Apa itu Pengantar Akuntansi.

Accounting Principles

Pengantar akuntansi adalah seni ketrampilan dalam hal mencatat dan mengolah data transaksi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan. Karena sifatnya pengantar, maka disini ditekankan penjelasan secara umum atas ilmu akuntansi.

Acctg-PrinciplesDi universitas luar negeri ditugaskan para professor untuk mengajar mata kuliah khusus pengantar akuntansi, hal ini karena konsep pengantar akuntansi amatlah penting terutama bagi mahasiswa baru yang belum sama sekali mengenal apa itu akuntansi.

Ibarat bangunan, maka pengantar akuntansi adalah pondasinya. Tentu yang namanya pondasi haruslah kokoh dan kuat untuk menopang bagunan diatasnya, Diharapkan dengan memahami pengantar akuntansi akan memberi kemudahan untuk memahami mata kuliah akuntansi tingkat selanjutnya, seperti akuntansi menengah dan akuntansi lanjutan.

50 thoughts on “Apa itu Pengantar Akuntansi.

  1. Pengantar akuntansai merupakan kosakata yang singkat namun memiliki bobot yang bernilai. Jika kita pilah kedua kata tersebut, pengantar merupakan suatu gagasan yang mengandung arti titik awal dalam mencapai tingkatan yang lebih tinggi, diibaratkan seperti jembatan yang harus dilalai dengan teknik dan strategis yang matang untuk melewatinya, supaya tdak terjadi kecerobohan saat ditengah jalan. Sedangkan kita arti kata akuntansi adalah kegiatan mencatat setiap dokumen atau bukti dokumen secara real ( lebih dikhususkan dalama transaksi angka/dokumen angka ) guna untuk mencapai tujuan menghasilkan laporan yang dapat digunakan dan dipertanggungjawabkan. Jadi pengantar akuntansi adalah titik awal yang memiliki keabsahan dalam menghantar kegiatan mencatat setiap transaksi dalam memperkuat dan mempermudah pemahaman setiap orang dalam mempelajarinya .

  2. Pengantar akuntansai merupakan kosakata yang singkat namun memiliki bobot yang bernilai. Jika kita pilah kedua kata tersebut, pengantar merupakan suatu gagasan yang mengandung arti titik awal dalam mencapai tingkatan yang lebih tinggi, diibaratkan seperti jembatan yang harus dilalui dengan teknik dan strategis yang matang untuk melewatinya, supaya tdak terjadi kecerobohan saat ditengah jalan. Sedangkan arti kata akuntansi adalah kegiatan mencatat setiap dokumen atau bukti dokumen secara real ( lebih dikhususkan dalama transaksi angka/dokumen angka ) guna mencapai tujuan untuk menghasilkan laporan yang dapat digunakan dan dipertanggungjawabkan. Jadi pengantar akuntansi adalah titik awal yang memiliki keabsahan dalam menghantar kegiatan mencatat setiap transaksi dalam memperkuat dan mempermudah pemahaman setiap orang dalam mempelajarinya .

  3. Disimak dari kalimat yang terdiri dari dua kata yaitu Pengantar dan Akuntansi dimana pengantar adalah awal atau pemulah dari suatu hal dan Akuntansi adalah kegiatan menghitung pemasukan dan pengeluaran uang yang didalamnya terdiri dari pencatatan,pengikthisaran dan pelaporan, maka disimpulkan bahwa Pengantar akuntansi adalah awal atau pemulah bagi seseorang mempelajari ilmu akuntansi yaitu mencatatat dan membuat laporan keuangan sehingga bisa menjadi accountant yang berbobot dan bekerja secara efisien. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”

  4. Jadi, pengantar akuntansi yaitu proses kegiatan jasa yang dilakukan untuk mengolah suatu data keuangan atau input yang nantinya akan menghasilkan suatu informasi keuangan atau output dalam ukuran uang yang berguna/dimanfaatkan bagi beberapa pihak-pihak yang berkepentingan sebagai bagian dasar dalam pengambilan sebuah keputusan dalam ekonomi.

