Memadukan Diagram REA Antar-Siklus……(2).

Perancang database memadukan dua diagram REA individual dengam menyatukan entitas yang sama. Jadi, Gambar DD-12 hanya mencakup satu entitas persediaan dan satu entitas kas. Perancang database kemudian memeriksa kelengkapan Gambar DD-12 dengan menguji apakah diagram tersebut memenuhi dua peraturan berikut ini:

  1. Setiap entitas sumber daya harus berhubungan dengan dua kegiatan arus stok: salah satunya menambah sumber daya dan yang lainnya menguranginya.
  2. Setiap kegiatan pertukaran ekonomi yang menambah sumber daya harus berhubungan dengan kegiatan pertukaran ekonomi yang mengurangi sumber daya, hal tersebut disebut prinsip dualitas ekonomi.

Gambar DD-12.Gambar-5-0010-aa-dd-12
Gambar DD-12 memenuhi kedua peraturan tersebut. Sumber-daya persediaan berhubungan dengan kegiatan pembelian (yang menambahnya) dan dengan kegiatan penjualan (yang menguranginya). Sama halnya, sumber daya kas berhubungan dengan kegiatan penambahan, penerimaan kas, dan kegiatan pengurangan, pembayaran kas.

Sebagai tambahan, pembelian yang merupakan kegiatan penambahan ekonomi, berhubungan dengan pembayaran kas yang merupakan kegiatan pengurangan ekonomi. Sama juga dengan, penjualan yang merupakan kegiatan pengurangan ekonomi yang menurunkan sumber daya persediaan, berhubungan dengan penerimaan kas yang merupakan kegiatan peningkatan ekonomi yang menaikkan sumber daya kas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>