Pengambilan Informasi dari SIA……(8).

Berbeda dengan model data REA, buku kas pada SIA yang didesain secara tradisional menggunakan grafik akun uutuk menyimpan dan mengatur data berdasarkan struktur laporan keuangan. Pada contoh sebelumnya, SIA tradisional hanya berisi data mengenai aspek-aspek keuangan dari transaksi penjualan, seperti tanggal dan jumlah.

opr-performance-urlData lainnya yang berguna untuk mengevaluasi kinerja operasional, seperti waktu terjadinya penjualan atau jika pelanggan mengganti alat yang tua, harus disimpan dalam sistem informasi atau database terpisah. Keberadaan sistem yang terpisah membuat manajemen lebih sulit dan lebih lambat dalam mengakses informasi yang dibutuhkannya.

Sangat penting bagi SIA organisasi untuk dapat menyimpan ukuran keuangan tradisional dan ukuran kinerja operasional lainnya. Seperti yang dijelaskan oleh Robert Elliott:”Teknologi informasi (TI) mengubah segalanya. TI menunjukkan paradigma pasca industri yang baru mengenai penciptaan kesejahteraan yaitu dengan mengganti paradigma industri dan secara nyata mengubah cara kerja bisnis.business-way-url

Karena adanya perubahan dalam bisnis, keputusan yang harus diambil oleh manajemen sangat berbeda dengan keputusan yang sebelumnya. Jika tujuan dari informasi akuntansi adalah untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis, dan jenis keputusan manajemen sedang mengalami perubahan, maka wajar jika akuntansi diharapkan juga berubah-baik akuntansi internal maupun eksternal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>