Umpan Ikan Mas Praktis dan Ekonomis

Grand Opening Tabgha Pemancingan 07 Feb 2016
Grand-Opening-Tabgha-Feb-2016Khawatir tidak dapat lapak hari rabu tgl 03 Feb 16 BBM Kang Ito, minta dicatat sebagai salah satu peserta dan beliau jawab, ok dicatat.

tk-sayurMinggu pagi 07 Feb 16, jam 06:00 cegat super market dorong……”mbak cuwe tongkolnya ada nggak”, si empunya super market dorong menjawab “Ada…mau berapa plastik”, saya jawab “satu saja mbak”, kemudian sang empunya super market dorong menyorongkan plastik berisi 5(lima) potong cuwe tongkol…..seraya berkata “lima ribu…”, tanpa banyak cakap saya serahkan uang lima ribu sambil berkata “kembaliannya ambil…saja…”, siMbak super market dorong tertegun…seraya..binun……..he…he…he….asyik…..pagi2 udah bisa ngerjain orang…..wah harapan nih bisa ngerjain ikan.

Sambil menjinjing seplastik cuwe tongkol saya kegudang, ambil Djempol Pandan Wangi satu bungkus, Dancow putih satu bungkus dan sebutir telor asin yg memang sudah saya beli pada hari jumat,

Cuwe-TongkolMasuk dapur, nyalakan kompor taruh panci kukus diatasnya, tak lama kemudian air mendidih, saya masukkan 5 potong cuwe tongkol kedalam panci kukus yg airnya telah mendidih itu……lalu saya biarkan selama 3 menit……(ingat…3 menit….soalnya kalau lebih dari 3 menit nanti bisa jadi……Jamrud………..binun…khan………coba deh baca ini………30 menit kita disini tanpa suara dan aku resah harus menunggu lama ..kata darimu……..Jamrud…..khaaaan……????)

Angkat cuwe tongkol taruh dipiring…..kemudian ambil 1/2 bungkus Djempol Pandan Wangi…tuangkan kedalam baskom umpan…….trus ambil 1/2 bungkus dancow putih….juga taruh didalam baskom umpan, setelah itu mulai berdendang…….mengayun-ayunkan baskom umpan(seperti nenek-nenek jaman dulu disaat mereka menampi beras) berisi Djempol Pandan Wangi dan Dancow putih……agar keduanya bercampur sempurna.

Andra_-_Season_2Setelah merasa yakin Djempol Pandan Wangi dan Dancow putih tercampur sempurna…….saya ambil air didalam kukusan(bekas merendam cuwe tongkol) kira2 40cc lalu saya masukkan kedalam baskom berisi campuran Djempol Pandan Wangi dan dancow putih……hughhh…..saya aduk hingga kalis, lalu saya singkirkan dan tempatkan dipiring disamping cuwe tongkol tadi dan sekarang gantian….cuwe tongkol yg dapat giliran saya iles-iles hingga hancur…….setelah benar2 hancur…..saya masukkan Umpan Djempol yg sudah kalis tadi…….kembali saya ayunkan centong untuk membuat keduanya tercampur……Andra and The BackBone…….kagak ngarti ye….mangkenye sering2 dengerin ardio……pan jiye ngomong begini ” Kau adalah darahku, Kau adalah jantungku, Kau adalah hidupku, Lengkapi diriku, Oh sayangku, kau begitu, Sempurna… Sempurna”.

Telor-asinKemudian saya ambil telor asin(jangan lupa kupas kulitnya) dan parutan keju,,,trus…. gosok… gosok deh telor asin(semuenye ye nyang putih ame nyang kuningnye) diatasnya………kemudian aduk lagi hingga kaliiiiisssss……… lalu ambil plastik tahan panas masukkan adonan tadi…ikat pakai karet(supaya mudah membukanya saat diempang)….. kukus selama 20 menit(10 menit untuk setiap sisinya…artinye…pas ngukus entu empan kudu dibolak-balik)….. Nah Umpan sudah siap.