  5. Menurut pendapat saya pada artikel diatas bahwa Pengantar Akuntansi merupakan proses pengenalan mengenai akuntansi, dimana akuntansi di definisikan sebagai proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah, menyajikan data, dan transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan keputusan serta tujuan lainnya.

  6. Putri Wulandari (2014-11-033)

    pengantar akuntansi adalah kegiatan mencatat maupun mengolah data sehingga menjadi data yang akurat dalam bentuk laporan keuangan, sehingga mempermudah manajer untuk mengetahui keuangan yang dimiliki dalam perusahaannya dan dapat digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan.

  7. Putri Wulandari (2014-11-033)

    pengantar akuntansi adalah kegiatan mencatat maupun mengolah data sehingga menjadi data yang akurat dalam bentuk laporan keuangan, sehingga mempermudah manajer untuk mengetahui keuangan yang dimiliki dalam perusahaannya dan dapat digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan.

  8. Pengantar akuntansi di definisikan secara mudah adalah suatu sistem untuk mengumpulkan dan memproses, termasuk melakukan analisa, mengukur, dan mencatat semua data keuangan atau transaksi keuangan.

  9. Menurut saya Akuntansi adalah sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan.Sebagai proses,Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan dan penginterpretasian hasil proses tersebut.

  10. Pengertian akuntansi dalam artian luas adalah proses kegiatan jasa untuk mengolah data-data keuangan atau input yang nantinya akan menghasilkan informasi keuangan atau output dalam ukuran uang yang bermanfaat bagi beberapa pihak yang berkepentingan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.

  11. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Pengantar akuntansi adalah sebuah pencatatan transaksi keuangan yang diperoleh pada sebuah perusahaan. Dengan ada nya pencatatan transaksi akan lebih mudah untuk di jadi kan sebuah keputusan untung kedepan nya.

  12. Menurut saya definisi secara mudah dari pengantar akuntansi adalah ilmu yang mempelajari pengenalan suatu sistem untuk mengumpulkan dan memproses termasuk juga di dalamnya melakukan analisis, mengukur dan mencatat semua data keuangan atau transaksi keuangan yang ada dalam suatu organisasi yang nantinya akan menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi beberapa pihak yang berkepentingan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi. Pihak-pihak tersebut digolongkan menjadi 3, yaitu :
    1. Pihak Intern
    Pihak intern adalah manajemen perusahaan, untuk mengetahui perkembangan keuangan perusahaan yang dikelolanya. Laporan keuangan aka dijadikan dasar penyusunan anggaran dan perumusan kebijakan ekonomi perusahaan.
    Karyawan, informasi keuangan sebagai dasar untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam pemberian, gaji, fasilitas, bonus dan untuk menilai prospek perusahaan sehingga dapat dijadikan dasar untuk memutuskan akan tetap bekerja di perusahaan tersebut atau pindah.
    2. Pihak Ekstern
    – Pemilik perusahaan, untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan dan sebagai dasar untuk menilai kinerja dari manajemen perusahaan.
    – Bank atau Kreditur, untuk menilai tingkat kesehatan suatu perusahaan yang akan dan telah melakukan pinjaman modal dan untuk mengetahui tingkat kemampuan debitur dalam mengembalikan kewajibannya (utang/pinjaman).
    – Investor, untuk dijadikan dasar dalam berinvestasi. Apakah modal yang diinvestasikan dalam suatu perusahaan akan memberikan keuntungan atau tidak.
    – Pemerintah, untuk digunakan sebagai dasar dalam penetapan besaran pajak yang akan dibayarkan oleh suatu perusahaan dan juga untuk mengetahui kemampuan suatu perusahaan dalam pemberian UMR karyawan serta pemberian fasilitas-fasilitas bagi karyawan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan peraturan yang berlaku.
    3. Pihak-pihak Lain
    Pihak-pihak lainnya diantaranya mahasiswa yang membutuhkan informasi keuangan suatu perusahaan untuk menyusun skripsi, lembaga sosial sebagai dasar untuk menentukan suatu perusahaan yang akan dimintai untuk memberikan sumbangan atau donatur, dan calon relasi kerja untuk memutuskan apakah jadi bekerjasama atau tidak.

