6 thoughts on “Tujuan Akuntansi Biaya.

  1. Yunia nurdian
    2013-12-336

    Menurut artikel yg saya baca, saya mendapatkan beberapa tujuan lain dari akuntansi biaya , yaitu :
    1. Membantu pihak manajemen perusahaan dlm pengambilan keputusan yg bersifat operasional.
    2. Menentukan tingkat biaya dan laba perusahaan untuk satu tahun periode akuntansi.
    3. Menetapkan metode perhitungan biaya yg kemungkinan untuk perbaikan kualitas pengendalian aktivitas operasi dan pengurangan biaya perusahaan.
    4. Membuat anggaran operasi perusahaan serta menilai dan memprediksi anggaran untuk tahun-tahun yg akan datang.
    5. Mengelola serta memilih metode-metode apa saja yang dapat menguntungkan perusahaan dalam jangka pendek dan panjang.

  2. Eka Julianasari
    2013-12-338

    Dari artiket yang saya baca tujuan akuntansi biaya dapat dijabarkan sebagai berikut :
    1. Perencanaan dan pengendalian biaya.
    Untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan, pihak manajemen membuat estimasi pendapatan dan biaya. Dasar yang digunakan dalam estimasi biaya adalah data historis, akan tetapi pihak manajemen juga mempertimbangkan faktor-faktor lain yang diprediksi akan mempengaruhi biaya. Tahap selanjutnya, pihak manajemen akan memonitor apakah biaya sesungguhnya yang terjadi sesuai dengan perencanaan biaya. Jika terjadi penyimpangan (ada selisih antara biaya sesungguhnya dengan perencanaan biaya), maka pihak manajemen akan menganalisis penyebab terjadinya selisih, serta mempertimbangkan tindakan koreksi yang memang perlu dilakukan.
    2. Penentuan harga pokok produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan dengan tepat dan teliti.
    Untuk memenuhi tujuan penentuan harga pokok produk, akuntansi biaya mencatat, menggolongkan, dan meringkas biaya-biaya pembuatan produk atau penyerahan jasa.Biaya yang dikumpulkan dan disajikan adalah biaya historis. Umumnya akuntansi biaya untuk penentuan harga pokok produk ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan top manajemen dan pihak external. Oleh karena itu, akuntansi biaya untuk penentuan harga pokok produk ini taat pada SAK.
    3. Pengambilan keputusan manajemen.
    Pengambilan keputusan khusus menyangkut masa yang akan datang. Oleh karena itu informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan khusus selalu berhubungan dengan informasi yang akan datang. Akuntansi biaya untuk pengambilan keputusan khusus bertugas untuk menyediakan biaya masa yang akan datang. Informasi biaya ini tidak dicatat dalam catatan akuntansi biaya, melainkan hasil dari suatu peramalan. Karena keputusan khusus adalah merupakan sebagian besar kegiatan manajemen perusahaan, laporan akuntansi biaya untuk memenuhi tujuan pengambilan keputusan adalah bagian dari akuntansi manajemen.

  3. RIEZKI KASANOVA ( 2013 -12 – 327 )
    1. Penentuan harga pokok produk

    Untuk memenuhi tujuan penentuan harga pokok produk, akuntansi biaya mencatat, menggolongkan, dan meringkas biaya-biaya pembuatan produk atau penyerahan jasa. Biaya yang dikumpulkan dan disajikan adalah biaya yang telah terjadi dimasa yang lalu atau biaya historis.

    2. Pengendalian biaya

    Pengendalian biaya harus didahului dengan penentuan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk memproduksi satu satuan produk. Jika biaya yang seharusnya ini telah ditetapkan, akuntansi biaya bertugas untuk memantau apakah pengeluaran biaya yang sesungguhnya sesuai dengan biaya yang seharusnya tersebut. Akuntansi biaya kemudian melakukan analisis terhadap penyimpangan biaya sesungguhnya dengan biaya seharusnya dan menyajikan informasi mengenai penyebab terjadinya selisih tersebut. Dari analisis penyimpangan dan penyebabnya tersebut, manajemen akan dapat mempertimbangkan tindakan koreksi, jika hal ini perlu dilakukan. Dan analisis ini juga manajemen puncak akan dapat mengadakan penelitian prestasi para manajer dibawahnya.

    3. Pengambilan keputusan khusus

    Pengambilan keputusan khusus menyangkut masa yang akan datang. Oleh karena itu informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan khusus selalu berhubungan dengan informasi yang akan datang. Akuntansi biaya untuk
    pengambilan keputusan khusus menyajikan biaya masa yang akan datang (future cost). Informasi biaya ini tidak dicatat dalam catatan akuntansi biaya, melainkan hasil dari suatu proses peramalan.

