OBYEK dan RUANG LINGKUP SOSIOLOGI.

object-and-scope-of-socioloy-a

OBYEK SOSIOLOGI.

Masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

RUANG LINGKUP SOSIOLOGI

  1. Individu
  2. Masyarakat
  3. Hubungan Individu dan Masyarakat

17 thoughts on “OBYEK dan RUANG LINGKUP SOSIOLOGI.

  1. Inneke Putri Manna ( 2014-11-302) sie 23
    Menurut saya objek dan ruang lingkup sosiologi memiliki kesamaan dan saling berhubungan yaitu pada dasarnya membahas dan mempelajari masyarakat dan perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang dibangunnya. Objek sosiologi adalah masyarakat dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia tersebut dalam masyarakat.

  2. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Mengapa manusia disebut dengan obyek sosiologi? karena pada dasar nya manusia adalah makhluk sosial. Dimana akan terjadinya proses atau hubungan interaksi antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

  3. SITI TAHYATI (201411178) SESI 23
    menurut saya Objek sosiologi, yaitu masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antara manusia dan proses yang timbul akibat hubungan manusia dalam masyarakat. Jadi, yang dipelajari dalam sosiologi itu sangat luas antara lain sebagai berikut.

    Hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia lain.
    Hubungan antara individu dengan kelompok.
    Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok lain.
    Sifat-sifat dari kelompok-kelompok sosial yang bermacam-macam coraknya.

  4. Objek Sosiologi terdiri dari :
    Objek Material, Objek Formal, Objek Budaya, dan Objek Agama. Dimana masing-masing Objek menjelaskan tentang proses dari objek-objek itu sendiri.
    1. Objek Material, Objek yang menjelaskan tentang kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    2. Objek Formal, Objek yang lebih menekankan manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    3. Objek Budaya, merupakan faktor yang mempengaruhi hubungan antar individu.
    4. Objek Agama, ada pengaruh dari objek ini, dimana objek ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  5. Sri andani(201411024) SESI 02.
    Menurut pendapat saya ruang lingkup sosiologi
    Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi mengkaji lebih mendalam pada bidangnya dengan  cara bervariasi. Misalnya seorang sosiologi mengkaji dan mengamati kenakalan remaja di  Indonesia saat ini, mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal, mulai kapan remaja  tersebut berprilaku nakal, sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut. 

  6. Obyek Sosiologi, manusia yang saling berhubungan satu sama lain dengan adanya proses di dalam bermasyarakat. Manusia tentunya sebagai obyek sosiologi, pasti memiliki berbagai peraturan atau tata cara dalam bermasyarakat. Sehingga mereka bersatu membentuk suatu kelompok dan mereka dapat mengatur diri mereka, mengatur bagaimana cara bertingkah laku dan menerapkan pola hidup sesuai aturan. Mereka sadar bahwa mereka adalah satu kesatuan dan setiap anggota merasa terikat satu sama lainnya.

  7. menurut saya Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

    Teori Sosiologi biasa nya digunakan untuk memahami latar belakang, susunan, dan pola kehidupan sosial dari berbagai golongan dan kelompok dalam masyarakat. Juga dapat diketahui sampai di mana susunan dan stratifikasi sosial mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perubahan – perubahan sosial yang terjadi di suatu lingkungan masyarakat.

  8. menurut saya Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan
    Muhamad aditya ( 201411218 ) sesi 23

    antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

    Teori Sosiologi biasa nya digunakan untuk memahami latar belakang, susunan, dan pola kehidupan sosial dari berbagai golongan dan kelompok dalam masyarakat. Juga dapat diketahui sampai di mana susunan dan stratifikasi sosial mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perubahan – perubahan sosial yang terjadi di suatu lingkungan masyarakat.

  9. Muhamad aditya ( 201411218 ) sesi 23
    menurut saya Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan

    antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

    Teori Sosiologi biasa nya digunakan untuk memahami latar belakang, susunan, dan pola kehidupan sosial dari berbagai golongan dan kelompok dalam masyarakat. Juga dapat diketahui sampai di mana susunan dan stratifikasi sosial mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perubahan – perubahan sosial yang terjadi di suatu lingkungan masyarakat.

  10. menurut pendapat saya Ruang lingkup sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya. Dikarenakan ruang lingkup sosiologi mencakup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok di lingkungan masyarakat.

