Menggunakan Diagram REA……(2).

Akan tetapi, pemahaman mengenai hal yang diwakili oleh kemunculan sumber daya, kadang-kadang lebih sulit. Misalnya mengenai persediaan. Kemunculan dari entitas ini dapat mewakili satu objek fisik tertentu atau sekelompok objek, bergantung pada sifat persediaan tersebut.
Gambar DD-8.gbr-table-5-100012-a-dd-8
Dalam kasus seperti ini, perlu diuji atribut yang berasosiasi dengan entitas tersebut guna menentukan apa yang diwakilinya. Contohnya: Gambar DD-8 menunjukkan bahwa entitas persediaan mencakup atribut “kuantitas yang dimiliki,” yang berarti bahwa setiap baris pada tabel persediaan mewakili suatu jenis persediaan, bukan sebuah objek individual.

Jadi, satu baris dalam tabel persediaan PERUSAHAAN dapat menyimpan data mengenai merek monitor 21 inci tertentu, sedangkan baris yang lain dapat menyimpan data mengenai model DVD tertentu. PERUSAHAAN ingin mengetahui berapa banyak dari produk tersebut yang masih dimiliki, sehingga atribut “jumlah yang dimiliki” akan ditemukan pada tabel persediaan.

Sebaliknya, jika hubungan-persediaan-penjualan dibuat menjadi l:N, maka organisasi tersebut pasti menjual produk yang unik sehingga menggunakan data nomor seri individual. Dalam hal ini, tabel persediaan tidak akan memasukkan atribut “kuantitas yang dimiliki” karena hanya ada satu barang untuk setiap jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>