Jam 07:20 berangkat ke Tabgha Pemancingan dan ternyata masih sepi….waduh kepagian..nih…nggak apa-apa deh.

Jam 08:40 Kang Ito, mengumumkan adanya penundaan saat start lomba karena ada beberapa peserta yg masih tersasar….lomba akan dimulai pukul 09:30 dan waktu berakhirnya juga diperpanjang 30 menit, sehingga akan berakhir pukl 16:30.

Tepat pukul 09:25 undian dilaksanakan dilakukan oleh panitia dan disaksikan oleh seluruh pemancing, karena saya datang paling awal maka nomor urut saya pertama dan mendapat kesempatan pertama diundi nomor lapaknya…….kocrek….kocrek…bunyi tempat nomor lapak dikocok dan kluar… saya dapat lapak 43…..wah lumayan nih…… saya pun menyiapkan diri menuju lapak dimaksud.

Priiiiitttt……lomba dimulai dan saya mengayunkan umpan setengah lapak(kira2 3,5 mtr dari tempat duduk), tunggu 2 menit…. sementara kiri-kanan sudah langsung strike……. waduuhhhh….. ada apa gerangan….koq umpan saya tidak dimakan….. dan saya tetap melakukan kebiasaan saya yaitu lempar tarik dan lempar tarik….. saya lakukan hal ini 5x ber-turut2……. berhasil…berhasil….hore…kata Dora The Explorer……dan benar saja begitu saya gentak terjadi perlawanan sengit……sehingga saya terpaksa mengerahkan enam bagian dari tenaga dalam saya…baru ikan itu berhasil didaratkan….. dan ditimbang….. lumayan 4,350kg…. saya lanjutkan lagi dan kembali saat saya sentak reel Ryobi Artica 3000 saya menjerit… tetapi kali ini saya hanya mengerahkan 3 bagian dari tenaga dalam saya dan ikan berhasil didaratkan masuk timbangan….waduh cuma 3,300kg….lalu hening……hening….hening…hening… sementara tetangga kanan kiri sudah berkali-kali menaikkan ikan….. dan saya tetap dengan keheningan….tetapi seperti biasanya saya tidak goyah…. saya tetap melakukan lempar-tarik…..lempar-tarik kembali……dan pada saat saya melakukan tarik(dengan maksud membuang umpan)eeehhhh…..koq berat dan reel kembali menjerit….. waduh kegaet nih pikir saya……yaaahhhh…. apa boleh buat saya pinggirkan juga ikan itu ternyata kemek…cuuyyyy…..doi….kemek…..bukan nyangkut…….welehhhh…nimbang lagi….. 3,150kg…..waduh nominasi induk terbanyak nih…….

mancing-Grand-Opening-TabghaJam 11:00, Ikan mulai makan….tetapi…setelah ngetrik dan saya gentak….zonkk…begitu terus…….saya ambil keputusan untuk mengganti mata kail dari ukuran nomon 4 menjadi nomor 5(bukan nyombong nih Gamakatsu…braayyy), benar saja upaya itu menunjukkan hasil dan saya mulai mengumpulkan ikan satu per satu…hingga satu saat ikan makannya halus sekali saya gentak…. kena….tetapi…hanya dipinggir bibir ikan…waduh gawat nih…tetapi dasar belum bisa mengatasi rasa gengsi…saya tidak memanggil kedi untuk menyerok ikan itu dan saya paksakan mengangkatnya…..benar saja ditengah perjalanan ikannya melepaskan diri …. byuuurrrr…. masuk lagi kedalam empang…. nyesel……. nyesel deh……

Sampai lomba berakhir dan dihitung hasil perolehan…saya hanya memperoleh 15 ekor saja dan induk 3 ekor, sementara juara prestasinya dari lapak 40,16 ekor…. 16 ekor… broo……. nyesek…. nyesek dah….. dan juara induk terbanyak dari lapak 62, dengan perolehan 4 ekor ikan induk….. yahhh….. apa boleh buat dan saya tetap tersenyum……benar…benar tersenyum…… saya pikir namanya juga mancing banyak faktor yg ikut menentukan…….

