Pengertian dan Pencatatan Notes Receivable(3).

Diskonto Notes Receivable.

diskontoSebuah Notes Receivable dapat digadaikan ke Bank, biasanya disebut sebagai pen-Diskonto-an.

PT. ANN menerima wesel tagih senilai 1.800 berjangka waktu 90 hari , dan berbunga 8% dari PT. PRR, tertanggal 6 April, didiskontokan ke bank pada tanggal 9 Juni dengan bunga 11%.

Nilai nominal wesel tertanggal 6 April…………………………… 1.800
Bunga wesel (90 hari, 8%)………………………………………………. 54
Nilai jatuh tempo wesel per 5 Juli…………………………………. 1.854
Diskon atas nilai jatuh tempo ( 26 hari dari
9 Juni hingga 5 Juli , dengan bunga 11%…………………………… 14,30
Hasil tunai…………………………………………………………………. 1.839,70

Jurnal: 9 Juni

Cash/Kas………………………………… 1.839,70

Notes receivable/Wesel tagih…………………… 1.800
Interest Revenue/Pendapatan bunga…………….. 39,70

12 thoughts on “Pengertian dan Pencatatan Notes Receivable(3).

  1. yang telah dijelaskan dalam artikel ini bagaimana penghitungan bunga dalam pediskontoan sangat jelas dan memiliki keakuratan hasil yang dapat dipertanggungkawabkan . Jadi jumlah saat mendapat wesel tagih dan saat oengembalian wesel tagih sudah menyakup perhitungan bunga yg telah ditetapkan.

  2. Sama seperti yang dijelaskan diatas tadi dalam penghitungan wesel yang terkena discount dan yang terkena bunga.

  3. Jadi dari artikel diatas bahwa diskonto Notes Receivable yaitu jumlah selisih kurang antara nilai kini kewajiban dengan nilai jatuh tempo kewajiban, karena tingkat bunga nominal lebih rendah dari tingkat bunga efektif.

  4. dalam artikel yang diatas sudah dijelaskan cara perhitungan wesel yang bterkena diskonto dan bunga ,jadi pengertian dari diskonto itu sendiri adalah potongan atau bunga yang harus dibayar oleh orang yang menjual wesel ataub surat dagang yang diuangkan sebelu,m waktunya

  5. Materi diatas menjelaskan perhitungan nilai nominal wesel yang ditambahkan dengan bunga yang sudah ditetapkan dan perhitungan besarnya diskon.(nominal wesel+bunga-nilai diskon).

  6. Penerima pembayaran wesel tagih mungkin saja memerlukan uang kas sebelum wesel tagih tersebut jatuh tempo. Apabila hal ini terjadi, maka penerima pembayaran tersebut dapat menjual wesel tagihnya. Wesel tagih merupakan suatu alat yang dapat dipindahkan hak kepemilikannya dari satu orang ke orang lain, dan bahkan bisa dijual secara kas. Misalkan untuk memperoleh kas dengan lebih cepat, kreditur terkadang menjual wesel tagih tersebut kepada pihak lain sebelum wesel tagih tersebut jatuh tempo. Kreditur tersebut akan mengendorse wesel tersebut dan memberikannya kepada pembeli wesel –biasanya berupa bank–yang nantinya akan menagih wesel tersebut pada saat jatuh tempo.
    Menjual wesel tagih sebelum saat jatuh tempo dinamakan pendiskontoan wesel tagih, karena orang yang menjual wesel tagih tersebut akan menerima uang lebih kecil dari yang akan diterimanya pada saat jatuh tempo nanti.

  7. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Dari penjelasan tersebut cara perhitungan nominal wesel yang ditambahkan pada bunga wesel yang telah ditetapkan dan nilai jatuh tempo selanjutnya perhitungan diskon.

  8. Seperti yang tertera pada artikel diatas bahwa perhitungan wesel yang terkena pendiskontoan dan bunga sangatlah jelas, jadi diskonto adalah bank discount yaitu potongan (diskon) yang diperhitungkan bank (biasanya dalam persen) atas suatu surat berharga karena pembayaran sebelum jatuh tempo dan jumlah di mana sebuah saham preferen atau obligasi dijual di bawah nilai nominalnya, karena tingkat nominalnya lebih rendah dari pada tingkat bunganya.

  9. sama seperti yang dijelaskan di atas cara perhitungan nominal wesel yang ditambahkan pada bunga wesel yang telah ditetapkan dan nilai jatuh tempo selanjutnya perhitungan besarnya diskon.

  10. Dalam artikel yang diatas menjelaskan cara perhitungan wesel yang terkena diskonto -an dan bunga , jadi pengertian dari diskonto-an itu sendiri adalah potongan atau bunga yang harus dibayar oleh orang yang menjual wesel ataub surat dagang yang diuangkan sebelum waktunya.

  11. Jadi artikel diatas ini sangat menjelaskan cara perhitungan bunga dalam pendiskontoan. adapun makna diskonto itu sendiri ialah diskon (potongan) yang diperhitungkan bank (biasanya dalam persen) atas suatu surat berharga karen pembayaran sebeum jatuh tempo.
    Dan jumlah pada saat menerima dan pengembalian wesel tagih ini sudah mencakup perhitungan bunga yang telah ditetapkan,inilah penjelasan pada artikel ini.

  12. dalam artikel tersebut menjelaskan tentang wesel yang terkena diskonta-an dan bunga yaitu jumlah nominal wesel ditambahkan bunga wesel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>