Sifat Persediaan

Persediaan merupakan unsur aktiva yang bersifat mudah diuangkan atau bernilai tinggi. Investasi dalam persediaan biasanya merupakan aktiva lancar paling besar dari perusahaan dagang dan manufaktur.
inventoryPada perusahaan dagang persediaannya adalah barang dagangan(Merchandise Inventory).
Pada perusahaan manufaktur yang termasuk persediaan adalah barang-barang yang akan digunakan untuk proses produksi selanjutnya.

10 thoughts on “Sifat Persediaan

  1. Persediaan mempunyai sifat–sifat sebagai berikut :
    a. Persediaan biasanya merupakan sebagai aktiva lancar (Current Asset) karena masa perputarannya hanya kurang atau sama dengan satu tahun saja.
    b. Persediaan merupakan jumlah yang besar terutama untuk perusahaan yang mengelola persediaan dari bahan baku menjadi barang jadi.
    c. Mempunyai pengaruh yang besar terhadap neraca dan perhitungan laba rugi bagi perusahaan selain itu juga sangat menentukan perusahaan pada akhir periode akuntansi.

  2. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Sifat Persediaan merupakan unsur penting untuk perusahaan dalam operasi bisnis karena persediaan merupakan aktiva yang dimiliki oleh perusahaan untuk dijual. Baik untuk perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur.

  3. Sifat sifat persediaan diantaranya :
    – merupakan aktiva lancar dengan perputaran kurang dari 1 tahun
    -merupakan jumlah yang besar dan memiliki pengaruh yang besar pulaterhadap perubahan neraca dan laba rugi perusahaan .

  4. Sifat-sifat persediaan yaitu:
    a.) Persediaan biasanya sebagai aktiva lancar karena masa perputarannya hanya kurang atau sama dengan satu tahun saja.
    b.) Persediaan merupakan jumlah yang besar terutama untuk perusahaan yang mengelola persediaan dari bahan baku menjadi barang jadi.
    c.) Mempunyai pengaruh besar terhadap neraca dan perhitungan laba rugi bagi perusahaan selain itu juga menentukan perusahaan pada akhir periode akuntansi.

  5. Sifat-sifat persediaan diantaranya;
    1. merupakan aktiva lancar dengan perputaran < 1 tahun,
    2. merupakan jumlah yang besar dan memiliki pengaruh besar terhadap perubahan neraca dan laporan laba rugi.
    3. Memperhatikan sifat persediaan maka pada akhir periode akuntansi selalu dilakukan pemeriksaan persedian dengan tujuan mencocokkan pencatatan dengan jumlah barang digudang, kegiatan ini kita kenal dengan istilah STOCK OPNAME.

  6. Putri Wulandari (2014-11-033) sesi 01

    sifat persediaan :
    1. Persediaan biasanya merupakan sebagai aktiva lancar (Current Asset) karena masa perputarannya hanya kurang atau sama dengan satu tahun.
    2. Persediaan merupakan jumlah yang besar terutama untuk perusahaan yang mengelola persediaan dari bahan baku menjadi barang jadi.
    3. Mempunyai pengaruh yang besar terhadap neraca dan perhitungan laba rugi bagi perusahaan selain itu juga sangat menentukan perusahaan pada akhir periode akuntansi (stok)

  7. Yang tertera diatas bahwa sifat persediaan merupakan aktiva lancar dengan perputaran kurang dari satu tahun, dan merupakan jumlah yang besar dan memiliki pengaruh besar terhadap perubahan neraca dan laporan laba rugi.

  8. dari materi diatas, sifat-sifat persediaan diantaranya; biasanya merupakan aktiva lancar dengan perputaran < 1 tahun, merupakan jumlah yang besar dan memiliki pengaruh besar terhadap perubahan neraca dan laporan laba rugi. Memperhatikan sifat persediaan maka pada akhir periode akuntansi selalu dilakukan pemeriksaan persedian dengan tujuan mencocokkan pencatatan dengan jumlah barang digudang.

  9. Sifat persediaan itu mudah di uangkan dan bernilai tinggi pada persediaan yang unsurnya aktiva.

  10. Sifat persediaan sebagai berikut:
    a. Merupakan aktiva lancar(current assets) karena masa perputarannya biasanya kurang atau sama dengan satu tahun.
    b. Merupakan jumlah yang besar, terutama dalam perusahaan dagang dan industri.
    c. Mempunyai pengaruh yang besar terhadap neraca dan perhitungan laba rugi, karena kesalahan dalam menentukan persediaan pada akhir periode akan mengakibatkan kesalahan dalam jumlah aktiva lancar dan total aktiva, harga pokok penjualan, laba kotor dan laba bersih, taksiran pajak penghasilan, pembagian dividen dan laba rugi ditahan, kesalahan tersebut akan terbawa ke laporan keuangan periode berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>