PUSAT PERTANGGUNGJAWABAN

pst-pertanggungjawaban

 

  • Pusat pertanggungjawaban adalah organisasi yang dipimpin oleh seorang manajer yang bertanggungjawab terhadap aktivitas yang dilakukan.
  • Fungsi pusat pertanggungjawaban adalah sebagai sebuah unit yang mengimplementasikan strategi tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Pusat pertanggungjawaban memperoleh input yang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan (aktivitas)-nya dan menghasilkan output.
  • Output suatu pusat pertanggungjawaban juga bisa menjadi input untuk pusat pertanggungjawaban yang lain.
  • Manajer pusat pertanggungjawaban bertanggungjawab untuk memastikan hubungan optimal antara input dengan output.
  • Hubungan antara input dan output ada yang bersifat timbal balik dan langsung, tetapi ada juga yang bersifat tidak langsung.
  • Mengukur input biasanya lebih mudah karena terdapat ukuran-ukuran fisik yang jelas (nilai moneter, jumlah tertentu, dlsb).
  • Mengukur output lebih sulit dilakukan, karena terkadang tidak terdapat ukuran fisik dan hubungan dengan input yang jelas, sehingga dibutuhkan angka-angka pengganti (surrogate numbers).

Kinerja pusat pertanggungjawaban diukur dengan dua kriteria yaitu efisiensi dan efektivitas.effecient-effective

  • Efisiensi merupakan rasio (perbandingan) antara input dengan output.
  • Efektivitas merupakan rasio (perbandingan) antara output yang dihasilkan dengan tujuannya.

20 thoughts on “PUSAT PERTANGGUNGJAWABAN

  1. Menurut saya pusat pertanggungjawaban merupakan struktur dari pengendalian manajemen yang dimana menunjukkan adanya wewenang tanggungjawab pada unit tertentu sesuai dengan strategi tertentu. Pusat pertnggungjawaban juga diukur dengan adanya input dan output yang dimana output ini pun akan menghasilkan outcome bagi setiap unit tertentu.

  2. Helda Halimathul Sya’diah ( 2012-12-143)
    Menurut saya pusat pertanggungjawaban merupakan alat untuk melaksanakan strategi dan program-program yang telah di seleksi melalui proses perencanaan strategi, sehingga pengendalian manajemen berfokus pada pusat pertanggungjawaban. Dan selain itu pusat pertanggungjawaban dalam suatu organisasi dapat di ukur input outputnya, yang pada akhirnya suatu output akan menghasilkan outcome untuk unit-unit tertentu. Dengan kata lain pusat pertanggungjawaban bertugas untuk melaksanakan progam dan aktivitas tertentu, sehingga tujuan umum suatu organisasi dapat dicapai.

  3. Helda Halimathul Sya’diah ( 2012-12-143) 

    Menurut saya pusat pertanggungjawaban merupakan alat untuk melaksanakan strategi dan program-program yang telah di seleksi melalui proses perencanaan strategi, sehingga pengendalian manajemen berfokus pada pusat pertanggungjawaban. Dan selain itu pusat pertanggungjawaban dalam suatu organisasi dapat di ukur input outputnya, yang pada akhirnya suatu output akan menghasilkan outcome untuk unit-unit tertentu. Dengan kata lain pusat pertanggungjawaban bertugas untuk melaksanakan progam dan aktivitas tertentu, sehingga tujuan umum suatu organisasi dapat dicapai.

  4. Pusat pertanggungjawaban merupakan alat bagi setiap unit dalam suatu perusahaan untuk mengimplementasikan strategi tertentu yg digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pusat pertanggungjawaban mempunyai input yg akan digunakan untuk kegiatan perusahaan menghasilkan output, then output tersebut akan menghasilkan outcome. Output dari satu unit perusahaan juga dapat merupakan input bagi unit unit lainnya.

  5. Nama : Tursina Andriani
    Nim : 2012-12-001

    Menurut saya pusat pertanggungjawaban adalah sebuah pengendalian yang dilakukan oleh suatu unit organisasi dalam mempertanggungjawabkan aktivitas dari unit tersebut. Dan unit tersebut harus menciptakan hubungan yang optimal antara sumber daya input yang digunakan dengan output yang dihasilkan, sehingga akan mudah untuk menilai sebuah kinerja suatu unit dalam pencapaian tujuan perusahaan.

  6. Dewi Fatma Sari (2012-12-198)

    menurut saya, pusat pertanggungjawaban merupakan suatu strategi organisasi yang memberikan wewenang dan tanggung jawab kepada sub unit organisasi atas aktivitas yang berjalan pada masingn-masing unit tsb. Pusat pertanggungjawaban dapat diukur melalui input dan outputnya. Antara unit pertanggungjawaban satu dengan lainnya saling berkaitan, bisa secara langsung ataupun tidak langsung. misalya, output dari unit A merupakan output dari unit B.

  7. Nama : Yunitasari
    Nim : 201212161

    Menurut saya Pusat pertanggungjawaban merupakan alat bagi suatu organisasi untuk menilai kinerja apakah manajer dari setiap pusat pertanggungjawaban menjalankan wewenang dan tugas yang diberikan dalam unit organisasi yang dipimpinnya. Dan dalam suatu organisasi terdapat pusat-pusat pertanggungjawaban yang mana akan menciptakan hubungan antara sumber daya input yang digunakan dengan output yang dihasilkan. Dan output dari pusat pertanggungjawaban bisa menjadi input pusat pertanggungjawaban lainnya.