  13. Akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis,mengolah data menjadi laporan,dan mengomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. Dalam kata lain akuntansi yaitu “bahasa bisnis” karena dengan akuntansi sebagian besar informasi bisnis dikomunikasikan.

  14. Pengertian pengantar akuntansi adalah suatu seni jasa pencatatan keuangan, baik kas keluar maupun kas masuk selain pencatatan pengantar akuntansi juga suatu proses menganalisa, mengukur dan mengumpulkan suatu data keuangan.

  15. Menurut saya,pengantar akutansi adalah sistem informasi yang memberikan laporan pengeluaran dan pemasukan kepada perusahaan mengenai kegiatan transaksi keuangan dalam suatu perusahaan, melalui proses pencatatan dan penggolongan hasil transaksi keuangan tersebut.

  16. Muhamad Fadhli Noor (2014-11-009) Sesi 01

    Menurut sata Pengantar Akuntansi adalah penjelasan secara umum atau mendasar tentang cara mencatat dan atau mengolah data transaksi keuangan sehingga menghasilkan sebuah laporan keuangan, yang menjadi dasar pembuatan keputusan dalam sebuah perusahaan.

  17. Pengertian akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, mengidentifikasi, dan mengukur semua hal tentang transaksi. Dari mulai penggolongan transaksi dan pengumpulan data lainnya menjadi laporan keuangan, dan setelah selesai menjadi laporan keuangan akan diambil suatu keputusan dari laporan tersebut.

  18. Akuntansi adalah suatu informasi yang memberikan laporan dalam hal mencatat kepada pihak-pihak berkepentingan untuk mengolah data-data keuangan .

  19. Menurut saya pengantar akuntansi adalah suatu ilmu yang digunakan untuk mempelajari aktivitas pengeluaran dan pemasukan keuangan, proses kegiatan untuk mengelolah data-data keuangan yang nantinya akan menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

  20. Menurut saya pengantar akuntansi adalah suatu ketrampilan dalam hal mencatat dan mengolah data transaksi keuangan untuk menghasilkan sebuah laporan yang berhubungan dengan uang .
    pengertian sederhana dari akuntansi adalah suatu ilmu yang digunakan untuk mempelajari suatu aktivitas keluar masuknya keuangan dalam suatu perusahaan .
    dalam artian luas yaitu proses kegiatan yang dilakukan untuk mengolah data data keuangan yang nantinya akan menghasilkan sebuah informasi keuangan atau output dalam ukuran uang yang bermanfaat atau berguna bagi beberapa pihak yang berkepentingan.

  21. Menurut pendapat saya pengantar akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, mengidentifikasi, dan mengukur semua hal tentang transaksi. Dari mulai penggolongan transaksi dan pengumpulan data lainnya menjadi laporan keuangan, dan setelah selesai menjadi laporan keuangan akan diambil suatu keputusan dari laporan tersebut.

  22. Menurut saya PENGANTAR AKUNTANSI adalah sebuah sistem informasi yang menghasilkan informasi keuangan kepada pihak pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi atau perusahaan.

  23. Pengantar adalah proses pengenalan awal mengenai akuntansi, dimana Akuntansi dapat di artikan sebagai suatu kegiatan jasa yang melakukan proses pencatatan,penggolongan, pengolahan dan peringkasan aktivitas pengeluaran dan pemasukan laporan keuangan atau data transaksi keuangan untuk mengahasilkan laoran kauangan, Sehingga dapat memberikan informasi tentang kondisi ekonomi suatu bisnis dan hasil usahanya pada waktu periode tertentu.

  24. Menurut saya . Akuntansi adalah kata yang sering dikonotasikan dengan hal yang berbau angka, rumit, dan detail. Akuntansi juga dicampuradukkan dengan tata buku atau pembukuan. Definisi dari akuntansi sendiri secara mudah adalah Suatu sistem untuk mengumpulkan dan memproses, termasuk melakukan analisis, mengukur, dan mencatat, semua data keuangan dan transaksi keuangan.