  11. Lindawati (2014-11-205, sseksi 23)

    Menurut saya, Obyek sosiologi adalah makhluk hidup (dalam hal ini manusia) yang mempunyai interaksi sosial dengan sesamanya.

    Individu sebagai obyek sosial disini adalah penilaian sosial untuk tiap individu terhadap sesamanya sebagai satu kesatuan makhluk kepada pribadinya sendiri.

    masyarakat sebagai obyek sosial disini adalah penilaian sosial kepada sekumpulan individu yang tinggal dalam satu lingkungan yang sama. Dalam hal ini, penilaian sosial diberikan kepada sekelompok masyarakat. Jadi, meskipun terhadap 10 individu dalam lingkungan tersebut, penilaian dilakukan per masyarakat yang dinilai. Untuk hal ini, penilaian yang diberikan adalah 1 (satu).

    Gabungan individu dan masyarakaat disini adalah penilaian sosial kepada masyarakat, dan dipecah lagi menjadi penilaian individu. Maksdnya adalah, jika terdapat 1 masyarakat dengan 10 individu, penilaian yang diberikan adalah 1 untuk masyarakat dan 10 untuk per individu.

  12. IRMAWATI 201411251 SESI 23

    interaksi sosial merupakan hubungan hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar induvidu,induvidu (seseorang) dengan kelompok dan kelompok tampa adanya interaksi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama .proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan interaksi atau hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi bersangsung sepanjang kehidupan bermasyarakat.

  13. Nama : Tri Ulaika
    Nim : 201411212
    Sesi : 23
    Menurut saya objek dan ruang lingkup sosiologi ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat yang mencakup semua interaksi yang berlangsung antara individu,individu dengan kelompok,serta kelompok dengan kelompok dalam menanggapi gejala sosial yang terjadi di kehidupan manusia.

  14. LULUT RIZKIANI ( 2014-11-122 ) SESI 23

    Menurut saya ,yang disebut dengan Objek Sosiologi adalah Masyarakat yang melakukan interaksi atau hubungan dan menghasilkan timbal balik dari hubungan yang terjalin.
    Sedangkan Ruang Lingkup Sosiologi yaitu seperti hubungan individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok yang menghasilkan gejala-gejala sosial seperti proses-proses yang terjadi dalam kehidupan manusia.
    Contoh : Kerumunan orang di halte, Kelompok massa yang berdemo. Mereka memiliki tujuan yang sama walau tidak secara langsung ,namun komunikasi ini dapat ditinjau dari beberapa komponen seperti bentuk,sifat,proses dan metode.

    Terimakasih.

  15. Objek kajian sosiologi adalah masyarakat dalam berhubungan antar manusia dan proses yang dihasilkan dalam hubungan tersebut.
    Ruang lingkup sosiologi adalah sebagai berikut :
    1. Kelompok social (social grouping) mulai dari kelompok social yang paling kecil, seperti keluarga, RT, RW, kecamatan, hingga Negara.
    2. Hubungan social (social relation) antr individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
    3. Gejala social (social proses) proses yang terjadi dalam kehidupan manusia.

  16. Nama : Ria Resti Amalia
    Nim: 2014-11-189
    Seksi: 01
    Sosiologi mengkaji lebih mendalam pada bidangnya dengan cara bervariasi.Misalnya seorang sosiolog mengkaji dan mengamati kenakalan remaja di Indonesia saat ini, mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal, mulai kapan remaja tersebut berperilaku nakal, sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut. Hampir semua gejala sosial yang terjadi di desa maupun di kota baik individu ataupun kelompok, merupakan ruang kajian yang cocok bagi sosiologi, asalkan menggunakan prosedur ilmiah. Ruang lingkup kajian sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya.Hal ini dikarenakan ruang lingkup sosiologi mencakup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok di lingkungan masyarakat.

  17. Objek sosiologi ada dua macam, yaitu objek material dan objek formal :
    Objek material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial,( maksudnya saling berinteraksi dengan orang lain), gejala-gejala , dan proses hubungan antar manusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.
    maksudnya adalah manusia tidak bisa hidup sendiri dan memerlukan orang lain juga membutuhkan ciptaan lainnya untuk kelangsungan hidupnya, oleh karena itu manusia harus memelihara alam ciptaan Tuhan yang dapat menghasilkan..

    Objek formal
    Objek formal sosiologi ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat yang saling memperhatikan, menolong, dan menghormati antara yang satu dengan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>