Arti Penting Persediaan dalam perusahaan.

Menurut Jusup Al Haryono (2005;184) menyatakan bahwa arti penting persediaan barang dagangan adalah :
“Persediaan barang dagangan adalah merupakan elemen aktiva yang sangat aktif dalam operasi perusahaan-perusahaan dagang, karena pembelian dan penjualan barang dagangan merupakan aktivitas atau transaksi yang paling sering terjadi. Persediaan barang dagangan pada umumnya dinilai pada harga terendah antara harga perolehan dan harga pasar atau nilai yang diharapkan dapat direalisasikan.”

inventory-control-3-728Persediaan pada umumnya dipisahkan berdasarkan pokok pikiran meliputi jenis barang yang cukup banyak dan merupakan bagian yang cukup berarti dari seluruh aktiva perusahaan. disamping itu, transaksi yang berhubungan dengan persediaan merupakan aktivitas yang paling sering terjadi.

Dalam laporan keuangan, persediaan merupakan hal yang sangat penting karena baik laporan laba rugi maupun neraca sebuah perusahaan dagang atau perusahaan industri, persediaan seringkali merupakan bagian yang terbesar dari keseluruhan aktiva ancar yang dimiliki perusahaan. Laporan laba rugi maupun neraca tidak akan dapat disusun tanpa mengetahui nilai persediaan. Kesalahan dalam penilaian persediaan akan langsung berakibat kesalahan dalam laporan laba rugi maupun neraca. Dalam perhitungan laba rugi nilai persediaan (awal dan akhir) mempengaruhi besarnya Hargga Pokok Penjualan (HPP).

inventory-importanceMenurut Soemarso S. R (2004;384)
menyatakan bahwa arti penting dari persediaan adalah: “Dalam laporan keuangan, persediaan barang dagang disajikan baik neraca maupun laba rugi. Persediaan barang dagang yang tercantum di neraca mencerminkan nilai barang dagang yang ada pada akuntansi.

Di laporan laba rugi, persediaan barang dagang muncul dalam harga pokok penjualan. Ada saling berhubungan antara persediaan di neraca dengan laporan laba rugi, bahkan ada saling berhubungan antara persediaan barang pada tahun berjalan dengan tahun tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang.

Dari adanya saling berhubungan, terlihat betapa pentingnya pos ini dalam menentukan laba (rugi) dalam posisi keuangan perusahaan, tidak saja terhadap tahun berjalan tetapi juga tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang. Kesalahan dalam menentukan nilai persediaan barang akan mempengaruhi tidak saja laporan laba rugi dan neraca tahun berjalan tetapi juga neraca dan laporan laba rugi tahun yang akan datang.”

10 thoughts on “Arti Penting Persediaan dalam perusahaan.

  1. Persediaan merupakan aktiva yang penting untuk kebanyakan bisnis dan bisnisnya berupa aktiva lancar terbesar dari perusahaan manufaktur dan pengecer (retail). Dalam iklim ekonomi yang kompetitif saat ini, metode akuntansi persediaan dan pratek manajemen telah menjadi alat perbaikan laba. Sistem persediaan yang lebih baik dapat meningkatkan profitabilitas, sementara sistem yang buruk dapat mengikis laba dan menjadi bisnis kurang kompetetif.

    Di banyak perusahaan, persediaan adalah bagian yang signifikan, tidak hanya aktiva lanacar, tetapi juga total aktiva. Meskipun banyak item-item persediaan secara relatif tampaknya tidak penting (misalnya, perangkat keras seperti baut dan sekrup ), namun secara keseluruhan mereka bisa memiliki nilai yang perlu dipertimbangankan, sehingga pengaman persediaan adalah sepenting menjaga kas. Kebutuhan untuk menyimpan dalam jumlah mencukupi barang-barang yang akan dijual ditambah lagi dengan kebutuhan untuk menghindari biaya kelebihan persediaan memperlihatkan pentingnya masalah perencanaa dan pengendaliaan oleh pihak manajemen.

  2. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Mengapa persediaan barang itu penting? Karena pada dasarnya persediaan yang memperlancar atau mempermudah jalannya perusahaan yang dilakukan secara terus menerus dalam proses produksi barang yang kemudian akan dijual. Dimana akan terjadi transaksi yaitu aktivitas yang sering dilakukan.
    Untuk Laporan Keuangan dalam persediaan barang sangat penting bagi perusahaan karena dengan adanya sebuah laporan keuangan perusahaan akan mengetahui seberapa besar dan seberapa kecil laba rugi yang telah di terima oleh perusahaan yang akan menjadi sebuah keputusan di masa yang akan datang. Laporan laba rugi ataupun neraca tidak akan dapat dilakukan atau disusun tanpa mengetahui nilai persediaan. Kesalahan dalam penilaian persediaan akan berakibat pada laporan laba rugi.