  4. Tujuan Akuntansi biaya menurut buku yang telah saya baca adalah merupakan perangkat yang dibutuhkan oleh manajemen dalam suatu aktivitas perencanaan, pengendalian, memperbaiki kualitas, meningkatkan efisiensi dan membuat keputusan – keputusan yang bersifat strategis. Seperti :
    1. Penyusunan dan pelaksanaan operasi anggaran perusahaan
    2. Penetapan metode dan prosedur perhitungan biaya, pengendalian biaya, pembebanan biaya yang akurat dan perbaikan mutu yang berkesinambungan
    3. Penentuan nilai persediaan yang akan digunakan untuk penetapan harga pokok penjualan
    4. Menghitung biaya dan laba perusahaan untuk satu periode akuntansi
    5. Memilih sistem dan prosedur dari alternatif yang terbaik untuk menaikkan pendapatan maupun menurunkan biaya

    Terimakasih

  5. Berdasarkan buku yang saya baca, tujuan adanya Akuntansi Biaya adalah untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada Manajemen perusahaan, sehingga mereka dapat mengelola perusahaan atau divisi secara efektif.

    Para Manajer biasanya memakai Akuntansi Biaya untuk:
    1. Perencanaan:
    Dengan adanya Akuntansi Biaya maka Manajer dapat membuat Daftar Anggaran Perusahaan yang digunakan untuk memperkirakan bahan baku apa saja yang diperlukan oleh perusahaan, berapa banyak tenaga kerjanya, serta teknologi apa saja yang selayaknya dipergunakan. Perencanaan ini dapat berbentuk Perencanaan Jangka Pendek maupun Jangka Panjang.

    2. Pengawasan:
    Tahapan ini merupakan tahapan pemantauan terhadap pelaksanaan dari rencana yang telah dirancang sebelumnya. Hal ini diperlukan, agar dapat membandingkan dan mengevaluasi apakah anggaran yang telah dibuat, sudah dilaksanakan dengan benar dan sesuai dengan perencanaan semula atau tidak. Jika pengendalian dijalankan dengan baik, maka kinerja masing-masing devisi dapat dinilai.

    3. Penetapan Harga:
    Pertimbangan yang baik bagi seorang Manajer dalam keputusan Penetapan Harga yaitu dengan memastikan pemulihan atas semua biaya dalam mencapai laba

    4. Menentukan Laba:
    Dengan mengumpulkan seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan dan membandingkannya dengan biaya-biaya yang lain, maka kita akan dapat menentukan Laba yang dihasilkan perusahaan. Jika Laba Hal ini tidak hanya dapat digunakan oleh keseluruhan perusahaan saja, melainkan juga dapat digunakan untuk pelaporan segmen dan lini produk.

    5. Pengendalian Biaya:
    Selain menentukan Laba Perusahaan, dengan membandingkan biaya yang seharusnya dikeluarkan oleh perusahaan untuk memproduksi satu satuan produk dengan biaya yang sesungguhnya, kita dapat mengendalikan Biaya yang dikeluarkan perusahaan.

    6. Pengambilan Keputusan:
    Akuntansi Biaya ditujukan untuk dapat memilih berbagai alternatif dalam pengambilan keputusan. Misalnya: Keputusan apakah suatu perusahaan ingin meneruskan usahanya secara terus-menerus di saat perusahaan telah mengalami kerugian. Dengan menggunakan Informasi Biaya yang ada, perusahaan dapat mengambil keputusan baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang.

    Terima Kasih.

  6. Nicopal
    2013-12-352

    Tujuan Akuntansi Biaya :
    1.Penentuan HPP : mencatat, menggolongkan dan meringkas biaya pembuatan produk
    2.Menyediakan informasi biaya untuk kepentingan manajemen : biaya sebagai ukuran efisiensi
    3.Alat Perencanaan : perencanaan bisnis pasti berkaitan dengan penghasilan dan biaya, Perencanaan biaya akan memudahkan dalam pengendalian biay
    4.Pengendalian biaya : membandingkan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk memproduksi satu satuan produk dengan biaya yang sesungguhnya terjadi
    5.Memperkenalkan berbagai metode : berbagai macam metode dalam Akbi dapat dipilih sesuai dengan kepentingan yang diperlukan dengan hasil yang paling efektif dan efisien
    6.Pengambilan keputusan khusus : sebagai alat manajemen dalam mengawasi dan merekam transaksi biaya secara sistematis dan menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>