Pengertian Piutang.

Account Receivables
Beberapa pengertian Piutang, antara lain:AR-1

  • “Piutang meliputi semua transaksi pembelian secara kredit tetapi tidak membutuhkan suatu bentuk catatan atau surat formal yang ditandatangani yang menyatakan kewajiban pihak pembeli kepada pihak penjual”.
  • “Piutang adalah hak untuk menagih sejumlah uang dari sipenjual kepada sipembeli yang timbul karena adanya suatu transaksi”.
  • “Piutang adalah aktiva atau kekayaan perusahaan yang timbul sebagai akibat dari dilaksanakannya kebijakan penjualan kredit”.
  • “Piutang berisikan pemberian kredit yang diberikan perusahaan kepada konsumennya ketika menjual barangnya. Mereka mengambil setiap bentuk penjualan kredit dimana perusahaan meneruskannya kembali kepada perusahaan lain”.
  • “Piutang terjadi karena penjualan barang dan jasa tersebut dilakukan secara kredit yang umumnya dilakukan untuk memperbesar penjualan”.
  • “Piutang dagang adalah tagihan kepada pihak lain (kepada kreditor atau langganan) sebagai akibat adanya penjualan barang dagangan secara kredit”.accounts-receivable-big
  • “Piutang dagang menunjukkan piutang yang timbul dari penjualan barang-barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, dalam kegiatan normal perusahaan biasanya piutang dagang akan dilunasi dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, sehingga dikelompokkan dalam aktiva lancar”.
  • “Piutang (receivables) merupakan proses penjualan barang hasil produksi secara kredit”.
  • “Piutang meliputi semua hak atau klaim perusahaan pada organisasi lain untuk menerima sejumlah kas, barang, atau jasa di masa yang akan datang sebagai akibat kejadian pada masa yang lalu”.
  • “Piutang merupakan kebiasaan bagi perusahaan untuk memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada para pelanggan pada waktu melakukan penjualan. Kelonggaran-kelonggaran yang diberikan biasanya dalam bentuk memperbolehkan para pelanggan tersebut membayar kemudian atas penjualan barang atau jasa yang dilakukan”.
  • “Piutang adalah klaim terhadap sejumlah uang yang diharapkan akan diperoleh pada masa yang akan datang”.
  • “Piutang meliputi semua klaim dalam bentuk uang terhadap pihak lainnya, termasuk individu, perusahaan atau organisasi lainnya”.
  • “Piutang meliputi jumlah uang yang dipinjam dari perusahaan oleh pelanggan yang telah membeli barang atau memakai jasa secara kredit”.
  • “Piutang dapat didefinisikan dalam arti luas sebagai hak atau klaim terhadap pihak lain atas uang, barang, dan jasa. Namun, untuk tujuan akuntansi, istilah ini umumnya diterapkan sebagai klaim yang diharapkan dapat diselesaikan melalui penerimaan kas”.
  • “Piutang adalah tagihan perusahaan kepada pihak lain yang nantinya akan dimintakan pembayarannya bilamana telah sampai jatuh tempo”.
    “Piutang dagang (account receivable) merupakan “
    tagihan perusahaan kepada pelanggan atau pembeli atau pihak lain yang membeli produk perusahaan”.
  • “Piutang merupakan klaim terhadap pihak lain, apakah klaim tersebut berupa uang, barang atau jasa, untuk maksud akuntansi istilah dipergunakan dalam arti yang lebih sempit yaitu merupakan klaim yang diharapkan akan diselesaikan dengan uang”.
  • “Piutang adalah tagihan yang ditujukan baik itu kepada individu-individu maupun kepada perusahaan lain yang akan diterima dalam bentuk kas”.
  • “Merupakan hak untuk menagih sejumlah uang dari si penjual kepada si pembeli yang timbul karena adanya suatu transaksi. Piutang timbul karena adanya penjualan secara kredit kepada perusahaan lain”.

45 thoughts on “Pengertian Piutang.

  1. mnurut saya piutang itu adalah hak kita yang ada pada orang lain yang dapat kita tagih kapan saja atau pda waktu yang telah kita sepakati sebelumnya tanpa adanya surat perjanjian karena biasanya wktu kurang dari 1 tahun.

