Perubahan sosial menurut Heribertus Edwin Kasiwali Nim : 2014-11-089

Perubahan sosial sendiri terdiri dari dua kata yaitu perubahan dan sosial. Perubahan adalah suatu perpindahan dari satu titik ke titik lainnya dan Pengertian sosial adalah menyangkut individu,kelompok dalam suatu masyarakat.

L_social_change_logo_2Jadi pengertian Perubahan sosial adalah Suatu perpindahan yang terjadi dari satu titik ke titik lainnya yang terjadi didalam lingkungan masyarakat. Perpindahan itu bisa berupa aturan-aturan atau norma-norma,struktur-struktur masyarakat, pola pikir masyarakat yang bisa berubah-ubah dan sebagainya.

Perubahan sosial itu bisa mencakup aspek yang besar sampai aspek yang terkecil. Perubahan sosial dan perubahan budaya merupakan dua konsep yang berbeda, tapi saling berkaitan. Dimana perubahan sosial mengacu pada perubahan struktur sosial dan hubungan sosial di masyarakat sedangkan perubahan budaya mengacu pada perubahan segi budaya di masyarakat.

Tetapi perubahan pada hubungan sosial akan menimbulkan pula perubahan pada aspek nilai dan norma yang merupakan bagian dari perubahan budaya. Perubahan sosial bisa disebabkan oleh faktor internal(faktor dari dalam),contohnya ada aturan atau norma yang sudah tidak bisa menopang atau tidak bisa lagi dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat,tentu akan digantikan dengan aturan baru yang dapat bisa dijalankan dan bisa menopang kehidupan masyarakat dan faktor eksternal(faktor dari luar) contohnya masuknya pengaruh asing misalnya dari kebudayaan barat yang bisa merubah cara pandang, misalnya dalam hal berpakian,tentunya itu bagian dari globalisasi yang terjadi yang bisa merubah masyarakat.

Dalam perubahan sosial terdapat juga faktor pendukung dan faktor penghambat dari proses perubahan sosial, faktor pendukung itu antara lain kontak dengan kebudayaan lain, sistem masyarakat yang terbuka, penduduk yang heterogen serta masyarakat yang berorientasi ke masa depan, dan faktor penghambatnya antara lain sistem masyarakat yang tertutup,vested interest, prasangka terhadap hal yang baru.

Perubahan sosial dalam masyarakat dapat dibedakan juga dalam hal perubahan cepat dan lambat, perubahan kecil dan besar serta perubahan direncanakan dan tidak direncanakan. Contoh perubahan sosial misalnya pergantian pemimpin dalam suatu negara,tentunya akan terjadi perubahan gaya kepemimpinan dalam suatu negara,yang juga bisa merubah pola pikir masyarakat dalam negara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>