singkat dan sederhana diungkapkan oleh C. West Churman. Dia mengatakan bahwa pengertian akuntansi adalah sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>