Ada hadiah dari para Sponsor, yaitu Umpan Djempol dan Toko Aneka Raya, dari Umpan Djempol berupa Tas 2 buah….karena kriteria untuk memperoleh hadiah itu tidak tercapai, panitia memutuskan melakukan pengundian untuk membagikannya…..pertama diundi 2 buah tas……yaahhh…nomor lapak saya tidak keluar…tetapi kembali saya tersenyum… karena saya yakin rejeki itu tidak dapat dipaksakan………

??????????Pengundian berikutnya hadiah dari Aneka Raya berupa 3(tiga) buah Reel Relix….pertama……entah saya lupa jatuh dilapak berapa……dan kedua…. panitia berteriak melalui pengeras suara….lapak 43….lapak 43…. wahhh itu lapak saya dan benar….braaayyy….saya dapat…..saya dapat……
Terima kasih Om Daniel(Tabgha Pemancingan) Kang Ito(Umpan Djempol) dan Aneka Raya.

Oh iya tadi saya sempat shooting lhooo…….untuk testimoni sejak kapan saya pakai Umpan Djempol….. mau tahu..nggak…broo…..saya pakai Umpan Djempol sejak tahun 2010 hingga sekarang saya tidak pernah tergiur menggunakan umpan lainnya.

Pada saat mancing tadi sang Maestro Umpan Djempol sempat minta umpan saya dan beliau coba,,,,benar saja asal lempar pasti dimakan…tetapi sering tidak kena….menurut beliau umpan saya terlalu keras…saya pikir benar juga karena umpan itu saya kukus…..pada saat sebelum dikukus umpan itu teksturnya agak gembur….tetapi setelah dikukus…ternyata terlalu kenyal….jika ada yg mau ber-eksplorasi silahkan dan jika mungkin tolong share ya (bagaimana caranya agar tekstur umpannya tidak terlalu kenyal, sehingga jika ikan makan akan langsung……. kena dehhh.).

8 thoughts on “Umpan Ikan Mas Praktis dan Ekonomis

  1. Salam kenal pa darmansyah ijin explore umpannya.
    * Itu ikan tongkolnya d pake semua 5 potong atau secukupnya?
    * itu umpan make kroto apa ngga?

    • Dipakai semua kecuali bagian yang hitam/coklat tuanya dan saya beli kroto 1 ons untuk cocolan(tetapi krotonya saya cuci dengan air panas lebih dahulu untuk menghilangkan baunya),

  2. slmt pagi Pak Darmansyah……. itu kroto buat cocolan aja yah…g di campur sm umpan? kalo seandainya kelembekan boleh pake pengeras indomi ga..? atau pake yang lain..?

  3. Salam mancing mania….mohon maaf sebelum nya…kong marga…mau nanya ni..?? Tentang racikan pandan wangi + susu beruang…awal nya saya pake racikan…ini memang mantapp..sampe dpt nyimas 18 ekor…minggu berikut nya sy pake lgi ..racikan pandan wangi + susu beruang ..tapi sampe minggu kemaren cuma dpt 2 ekor… sudah 4 x saya mancing cuma dpt 2 ekor…apa mungkin..blm rejeki nya…apa ada yg salah…pdhl racikan…tidak di kurangi dn tidak di lebihi…mohon…pencerahan…kong marga…salam mancing mania….

    • namanya juga mancing banyak faktor lain yg mempengaruhi, tetapi pada dasarnya umpan ini ok koq hanya memang harus sabar dan jika tidak dimakan ikan jangan pindah2 spot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>