Di dalam mengaudit system informasi, seorang auditor dapat menemukan beberapa kesalahan atau penipuan yang terjadi didalam system informasi perusahaan. Untuk memastikan bahwa system informasi terhindar dari kesalan atau penipuan yang ada. Seorang auditor harus melakukan 4 tahapan, yaitu:

  1. Prosedur pengedalian artinya seorang auditor harus melihat pengendalian-pengendalian yang ada didalam perusahaan tersebut.
  2. Melakukan tinjauan atas system, artinya seorang auditor melihat langsung keadaan system informasi yang ada diperusahaan tersebut.
  3. Uji pengendalian, artinya seorang auditor melakukan pengujian atas pengendalian yang ada, apakah pengendalian tersebut efektif atau tidak.
  4. Melakukan pengendalian pengimbang, tahapan ini merupakan tahapan yang paling penting karena jika tahapan ini tidak berjalan dengan baik maka tahapan 1-3 tidak berjalan dengan baik pula.

IS-AuditTulisan ini dicuplik dari komentar mahasiswa: Nama : Barita Agustina Nim : 2012 – 12 – 157  pada artikel Keamanan Keseluruhan SI pada blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>