Mencatat Ongkos Angkut atas Persediaan.

Ada 2(dua) istilah yang dikenal dalam proses pengiriman barang, baik pada saat dibeli maupun dijual, kedua istilah tersebut adalah:FOB

  • Free On Board Destination (F.O.B. Destination).
  • Ongkos angkut atas pengiriman barang ditanggung oleh PENJUAL.
  • Free On Board Shipping Point (F.O.B. Shipping Point).
    Ongkos angkut atas pengiriman barang ditanggung oleh PEMBELI.
    Dibawah ini disajikan contoh pencatatan ongkos angkut, baik untuk metode periodic maupun perpetual.contoh-jurnal-perpetual-periodik

4 thoughts on “Mencatat Ongkos Angkut atas Persediaan.

  1. Dalam pencatatan perpetual, potongan pembelian mengurangi nilai persediaan dan biaya angkut pembelian(freight-in) menambah nilai persediaan karena akuntansi menganut prinsip historical cost, dimana nilai persediaan dicatat sebesar harga perolehannya (dalam hal ini harga beli ditambah biaya angkut dan dikurangi dengan potongan pembeliannya). Sedangkan potongan penjualan tidak mengurangi nilai persediaan karena persediaan yang dijual sudah berpindah hak milik ke pembeli. Dengan demikian, jika ada potongan, sudah bukan menjadi hak penjual sehingga potongan penjualan tidak akan mempengaruhi nilai persediaan.
    -FOB shipping point
    barang berpindah hak milik setelah barang berada di atas alat angkut pengiriman
    biaya angkut menjadi tanggung jawab pembeli.
    -FOB destination point
    barang berpindah hal milik di tempat tujuan pembeli biaya angkut menjadi tanggung jawab penjual

  2. Barang dagangan yang diserahkan kepada pembeli atau konsumen dapat dilakukan dengan syarat-syarat sebagai berikut:
    a. FOB Shipping Point (franco gudang penjual), artinya beban angkut barang sejak dari gudang penjualan sampai dengan gudang pembelian menjadi tanggungjawab pembeli.
    b. FOB Destination Point (franco gudang pembeli), artinya beban angkutan barang sejak dari gudang sampai dengan gudang pembeli menjadi tanggungjawab penjual.

    Sedangkan syarat pembayaran barang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    a. Tunai atau kontan, artinya pembayaran dilakukan saat terjadi transaksi.
    b. n/30, artinya pembayaran dilakukan paling lambat 30 hari setelah terjadinya transaksi.
    c. n/EOM (End of Month), artinya pembayaran dilakukan paling lambat akhir bulan.
    d. n/10 EOM, artinya pembayaran dilakukan paling lambat 10 hari setelah akhir bulan.
    e. 2/10,n/30 artinya bila pembayaran dilakukan dalam waktu 10 hari atau kurang setelah tanggal transaksi, terdapat potongan 2%, jangka waktu kredit 30 hari.

  3. Sama seperti apa yang telah dijelaskan pada artikel diatas bahwa terdapat 2 proses pengiriman barang ketika pada saat di beli maupun pada saat di jual, yaitu
    a) Free On Board Destination (F.O.B. Destination) yaitu biaya ongkos angkut atas pengiriman barang ditanggung oleh si penjual.
    b) Free On Board Shipping Point (F.O.B. Shipping Point) yaitu biaya ongkos angkut atas pengiriman barang ditanggung oleh si pembeli.

  4. Transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli pada saat melakukan transaksi terikat syarat jual beli. Salah satu syarat yang harus disepakati oleh penjual dan pembeli yakni syarat penyerahan barang. Syarat penyerahan barang merupakan syarat jual beli yang menentukan pihak mana yang akan menanggung (membayar) biaya angkut barang. Syarat ini terdiri dari antara lain :

    a. FoB Destination Point

    Beban Angkut barang mulai dari gudang penjual sampai gudang pembeli menjadi tanggungan penjual.

    b. FoB Shipping Point

    Biaya pengiriman barang mulai dari gudang penjual sampai gudang pembeli menjadi tanggungan Pembeli.

    c. Cost Insurance and Freight

    Biaya Pengiriman barang mulai dari gudang penjual sampai gudang pembeli serta premi asuransi menjadi tanggungan pihak penjual.

    Apabila dalam syarat jual beli, syarat penyerahan barang menggunakan FoB Shipping Point, maka biaya yang dikeluarkan oleh pembeli untuk pengiriman barang mulai dari gudang penjual sampai ke gudang pembeli akan dicatat pada perkiraan Beban Angkut Pembelian (Debet) dan Kas (Kredit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>