Perubahan Sosial menurut Ria Monika Munthe – 201411107

L_social_change_logo_2Perubahan Sosial terdiri dari dua kata yaitu perubahan dan sosial, dimana perubahan adalah pergerakan atau pergeseran dari satu titik ke titik lain sementara sosial adalah hal yang meliputi lingkungan, budaya, nilai dalam masyarakat. Jadi dapat diartikan perubahan sosial itu adalah pergeseran nilai dan budaya di lingkungan masyarakat yang dapat dilihat secara nyata dan berpengaruh dalam pola kehidupan masyarakat tersebut.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial dapat dibedakan menjadi :
1. Faktor Internal, yaitu faktor yang berasal dari masyarakat itu sendiri
Contohnya : Pemberontakan yang dapat menyebabkan perubahan besar dalam masyarakat seperti pada saat perpindahan dari orde lama ke orde baru, dimana terjadi perubahan di Indonesia dari segala aspek yang disebabkan oleh masyarakt itu sendiri.

2. Faktor Eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar masyarakat
Contohnya : Bencana alam seperti banjir yang menyebabkan perubahan perilaku yang mungkin tadinya perilaku seseorang dalam masyarakat cuek tetapi karena terjadinya bencana alam membuat masyarakat tersebut jadinya saling bekerja sama menghadapi bencana tersebut.

Dalam masyarakat, perubahan sosial bisa terjadi secara cepat maupun lambat, direncanakan atau tidak contohnya adalah perkembangan teknologi yang semakin maju dimana saat ini telah memasuki era digital dan internet, maka masyarakat juga secara tidak disadari yang menerima perubahan tersebut juga ikut mengalami perubahan sosial yang tercermin dalam cara berkomunikasinya, berinteraksi dengan orang lain, bekerja, dan lain-lain. Dan apapun bentuk perubahan yang terjadi semuanya memiliki dampak baik positif maupun negatif, tinggal tergantung dari kita dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>