Teori Motivasi Kontemporer

Menurut Alderfer manusia memiliki tiga kebutuhan, yaitu kebutuhan teras (existence), keterhubungan (reladness), dan pertumbuhan (growth).

Pembagian kebutuhan didasarkan pada lima kebutuhan manusia dalam teori Maslow yang disederhanakan menjadi tiga kebutuhan. Teori ini lebih dikenal dengan nama teori ERG.

Walaupun memiliki kemiripan dengan teori Maslow, akan tetapi ada beberapa hal dalam teori ERG yang berbeda dengan teori Maslow, antara lain dikatakan bahwa manusia dapat memiliki lebih dari satu kebutuhan sekaligus.

Perbedaan lain adalah teori ERG tidak membuat suatu hirarki kebutuhan manusia yang tegas, artinya manusia dapat saja memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi sebelum kebutuhan yang lebih rendah terpenuhi.

Perbedaan terakhir ini didukung oleh berbagai macam studi yang telah dilakukan. Berdasarkan penelitian atau studi yang dilakukan terungkap bahwa teori Maslow tidak berjalan.

motivation-3Kebutuhan tingkat atas dapat saja terpenuhi walaupun kebutuhan tingkat bawah belum terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan tergantung pada prioritas kebutuhan itu sendiri.

Tulisan ini dicuplik dari komentar Nama : Ofi Putri Liani NIM: : 201552048 Sesi : 24 atas artikel Teori Motivasi Kontemporer pada blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>