Menetapkan Tujuan yang SMART.

Setiap orang mempunyai tujuan hidup masing-masing yang sangat spesifik dan berbeda-beda. Tujuan hidup bisa saja sangat kompleks dan rumit, namun bisa juga sangat sederhana. Berbeda lagi bila hidup tanpa tujuan bagaikan perjalanan tanpa arah yang sering membuat kita kebingungan. Disadari atau tidak, setiap individu tentu sudah mempunyai tujuan hidup masing-masing. Namun tujuan-tujuan tersebut mungkin belum tergambar dengan jelas, sehingga kesulitan menentukan arah kegiatan yang mendukung mencapai tujuan tersebut. Pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan atau membuat daftar tujuan.
Daftar tujuan terdiri dari hasrat, keinginan, harapan, impian, kehendak. Buat daftar tujuan berdasarkan klasifikasi yang dibutuhkan. Misalnya berdasarkan waktu; tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Untuk memudahkan tetapkan waktu yang jelas. Contohnya Yang akan dicapai pada tahun ini, 5 tahun kedepan, 10 tahun lagi. Dan yang perlu diketahui bersama yaitu gunakan Kriteria SMART untuk Tujuan-tujuan tersebut yaitu:

  • Specific (jelas); buatlah tujuan yang jelas, tidak abstrak dan mudah dimengerti.
  • Measurable (dapat diukur); pengukuran akan memberikan bukti tentang apa yang sudah dan belum dicapai.
  • Archiveable (dapat dicapai); jangan terlalu muluk-muluk, tetapi bukan berarti sederhana saja.
  • Realistic (masuk akal); tetapkan tujuan yang logis.
  • Timely (tepat waktu); gunakan waktu sebagai sumber daya, semakin tepat waktu pencapaian tujuan, semakin banyak tujuan yang bisa dicapai.

Penggunaan istilah yang positif sangat penting berkenaan dengan cara dan mekanisme tujuan pikiran bawah sadar bekerja. Sikap optimis menghasilkan kesuksesan yang lebih banyak, prosesnya lebih dapat dinikmati tidak peduli berhasil atau tidak.

smart-goalsTetapkan tujuan yang tidak merugikan kepentingan orang lain, sebaliknya upayakan orang lain juga menerima manfaat dari tujuan yang ditetapkan tersebut. Dengan mengetahui tujuan hidup kita yang sangat jelas adalah sangat menyenangkan, tidak peduli berhasil atau tidak, yang penting kita menikmati prosesnya.

Namun yang tak kalah paling penting harus diingat adalah kewajiban manusia adalah berusaha, hasil akhir tentu saja ditangan Yang Maha Kuasa.

Tulisan ini dicuplik dari komentar mahasiswa Nama : Katharina M, Nim : 201466180 atas artikel “Menetapkan Tujuan yang SMART” pada blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>