Pengertian Persediaan

Pengertian persediaan menurut Syakur (2009;125) sebagai berikut :
“Persediaan meliputi segala macam barang yang menjadi objek pokok aktivitas perusahaan yang tersedia untuk di olah dalam proses produksi atau di jual”.

merchandise-inventoryPengertian persediaan menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2011;14.5),
persediaan diartikan sebagai berikut :
Persediaan adalah aset :
a. Tersedia untuk di jual dalam kegiatan usaha biasa
b. Dalam proses produksi untuk penjualan tersebut; atau
c. Dalam bentuk bahan atau perlengkapan untuk di gunakan dalam proses produksi atau pemberian jasa.

Persedian menurut Kieso, Weygant dan Warfield (2007;402) pengertian persediaan adalah :
Inventory are asset items held for sale in the ordinary course of business or goods that will be used or consumed in the production of goods to be sold.”
Kutipan di atas jika diterjemahkan adalah :
“Persediaan adalah pos-pos aktiva yang dimiliki oleh perusahaan untuk di jual dalam operasi bisnis normal, atau barang yang akan di gunakan atau di konsumsi dalam membuat barang yang akan di jual”.

Berdasarkan definisi tersebut diatas dapat diartikan bahwa persediaan adalah unsur yang paling aktif dalam operasi perusahaan yang dilakukan secara terus menerus di produksi.

13 thoughts on “Pengertian Persediaan

  1. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Persediaan adalah operasi perusahaan yang paling lancar atau aktif yang dilakukan secara terus menerus. Perusahaan menyediakan bahan-bahan yang akan diolah untuk proses produksi kemudian perusahaan akan melakukan proses penjualan barang tersebut.

  2. Pengertian Persediaan Dalam Akuntansi
    Persediaan adalah bagian utama dalam neraca dan seringkali merupakan perkiraan yang nilainya cukup besar yang melibatkan modal kerja yang besar. Tanpa adanya persediaan barang dagangan, perusahaan akan menghadapi resiko dimana pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan dari para pelanggannya. Tentu saja kenyataan ini dapat berakibat buruk bagi perusahaan, karena secara tidak langsung perusahaan menjadi kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang seharusnya didapatkan.

    Menurut (standar akuntansi keuangan, 1999) pengertian persediaan adalah aktiva:
    1. yang tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha normal;
    2. dalam proses produksi dan atau dalam perjalanan; atau
    3. dalam bentuk bagan atau perlengkapan (supplies) untuk digunakan dalam proses produksi atau pemberian jasa

  3. Persediaan adalah : pos pos aktiva yang dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk dijual dalam operasi bisnis normal atau suatu barang yang akan dikonsumsi atau dipergunakan dalam membuat suatu barang yang akan dijual . . biasanya mempunyai posisi yang cukup penting dalam suatu perusahaan , baik itu di perusahaan dagang maupun di perusahaan industri.

  4. Menurut saya, Persediaan adalah barang yang disimpan dalam gudang dimana barang tersebut menunggu untuk diproduksi sebagai barang jadi agar dapat dijual kepada konsumen pada periode yang akan datang.

  5. pendapat saya mengenai persediaaan barang dagang adalah bahwa dii dalam suatu dunia industri perdagangan dan distribusi, barang dijadikan sebagai unsur utama yang diniagakan mulai pembelian hingga penjualan.
    Barang dalam industri perdagang adalah Barang yang digunakan dalam bidang usaha ini dibeli dari pemasok, disimpan, dan kemudian dijual kepada pelanggan tanpa adanya perubahan komposisi atas barang yang dimaksud.
    pencatatan persediaan memiliki 2 cara yaitu sistem perputual dan sistem periodik

  6. Jadi, persediaan itu adalah suatu aset lancar yang bentuk barang atau perlengkapan yang dimaksudkan untuk mendukung suatu kegiatan operasional pemerintah, dan barang-barang yang digunakan untuk dijual atau diserahkan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

  7. Sama seperti yang tertera pada artikel diatas. Bahwa persedian merupakan jumlah barang dagang yang tersedia untuk dijual pada saat tertentu.

  8. Menurut persepsi saya persedian adalah benda berupa barang nyata yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam mengantisipasi permintaan yang melonjak. Lebih khususnya condong ke perusahaan dagang . Unsur utama ini harus diperhatikan secara rutin untuk mengkondisikan perusahaan lebih stabil . Beberapa perusahaan memiliki konsep atau cara pencatatan persediaan ada 2 yaitu sistem perpetual dan sistem periodik.

  9. Menurut persepsi saya persedian adalah benda berupa barang nyata yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam mengantisipasi permintaan yang melonjak. Lebih khususnya condong ke perusahaan dagang . Unsur utama ini harus diperhatikan secara rutin untuk mengkondisikan perusahaan lebih stabil . Beberapa perusahaan memiliki konsep atau cara pencatatan persediaan ada 2 yaitu sistem perpetual dan sistem periodik.Reply ↓

  10. Menurut saya Persediaan itu adalah termasuk bagian utama dalam neraca dan seringkali merupakan perkiraan yang nilainya cukup besar yang melibatkan modal kerja yang besar. Tanpa adanya persediaan barang dagangan, perusahaan akan menghadapi resiko dimana pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan dari para pelanggannya. Tentu saja kenyataan ini dapat berakibat buruk bagi perusahaan, karena secara tidak langsung perusahaan menjadi kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang seharusnya didapatkan. Jadi, persediaan barang dagang menjadi sangat penting karena untuk mengantisipasi kerugian dalam suatu perusahaan dagang.

  11. Putri Wulandari (2014-11-033) sesi 01

    dalam perusahaan dagang, persediaan adalah benda yang di beli ataupun di buat apabila adanya permintaan konsumen yang tinggi ataupun pembelian yang banyak, sehingga perusahaan tidak kehilangan keuntungan dari konsumen (pendapatan).

  12. persediaan itu adalah barang yang disimpan dan kemudian untuk siap dijual pada waktu tertentu.

  13. persediaan yaitu sebagai suatu aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode waktu tertentu atau persediaan barang-barang yang masih dalam pengerjaan atau proses produksi, ataupun persediaan bahan baku yang menunggu penggunaannya dalam suatu proses produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>