  2. Menurut saya piutang itu tagihan atau harta kita yang masih berada di orang lain guna untuk memperbesar penjualan yang kita lakukan dalam jangka waktu kurang dari 12 bulan.

  3. Menurut pendapat saya pada artikel diatas bahwa Pengantar Akuntansi merupakan proses pengenalan mengenai akuntansi, dimana akuntansi di definisikan sebagai proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah, menyajikan data, dan transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan keputusan serta tujuan lainnya.

  4. Mengenai artikel diatas yang dapat saya simpulkan bahwa Piutang merupakan semua tagihan atau tuntutan kepada pihak lain dalam bentuk uang atau barang yang timbul dari adanya penjualan secara kredit.

  5. Menurut pendapat saya piutang adalah tagihan terhadap pihak lain agar pihak tersebut membayar sejumlah uang atau jasa dalam jangka waktu yang telah di tentukan.

    • Menurut saya dalam membahas tentang piutang ini adalah dimana perusahaan yang menjual suatu barang yang dibutuhkan oleh si pembeli namun dalam bentuk tagihan yang belum tertagih/terbayar dalam jangka waktu tertentu yang harus dilunasi oleh si pembeli.

  6. Menurut saya,Piutang adalah sebuah tagihan atau uang kita yang ditujukan kepada individu-individu maupun kepada perusahaan lain yang akan diterima dalam bentuk kas yang memiliki masa tenggang waktu. Dan kita juga memiliki hak untuk menagih sejumlah uang tersebut jika sudah masa tenggang waktu atau jatuh tempo.

  7. Piutang adalah tagihan kepada pihak lain yang nantinya akan dimintakan pembayarannya bilamana telah sampai jatuh tempo. Piutang juga bisa disebut harta kita yang sedang di pihak lain.

  8. Menurut saya piutang adalah tagihan uang atau barang yang kita pinjamkan kepada pihak lain dan kita dapat menagihnya dengan waktu yang sudah kita tentukan

  9. menurut saya piutang adalah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurusi/mengatur penagihan konsumen yang berhutang pada seseorang/perusahaan, atau suatu organisasi untuk barang dan layanan yang telah diberikan pada konsumen tersebut. Pada sebagian besar bisnis, hal ini biasanya dilakukan dengan membuat tagihan dan mengirimkan tagihan tersebut kepada konsumen yang akan dibayar dalam suatu tanggal dan waktu yang sudah di setujuhi dua belah pihak,Dengan cara kredit atau pembayaran langsung.

  10. Putri wulandari (2014-11-033)

    Piutang adalah tuntutan seseorang atau perusahaan kepada pihak lain, baik itu perorangan atau perusahaan yang lain karena adanya transaksi atau jual beli barang atau jasa, biasanya secara kredit.

  11. Menurut pendapat saya berdasarkan artikel di atas piutang merupakan suatu proses yang penting, yang dapat menunjukkan satu bagian yang besar dari harta likuid perusahaan atau perseorangan. Secara sederhana piutang dapat diartikan sebagai hak seseorang atas orang lain disebabkan adanya proses pinjam meminjam atau jual beli secara kredit di masa lampau oleh karena itu piutang hanya dapat diselesaikan dengan diterimanya pengembalian dari piuatang tersebut di masa yang akan datang.

  12. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Piutang merupakan hasil dari penjualan barang secara kredit pada suatu perusahaan atau individu. Piutang juga mempunyai batas waktu tertentu atau bisa disebut juga jatuh tempo untuk pelunasan harga barang yang telah di kredit kan oleh pihak lain.

  13. Menurut saya piutang mengandung makna, tagihan yang akan timbul atas penyerahan barang atau jasa dari perusahaan kepada pelanggan yang akan dilunasi dengan uang dimasa yang datang.

  14. Menurut saya, Piutang adalah suatu harta perusahaan maupun suatu harta koperasi yang timbul karena terjadinya transaksi penjualan secara kredit atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut

  15. menurut saya piutang adalah hak yang berhak untuk ditagih oleh pihak satu ke pihak lainnya karena terjadi suatu transaksi.