  25. Menurut saya akuntansi adalah suatu proses kejadian untuk menghasilkan suatu informasi yang dimana akan berguna bagi perusahan atau pihak-pihak tertentu dan dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan.

  26. Dwi Riyanti 201411001 sesi 01 Menurut saya akuntansi adalah suatu proses kejadian untuk menghasilkan suatu informasi yang dimana akan berguna bagi perusahan atau pihak-pihak tertentu dan dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan.

  27. Menurut pendapat saya, akuntansi adalah proses pencatatan dan pengelompokan serta kegiatan untuk menyediakan informasi yang berbentuk laporan keuangan yg dipergunakan untuk menganalisis dalam mengambil keputusan agar menjadi keputusan yang tepat. Pengantar akuntansi ini sangat lah penting untuk dipelajari dan harus diapahami karena dengan kita bisa dan paham mengenai pengantar akuntansi akan membuat kita lebih mudah dalam memahami pelajaran akuntansi yang selanjutnya.

  28. Pengertian Akuntansi Secara umum Akuntansi adalah sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan. Sebagai proses : Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan dan penginterpretasian hasil proses tersebut.

  29. Pengertian sederhana dari akuntansi adalah suatu ilmu yang digunakan untuk mempelajari aktivitas pengeluaran dan pemasukan keuangan. Sedangkan pengertian akuntansi dalam artian luas adalah proses kegiatan jasa untuk mengolah data-data keuangan atau input yang nantinya akan menghasilkan informasi keuangan atau output dalam ukuran uang yang bermanfaat bagi beberapa pihak yang berkepentingan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.

  30. Pengertian Akuntansi Secara umum Akuntansi adalah sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan. Sebagai proses : Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan dan penginterpretasian hasil proses tersebut.

  31. Pengertian sederhana dari akuntansi adalah suatu ilmu yang digunakan untuk mempelajari aktivitas pengeluaran dan pemasukan keuangan. Sedangkan pengertian akuntansi dalam artian luas adalah proses kegiatan jasa untuk mengolah data-data keuangan atau input yang nantinya akan menghasilkan informasi keuangan atau output dalam ukuran uang yang bermanfaat bagi beberapa pihak yang berkepentingan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi

  32. Pengertian Akuntansi Secara umum Akuntansi adalah sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan. Sebagai proses : Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan dan penginterpretasian hasil proses tersebut.

  33. Pengertian dari pengantar akuntansi adalah kegiatan mencatat maupun mengolah data sehingga menjadi data yang akurat dalam bentuk laporan keuangan, sehingga mempermudah manajer untuk mengetahui keuangan yang dimiliki dalam perusahaannya dan dapat digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan.

  34. Menurut saya, pengantar akutansi adalah sistem informasi yang memberikan laporan pengeluaran dan pemasukan kepada perusahaan mengenai kegiatan transaksi keuangan dalam suatu perusahaan, melalui proses pencatatan dan penggolongan hasil transaksi keuangan tersebut.

  35. Menurut Saya Pengertian Akuntansi itu adalah proses kegiatan jasa untuk mengelolah data data keuangan pemasukan dan pengeluaran atau input yang nantinya akan menghasilkan informasi-informasi keuangan atau output dalam ukuran uang yang bermanfaat juga bagi beberapa pihak yang sangat berkepentingan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi .

  36. Akuntansi pada dasarnya merupakan bahasa bisnis, karena akuntansi menyediakan informasi-informasi yang diperlukan oleh pihak-pihak tertentu untuk pengambilan keputusan bisnis.
    Secara umum akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem informasi yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif dari suatu unit usaha atau perusahaan yang ditujukan untuk para pemakai sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Selain itu akuntansi dapat didefinisikan sebagai aktivitas jasa untuk mengukur, memproses dan mengomunikasikan informasi keuangan suatu organisasi untuk pengambilan keputusan bagi pihak-pihak yang memerlukan.
    Dari pengertian tersebut, maka akuntansi memiliki unsur-unsur pokok sebagai berikut :
    Pertama,. Sebagai suatu sistem informasi, artinya suatu rangkaian kegiatan yang melibatkan manusia, metode dan prosedur untuk menghasilkan informasi.
    Kedua Merupakan aktivitas jasa, yang meliputi proses pengukuran, pencatatan dan pengomunikasian
    Ketiga Proses tersebut dilakukan oleh suatu unit/organisasi tertentu
    Keempat Hasil Informasi digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pihak-pihak yang membutuhkan.

