Menggunakan Diagram REA……(1).

Sejauh ini, telah ditunjukkan bagaimana cara menggunakan model data REA untuk mengarahkan desain SIA. Dalam proses tersebut, dikembangkan diagram REA untuk PERUSAHAAN. Bagian ini, membahas bagaimana diagram REA dapat juga digunakan untuk mendokumentasikan praktik bisnis dan mengarahkan pencarian informasi dari database.

Dokumentasi Praktik Bisnis
Diagram REA secara khusus berguna untuk mendokumentasikan SIA tingkat lanjut yang menggunakan database, karena kardinalitas dalam diagram REA menyediakan informasi mengenai praktik bisnis organisasi dan pola pertukaran ekonominya.
Gambar DD-12.
Gambar-5-0010-aa-dd-12Contohnya, Gambar DD-12 menunjukkan bahwa PERUSAHAAN memperpanjang kredit ke pelanggan dan memperbolehkan mereka untuk membayar secara mencicil. Diagram tersebut juga menunjukkan bahwa PERUSAHAAN menjual barang yang diproduksi secara masa1.

Untuk menginterpretasikan secara tepat makna dari kardinalitas pada diagram REA, perlu dipahami dengan baik mengenai hal yang diwakili dari kemunculan setiap entitas. Hal ini biasanya mudah untuk entitas pelaku dan kegiatan. Setiap kemunculan entitas pelaku mewakili orang atau organisasi tertentu.

Sama halnya dengan kemunculan entitas kegiatan yang mewakili transaksi atau aktivitas bisnis tertentu. Contohnya, setiap kemunculan kegiatan penjualan mewakili transaksi penjualan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>