  8. Ririan Tri Novalia
    2012-12-160
    Menurut saya, pusat pertanggungjawaban adalah sebuah sistem yang dapat diukur input dan outputnya. Dalam organisasi setiap unit dapat disebut pusat pertanggungjawaban dan setiap pusat pertanggungjawaban harus dikendalikan.

  9. Pusat pertanggungjawaban pada suatu kegiatan usaha sangat bermanfaat. Karena dapat mempermudah dalam melakukan pengendalian pada setiap kegiatan unit usaha seperti pengendalian anggaran dan kinerja agar kegiatan usaha dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu, menurut saya pusat pertanggungjawaban dapat dijadikan sebagai dasar dalam melakukan perencanaan pada kegiatan usaha dan dapat mempermudah perusahaan untuk mencapai tujuan.

  10. Dimas Achmadi (2012 12 186)
    Menurut saya pusat pertanggungjawaban adalah unit-unit yang tersetruktur yang terdapat dalam sebuah organisasi yang memliki tanggung jawab atas aktivitas yang dilakukan yang berkaitan dengan implementasi strategi untuk mencapai tujuan perusahaan serta menciptakan output dari input yang diterima bagi tiap pusat pertanggungjawaban yang dapat diukur. Sehingga output yang dihasilkan dari suatu pusat pertanggungjawaban dapat menjadi input bagi pusat pertanggungjawaban lainnya

  11. Riska Gusviani
    2012-12-190

    Menurut saya pusat pertanggung jawaban adalah sistem untuk memberikan pertanggung jawaban atas kegiatan yang dilakukan oleh suatu unit. Biasanya pertanggung jawaban ini dipegang oleh bagian-bagian kepala unit yang memepertanggung jawabkan atas segala sesuatu yang dilakukan oleh bawahannya disetiap bagian, baik mulai dari input sampai menjadi output semua dipertanggung jawabkan. Fungsinya agar semua unit dapat melaksanakan segala kegiatan dengan terstruktur dan dapat dipertanggung jawabkan semuanya, agar dapat tercapainya sasaran dengan satu tujuan perusahaan itu sendiri.

  12. Menurut saya pusat pertanggung jawaban adalah suatu unit yang digunakan oleh perusahaan untuk mengimplementasikan seluruh kegiatan perusahaan,untuk memperoleh input dan output perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan

  13. Menurut saya pusat pertanggungjawaban adalah bentuk dari struktur organisasi karena di dalam setiap unit organisasi harus mempunyai pusat pertanggungjawaban yang dapat mengukur input outputnya dengan cara membuat visi misi, lalu merencanakan strategi, merencanakan operasional serta terbentuknya job describe.

  14. Menurut pendapat saya, setiap organisasi memiliki strukturnya masing-masing untuk mencapai apa yang menjadi tujuannya dimana setiap struktur tersebut memiliki suatu unit yang betugas memimpin, mendistribusikan kegiatan, mengontrol kegiatan unitnya, serta melakukan evaluasi atas kegiatan yang telah dilakukannya sebagai bentuk tanggung jawab moral atas apa yang telah menjadi tugasnya dalam suatu organisasi. Dengan demikian, unit tersebut (pusat pertanggungjawaban) dapat menjamin korelasi antara input dengan output tetap berjalan dengan optimal sehingga nilai outcome bagi organisasi tersebut juga diharapkan dapat lebih optimal.

  15. Mpusat pertanggung jawaban merupakan merupakan suatu unit dimanana memepertanggungjawabkan segala strategi yang sudah ditentukan dan diimplementasikan agar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan. Mengolah input sehingga dapat menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan dan dipertanggung jawabkan

  16. Menurut saya pusat pertanggungjawaban merupakan suatu bagian dari perusahaan yang mana merealisasikan berbagai strategi yang direncanakan. Mengolah input dan menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan perusahaan dan dapat dipertanggungjawabkan

  17. Pusat pertanggungjawaban adalah organisasi yang dipimpin oleh seorang manajer yang bertanggungjawab terhadap aktivitas yang dilakukan tujuannya untuk mencapai tujuan perusahaan dengan memperoleh input yg baik sehingga proses nya berjalan baik dengan mengeluarkan output yang baik juga, dan output yang ada disebagian perusahaan adalah input untuk bagian selanjutnya contohnya untuk merakit mobil dibutuhkan beberapa pekerja untuk yang ahli memasang ban mobil, spion mobil dll

  18. Pusat pertanggungjawaban adalah unit organisasi yang melakukan kegiatan mengolah input menjadi output yang diprtanggung jawabkan oleh seorang pimpinan yang pada dasarnya untuk mencapat tujuan tertentu baik sasaran tunggal ataupun sasaran majemuk atau suatu obyektif yang harus dicapai.

  19. Pusat pertanggungjawaban adalah unit organisasi yang melakukan kegiatan mengolah input menjadi output yang diprtanggung jawabkan oleh seorang pimpinan yang pada dasarnya untuk mencapat tujuan tertentu baik sasaran tunggal ataupun sasaran majemuk atau suatu obyektif yang harus dicapai..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>