Perubahan Sosial menurut SISCA 2014-11-297.

  • Perubahan sosial adalah Proses bergeser / bergeraknya suatu keadaan, kondisi, norma, atau tradisi dari satu sisi ke sisi yang lain baik ke sisi positif maupun negatif. Perubahan sosial akan terus berlangsung selama manusia ada (siklus perubahan sosial)
  • Faktor pendukung : Adanya kemauan dari masyarakat untuk dapat bergerak maju baik dari segi teknologi, pendidikan, kebudayaan.
  • Faktor penghambat : Terdapat dalam diri manusia itu sendiri yang kadang tidak dapat menerima masukkan / kritikan dari pihak lain, masih memegah teguh tradisi kuno / tradisional dan selalu menaruh curiga / prasangka terhadap hal-hal baru.

L_social_change_logo_2Contoh perubahan sosial :

  • Masyarakat dahulu selalu menggangap banyak anak banyak rejeki, namun sekarang mereka menggangap hal tersebut akan sangat memberatkan kehidupan ekonomi dan memilih mengikuti program KB dari pemerintah.
  • Perubahan mode pakaian, seringkali kita melihat model pakaian yang terbaru justru merupakan tiruan atau pengulangan model pakaian zaman dahulu (kini disebut vintage)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>