  3. Arti penting persediaan pada dasarnya persediaan mempermudah atau memperlancar jalannya operasi perusahaan yang harus dilakukan secara terus menerus dan berturut turut untuk memproduksi barang barang serta menyampaikan kepada pelanggan ..

    • persediaan bagi perusahaan :
      1. Menghilangkan resiko keterlambatan datangnya barang atau bahan bahan yang dibutuhkan perusahaan.
      2. menumpuk bahan yang dihasilkan secara musiman sehingga dapat digunakan apabila bahan itu sudah tidak ada dalam pasaran.
      3. mempertahankan stabilitas perusahaan
      4. mencapai penggunaan mesin yang optimal
      5. Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan

  4. Persediaan itu penting, karena bagian dari asset perusahaan, yang mempunyai tingkat mobilitas yang cukup tinggi. Persediaan diadakan untuk :
    * Mengantisipasi fluktuasi permintaan yang dapat diramalkan.
    * Mengantisipasi fluktuasi permintaan yang tidak dapat diramalkan.

    Sebagai faktor pendukung perusahaan yang sangat amat penting persediaan harus dikelola secara efektif dan efisien sehingga dapat menghasilkan persediaan yang optimal.

  5. Putri Wulandari (2014-11-033) sesi 01

    persediaan bagi perusahaan sangat penting karena mempermudah atau memperlancar jalannya operasi perusahaan yang harus dilakukan secara berturut-turut untuk memproduksi barang-barang serta menyampaikan kepada pelanggan.
    Persediaan bagi perusahaan, antara lain berguna untuk :
    1. Menghilangkan resiko keterlambatan datangnya barang atau bahan-bahan yang dibutuhkan perusahaan.
    dengan adanya persediaan yang mencukupi, apabila ada permintaan yang meningkat dari para konsumen, perusahaan masih tetap dapat melakukan operasi sebagaimana biasanya, karena persediaanya yang ada digudang masih bisa digunakan walau barang-barang yang untuk melakukan operasi mengalami keterlambatan, sehingga dengan adanya persediaan tidak akan menganggu jalannya operasi perusahaan.
    2. Menumpuk bahan-bahan yang dihasilkan secara musiman sehingga dapat digunakan bila bahan itu tidak ada dalam pasaran.
    karena apabila produk yang dihasilkan perusahaan tersebut adalah produk musiman, tentu permintaannya terjadi sesuai dengan musimnya, sehingga jika musimnya tiba, dan para pesaing kita dan kita tidak dapat memenuhi pasar, maka kita dapat menutupi permintaan pasar dengan persediaan yang ada didalam perusahaan kita, sehingga kita dapat memnuhi permintaan pasar.
    3. Mempertahankan stabilitas atau kelancaran operasi perusahaan.
    4. Mencapai penggunaan mesin yang optimal.
    proses-proses produksi yang menggunakan mesin, dapat dijalankan secara optimal, karena dengan adanya persediaan, maka proses mesin-mesin dapat digunakan secara terus –menerus dan bergantian, sehingga biaya untuk pemeliharaan mesin dapat ditekan, dan mesin dapat digunkan secara optimal untuk menghasilkan produk.
    5. Memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya.
    apabila permintaan yang berlebih dari para pelanggan, maka perusahaan kita dapat menutupi permintaan tersebut dengan persediaan yang tersedia digudang, sehingga para pelanggan akan merasa dihargai karena kita selalu memenuhi permintaan yang mereka butuhkan, sehingga kita dapat membuat mereka loyal pada perusahaan kita.
    6. Membuat produksi tidak perlu sesuai dengan pengunaan atau penjualannya.

  6. Sependapat dengan artikel diatas bahwa persediaan hal yang penting dari bagian yang terbesar dari keseluruhan aktiva ancar yang dimiliki perusahaan. Laporan laba rugi maupun neraca tidak akan dapat disusun tanpa mengetahui nilai persediaan. Kesalahan dalam penilaian persediaan akan langsung berakibat kesalahan dalam laporan laba rugi maupun neraca.

  7. Yang saya tahu tentang persediaan barang dagang bahwa persediaan merupakan aktiva yang penting untuk kebanyakan bisnis dan bisnisnya berupa aktiva lancar terbesar dari perusahaan manufaktur dan pengecer (retail). Dalam iklim ekonomi yang kompetitif saat ini, metode akuntansi persediaan dan pratek manajemen telah menjadi alat perbaikan laba. Sistem persediaan yang lebih baik dapat meningkatkan profitabilitas, sementara sistem yang buruk dapat mengikis laba dan menjadi bisnis kurang kompetetif.

  8. arti penting dari persediaan dalam perusahaan itu merupakan salah satu unsur yang paling aktif dalam operasi perusahaan yang secara berlanjut diperoleh atau diproduksi maupun dijual.

  9. Persediaan merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan karena, tanpa adanya persediaan barang dagangan, perusahaan akan menghadapi resiko dimana pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan dari para konsumennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>