  37. Menurut saya akutansi adalah penjabaran pengukuran dan pemberian kepastian tentang informasi yg akan membantu investor , manager dan otoritas pajak dalam pembuat keputusan untuk membuat alokasi sumber daya dalam perusahaan , organisasi , dan lembaga pemerintahan ,akutansi adalah seni mengukur dan komunikasi aktivitas keuangan

  38. Menurut saya pengantar akutansi adalah proses kegiatan jasa untuk mengolah data-data keuangan atau input yang nantinya akan menghasilkan informasi keuangan atau output dalam ukuran uang yang bermanfaat bagi beberapa pihak yang berkepentingan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.

  39. Kalau menurut saya mengenai definisi dari akuntansi adalah suatu kegiatan atau kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang melakukan kegiatan akuntansi untuk mengingat dan mengerti beberapa kegiatan bertransaksi yang dapat digunakan dalam pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya mengenai keuangan dalam suatu usaha. Kegiatan atau kejadian itu sendiri berupa transaksi yang antara lain seperti mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data. Yang dapat dilakukan secara manual ataupun komputerisasi hingga secara perorangan atau berkelompok.

  40. Menurut saya pengantar akuntansi itu adalah sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan sebagai proses pencatatan , penggolongan, peringkasan transaksi keuangan dan penginterpretasian hasil proses tersebut.

  41. Menurut saya pengantar akutansi itu suatu proses seni pencatatan yang berisi data pengeluaran dan pemasukan suatu perusahan dari perusahaan jasa maupun perusahaan dagang

  42. Akutansi itu adalah penjabaran , pengukuran ,dan pemberian kepastian informasi yg akan membantu investor, manager,otoritas pajak membuat alokasi sumber daya keputusan perusahaan , lembaga pemerintah dan , organisasi dan akutansi adalah seni komunikasi dalam pengukuran dan komunikasi tentang keuangan

  43. Menurut saya Pengertian Akuntansi
    Secara umum
    Itu adalah sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak-pihak tertentu yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan
    Sebagai proses
    Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan dan penginterpretasian dari hasil proses tersebut.
    Transaksi Keuangan
    Transaksi Eksternal
    Transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan pihak luar
    ex.Penjualan barang, pelunasan utang
    Transaksi internal
    Transaksi yang terjadi dalam unit perusahaan
    ex.kegiatan produksi
    Transaksi Operasi
    berkaitan dengan kegiatan perusahaan dalam rangka menciptakan pendapatan
    Transaksi Modal
    semua transaksi yang berkaitan dengan pemerolehan dana untuk membiayai kegiatan.

  44. Pengertian akuntansi adalah cara mencatat, mengelompokkan dan menghitung serta melaporkan kegiatan keuangan dalam bentuk yang standar.

  45. Nani Rahayu 2014 31 143

    Pengertian akuntansi adalah cara mengelompokkan , dan menghitung serta melaporkan kegiatan keuangan dalam bentuk yang standar ( jika ada yang membaca mereka mengerti dan memahami).

  46. menurut saya Akuntansi adalah, penjabaran,pengukuran atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu, investor, manager, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam, organisasi,perusahaan, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan

  47. Kumpulan buku Akuntansi

    Akuntansi adalah penjabaran,pengukuran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manaj, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan

  48. Menurut pendapat saya Pengantar Akuntansi adalah sistem informasi mencatat & mengolah data transaksi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan dan digunakan sebagai pengambil keputusan.

  49. pengantar akutansi adalah suatu proses pencatatan, penghitungan, penghitungan laba dan rugi dan untuk laporan pembukuan.

  50. Menurut pendapat saya definisi akutansi adalah menghitung dan mempertanggung jawabkan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan suatu perusahaan kepada pemiliknya dalam bentuk sistem informasi yang menyediakan laporan mengenai aktivitas dan kondisi perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>