  16. Menurut saya piutang merupakan suatu bagian yang besar dari harta yang timbul karena terjadinya transaksi penjualan secara kredit atas barang dan jasa.

  17. Piutang adalah hak yang berhak untuk ditagih oleh pihak satu ke pihak lainnya karena terjadi suatu transaksi.

  18. Menurut pendapat saya piutang adalah dimana hak milik kita, baik berupa uang, jasa dan sebagainya yang masih ataupun belum dilunasi oleh pihak lain.

  19. Menurut pendapat saya piutang adalah tagihan uang perusahaan kepada para pelanggan yang diharapkan akan dilunasi dalam waktu paling lama satu tahun sejak tanggal keluarnya tagihan.

  20. Menurut saya Piutang adalah klaim yang berkekuatan hukum, atau sebuah pinjaman yang dilakukan oleh suatu individu atau perusahaan kepada perusahaan lain dan harus dibayar pada waktu yang akan datang atau pada waktu yang telah ditentukan.
    bisa juga diartikan jasa yang diberikan dalam pelaksanaan pesanan pelanggan dan biasanya berupa faktur yg dibesarkan oleh bisnis dan dikirim ke pelanggan untuk pembayaran dalam jangka waktu yang telah disepakati.

  21. Piutang adalah klaim yang berkekuatan hukum, atau sebuah pinjaman yang dilakukan oleh suatu individu atau perusahaan kepada perusahaan lain dan harus dibayar pada waktu yang akan datang atau pada waktu yang telah ditentukan.
    bisa juga diartikan jasa yang diberikan dalam pelaksanaan pesanan pelanggan dan biasanya berupa faktur yg dibesarkan oleh bisnis dan dikirim ke pelanggan untuk pembayaran dalam jangka waktu yang telah disepakati.

  22. Menurut saya piutang adalah merupakan Bagian penerimaan perusahaan yang sangat penting Yang timbul sebagai akibat Dari adanya kebijakan penjualan Barang atau jasa secara kredit, Dimana debitur tidak memberikan jaminan secara resmi

  23. Piutang adalah Hak seseorang atas orang lain disebabkan adanya proses pinjam-meminjam dimasa lampau, atau Piutang juga dapat terjadi karena penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara kredit yang umumnya dilakukan untuk memperbesar penjualan dimana waktunya kurang dari 1 tahun.

  24. Menurut saya Piutang meliputi semua transaksi pembelian secara kredit tetapi tidak membutuhkan suatu bentuk catatan atau surat formal yang ditandatangani yang menyatakan kewajiban pihak pembeli kepada pihak penjual

  25. Piutang adalah hak pemerintah untuk menerima
    pembayaran dari entitas lain termasuk wajib pajak/bayar
    atas kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Hal ini
    senada dengan berbagai teori yang mengungkapkan bahwa
    piutang adalah manfaat masa depan yang diakui pada saat ini.

  26. Piutang merupakan suatu proses yang penting, yang dapat menunjukkan satu bagian yang besar dari harta likuid perusahaan.

  27. Menurut saya Piutang adalah hak untuk menagih sejumlah uang dari sipenjual kepada sipembeli yang timbul karena adanya suatu transaksi.

  28. menurut saya puitang merupakan harta perusahaan yang terjadi karena adanya transaksi penjualan barang atau jasa secara kredit. piutang juga merupakan hak seorang untuk menagih harta yang seharusnya diterima oleh perusahaan dan biasanya terdapat batas pembayaran.

  29. menurut saya piutang itu harta kita yang dipinjam oleh orang lain yang bisa kita tagih ke orang tersebut yang minjam uang/harta kita itu, tapi dalam waktu singkat karena piutang itu berjangka waktu pendek.

  30. Menurut saya dalam membahas tentang piutang ini adalah dimana perusahaan yang menjual suatu barang yang dibutuhkan oleh si pembeli namun dalam bentuk tagihan yang belum tertagih/terbayar dalam jangka waktu tertentu yang harus dilunasi oleh si pembeli.

