SIFAT HAKIKAT SOSIOLOGI

Sifat dan Hakikat Sosiologi
Sociology-treeSifat dan Hakikat yang melekat pada Sosiologi adalah:

  1. Tujuannya untuk mendapatkan pengetahuan yang sedalam-dalamnya tentang masyarakat.
  2. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip-prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antar manusia dan juga perihal sifat hakikat, bentuk, isi dan struktur masyarakat manusia.

11 thoughts on “SIFAT HAKIKAT SOSIOLOGI

  1. Menurut saya, hakikat sosiologi yaitu disiplin ilmu yang kategoris, artinya ilmu yang mempelajari apa yang terjadi sekarang bukan apa yang seharusnya terjadi serta mempelajari masyarakat sebagai objek kajainnya.
    Sedangkan untuk sifat sosiologi, bersifat empiris dan fakta selain itu bersifat abstrak bukan konkret karena perhatian sosiologi pada bentuk dan pola perustiwa dalam masyarakat secara menyeluruh.

  2. Inneke Putri Manna ( 2014-11-302) sie 23
    Menurut saya Hakikat sosiologi adalah Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum , artinya setiap manusia yang melakukan interaksi sosial dengan sesamanya, mereka mendapatkan sebuah ilmu atau informasi dari proses sosial tersebut.

  3. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Sifat dan Hakikat Sosiologi mempunyai tujuan yang yang baik yaitu memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam bermasyarakat dimana kita akan mengetahui cara bertindak yang baik saat berinteraksi pada individu atau antar kelompok.

  4. sifat hakikat sosiologi yaitu :
    merupakan ilmu pengetahuan yang umum, bukan ilmu pengetahuan khusus. Hal ini berarti bahwa Sosiologi mempelajari gejala yang umumnya ada pada setiap interaksi antarmanusia

  5. Elvira Putri Pembayun
    2014-11-184 seksi 01

    Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah
    1. Sosiologi adalah ilmu sosial karena yang dipelajari adalah gejala-gejala kemasyarakatan.
    2. Sosiologi termasuk disiplin ilmu normatif, bukan merupakan disiplin ilmu kategori yang membatasi diri pada kejadian saat ini dan bukan apa yang terjadi atau seharusnya terjadi.
    3. Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan murni (pure science) dan ilmu pengetahuan terapan.
    4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak dan bukan ilmu pengetahuan konkret. Artinya yang menjadi perhatian adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat secara menyeluruh, bukan hanya peristiwa itu sendiri.
    5. Sosiologi bertujuan menghasilkan pengertian dan pola-pola umum, serta mencari prinsip-prinsip dan hukum-hukum umum dari interaksi manusia, sifat, hakikat, bentuk, isi, dan struktur masyarakat manusia.
    6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional. Hal ini menyangkut metode yang digunakan.
    7. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum, artinya sosiologi mempunyai gejala-gejala umum yang ada pada interaksi antara manusia

  6. Ayu Anggraeni 201411268
    seksi 23

    menurut saya hakikat sosiologi adalah disiplin ilmu yang normative, akan tetapi merupakan disiplin yang kategoris. Artinya sosiologi membatasi pada apa yang terjadi dewasa ini, bukan mengenai apa yang terjadi dan seharusnya terjadi dan sosiologi mempelajari gejala umum yang ada dalam setiap interaksi antar manusia.

  7. Edo Yoga Pamungkas (201411222)
    menurut saya,sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang kehidupan bermasyarakat dalam lingkup luas, yang pada sifat dan hakikatnya sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang kategoris yaitu tidak membatasi diri dengan apa yang sekarang terjadi .

  8. Sebagai lmu pengetahuan, sosiologi mempunyai sifat dan hakikat sebagai berikut:
    1. Sosiologi termasuk rumpun ilmu sosial, bukan ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu kerohanian.
    2. Sosioloagi merupakan ilmu pengetauan yang kategoris, artinya sosiologi membatasi diri dengan apa yang terjadi dan bukan pada apa yang harus terjadi.
    3. Sosilogi merupakan ilmu pengetahuan murni (pure science), bukan ilmu pengetahuan terapan ( applied science).
    4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak.
    5. Sosioogi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum.
    6. Sosilogi merupakan ilmu pengetahuan yang rasional, terkait dengan metode yang digunakannya.

  9. Sifat dan hakikat sosiologi selalu melekat dalam setiap individu. Dengan adanya sosiologi kehidupan manusia lebih terarah dengan sistematis yang berguna bagi setiap individunya. Sifat dan hakika sosiologi gunanya memberi pengetahuan yang lebih jelas dan rinci bagaimana kehidupan manusia dengan manusia yg lain. Memperdalam ilmu sifat da am hakikat sebenarnya sosiologi, kita akan lebih baik dalam bermasyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>