Pengertian dan Pencatatan Notes Receivable(4).

Recording Notes Receivable.

NRPada tanggal 4 April PT. NUU melakukan penjualan pada PT GOO dan menerima Wesel Tagih senilai Rp. 1.500 tertanggal 9 April dengan jangka waktu 90 hari dengan tingkat suku bunga 9%.

Maka Jurnal pada tanggal 4 April adalah:

Notes Receivable………………….. 1.500

Sales………………………………………… 1.500

Tetapi pada tanggal jatuh tempo(due date) 3 Juli PT. GOO tidak melakukan pembayaran, maka PT. NUU pada tgl 4 Juli harus membuat jurnal sbb:

Account Receivable………………………. 1.635

Notes Receivable……………………….. 1.500
Interest Income…………………………….. 135

Pembayaran Notes Receivable setelah jatuh tempo.

Mengacu pada transaksi tersebut diatas, PT GOO pada tanggal 10 Juli melakukan pembayaran.
Maka jurnal yg dibuat PT NUU adalah sbb:

Cash……………………………………….. 1.635

Account Receivable………………………. 1.635

12 thoughts on “Pengertian dan Pencatatan Notes Receivable(4).

  1. Jadi ketika pada jatuh tempo wesel tagih tidak dapat terbayar, maka perusahaan segera membuat jurnal sesuai dengan berapa tagihan yang harus dibayar sesuai dengan perhitungan suku bunganya.

  2. Seperti yang tertera pada artikel diatas pada saat jatuh tempo atau waktu yang ditetapkan pada wesel tagih namun tidak dapat terbayarkan maka harus membuat jurnal sesuai dengan beberapa tagihan dan bunganya.

  3. Menurut artikel diatas pada saat jatuh tempo atau waktu yang telah ditentukan pada wesel tagih, tetapi tidak dapat terbayarkan pada tempo yang telah ditentukan maka perusahaan harus membuat jurnal sesuai dengan tagihan beserta bunganya.

  4. Menurut pendapat saya, materi diatas menjelaskan bagaimana cara kita sebagai penjual harus menjurnal apabila pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan dilakukan lewat dari tanggal jatuh tempo yang sudah disepakati dalam surat perjanjian.

  5. Sesuai dengan artikel di atas maka dapat disimpulkan bahwa jika piutang wesel tidak dapat terbayarkan pada saat jatuh tempo atau waktu yang telah ditentukan pada wesel tagih maka nominal yang harus dibayarkan dan tertera pada jurnal tidak hanya yang sesuai dengan tagihan tetapi juga ditambahkan dengan bunganya.

  6. Martia Andini 201411257 sesi01
    Pada penjelasan tersebut sudah adanya kesepakatan atau perjanjian dalam sebuah wesel oleh kedua belah pihak. seperti materi diatas telah dijelaskan cara menjurnal pembayaran yang telah dilakukan oleh konsumen yang lewat dari tanggal jatuh tempo.

  7. Dengan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa pada saat jatuh tempo atau waktu yang sudah ditetapkan pada wesel tagih tidak dapat membayar karena berbagai alasan, maka perusahaan tersebut harus sesegera mungkin untuk membuat jurnal yang sesuai dengan hitungan tagihannya yang harus dibayar serta bunganya.

  8. sama seperti apa yang telah dijelaskan diatas, pada saat jatuh tempo pada wesel tagih namun tidak dapat terbayarkan maka harus membuat jurnal sesuai tagihan.

  9. pada artikel diatas ,pada saat jatuh tempo pada wesel tagih namun tidak dapat terbayarkan maka perusahaan tersebut harus membuat jurnal sesuai dengan beberapa tagihan dan bunganya.

  10. Penjelasan diatas dapat diketahui pada saat jatuh tempo yang sudah ditetapkan pada wesel tagih tidak dapat membayar karena berbagai alasan, maka perusahaan tersebut harus sesegera mungkin untuk membuat jurnal yang sesuai dengan hitungan tagihannya yang harus dibayar serta bunganya.

  11. Menurut artikel ini maka di jelaskan bahwa ketika wesel tagih tidak dapat terbayar pada saat jatuh tempo,maka harus segera membuat jurnal sesuai dengan berapa jumlah tagihan yang harus dibayar dan sesuai juga dengan perhitungan suku bunga.

  12. menjelaskan bahwa pada saat jatuh tempo dan waktu yang ditetapkan wesel tagih tidak dapat terbayarkan lagi maka harus membuat jurnal sesuai dengan tagihan yanh harus dibayar dan berupa bunganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>