  31. Menurut pendapat saya piutang adalah penjualan barang atau jasa yang dibayarkan secara kredit dengan batas waktu pembayaran yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak (debitor dan kreditor)

  32. Menurut saya piutang itu bisa diartikan sebagai tagihan atas segala sesuatu hak perusahaan baik berupa uang,barang maupun jasa atau pihak ketiga setelah perusahaan melaksanakn kewajibanya atau bisa juga sebuah tagihan yang hanya dapat diselesaikan dengan diterimanya dimasa yang akan datang.

  33. Pemikiran saya piutang itu adalah HAK kita yang kita berikan atau di pinjamkan kepada orang lain dan dapat kita tagih pada waktu yang telah kita sepakati jika tanpa adanya surat perjanjian HAK yang kita berikan bisa kita tagih kapan saja karena biasanya waktu kurang dari 1 tahun.

  34. Muhamad Fadhli Noor (201411009) Sesi 01

    Menurut saya Piutang adalah salah satu jenis kegiatan dalam akuntansi yang menangani penagihan pada konsumen yang berhutang pada perusahaan/seseorang. Bisa juga diartikan sebagai harta yang timbul akibat penjualan secara kredit.

  35. Menurut saya,Piutang adalah tagihan perusahaan kepada pihak lain yang nantinya akan diminta pembayarannya bila telah sampai jatuh tempo.

  36. Piutang adalah hak seseorang atas orang lain disebabkan adanya proses pinjam-meminjam, dimana hak milik kita baik berupa uang, jasa dan sebagainya yang masih belum dilunasi oleh pihak lain . piutang berisikan pemberian kredit yang diberikan perusahaan kepada konsumennya ketika menjual barangnya, mereka mengambil setiap bentuk penjualan kredit dimana perusahaan meneruskannya kembali kepada perusahaan lain.

  37. Menurut saya Piutang adalah,seseorang yang memberikan kredit berupa uang / barang / jasa kepada konsumen yang nanti nya akan menjadi tagihan apabila sudah jatuh tempo pembayaran.

  38. Menurut saya piutang itu adalah Tuntutan atau Klaim perusahaan kepada pihak lain, baik terhadap perseorangan maupun terhadap suatu badan usaha yang terjadi karena adanya suatu transaksi. Piutang sendiri timbul apabila perusahaan menjual barang atau jasa kepada perusahaan lain atau perorangan secara kredit.

  39. Piutang ialah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurusi penagihan konsumen yang berhutang pada seseorang, suatu perusahaan, atau antara suatu organisasi untuk barang dan layanan yang telah diberikan pada konsumen tersebut.

  40. Piutang ialah adalah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurusi penagihan konsumen yang berhutang pada seseorang, suatu perusahaan, atau suatu organisasi untuk barang dan layanan yang telah diberikan pada konsumen tersebut.

  41. Dari beberapa pengertian diatas say mengartikan bahwa piutang adalah uang yang dipinjamkan,uang yang dapat ditagih karena dipinjam orang,atau tagihan perusahaan kepada para pelanggan dalam jangka waktu pengembalian yaitu 1 tahun atau sesuai waktu yang sudah ditentukan.

  42. Secara sederhana, piutang dapat diartikan sebagai berikut : ” Hak seseorang atas orang lain disebabkan adanya proses pinjam-meminjam dimasa lampau”.

    Untuk lebih jelas mengenai pengertian piutang ini, penjelasan para ahli tentang defenisi piutang :

    “Piutang meliputi semua transaksi pembelian secara kredit tetapi tidak membutuhkan suatu bentuk catatan atau surat formal yang ditandatangani yang menyatakan kewajiban pihak pembeli kepada pihak penjual”. Syamsuddin 2001 – 254

    “Piutang adalah hak untuk menagih sejumlah uang dari sipenjual kepada sipembeli yang timbul karen adanya suatu transaksi”. Haryono Yusuf 2001 – 52

  43. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Kami adalah pemberi pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Tujuan. Silahkan hubungi kami melalui email: rosejohnsonloanfirm@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>