Kebudayaan berdasarkan coretan Fridawati Ayu Andani Nim : 201411231

Kebudayaan adalah suatu hasil buah pikiran individu atau manusia yang dihasilkan dari kegiatan yang terjadi di lingkungan sekitar untuk mempertahankan hidup. Karena dengan adanya tujuan untuk mempertahankan hidup, manusia dituntut untuk berpikir dan menghasilkan ide-ide baru untuk menciptakan sesuatu agar kehidupan manusia dapat terpenuhi.
Aspects-of-Culture-Beyond-Language-infograph-869x1024Budaya juga berasal dar bahasa ‘Culture’ yang artinya pertanian atau bercocok tanam atau berkebun. Jadi budaya itu tidak hanya sekedar hal yang berbau kesenian, tetapi budaya juga berarti apa yang ada atau timbul disekitar kita dan kita menjadikannya suatu kebiasaan untuk bisa bertahan hidup seiring perkembangan zaman.

Budaya itu dibedakan atas dua sudut pandang yaitu :
1. Menurut Max , ia melihat dari satu sisi yang memungkinkan untuk terjadinya percabangan antara tujuan yang satu dengan tujuan yang lain. Misal : ada sehelai benang, ia berpikir bagaimana caranya agar benang itu menjadi sesuatu yg lebih berharga seperti dijadikan baju atau kerajinan lainnya.

2. Menurut Weber, ia melihat dari satu tujuan yang kemudian ia menelaah bagaiman cara atau proses suatu barang itu terjadi, maka ia mengamatinya satu demi proses yang dilakukan untuk membuat suatu barang tersebut, Contoh : Misal ada kue cubit, disitu ia melihat bagaiman cara membuat kue cubit ini, dan bagaimana alat atau bahan yang digunakan untuk membuat kue ini lalu ia carilah bahan bahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>