Menggunakan Diagram REA……(3).

Pembahasan sebelumnya menunjukkan bahwa setiap organisasi akan memiliki diagram REA tertentu, sehingga hubungan kardinalitas juga bersifat unik karena praktik bisnis berbeda antar-perusahaan.

cardinalities1Contohny-a: jika PERUSAHAAN sering melakukan pengiriman parsial (tidak penuh), maka hubungan pesanan pelanggan-penjualan mungkin akan dimodel mejadi 1:N. Jika PERUSAHAAN juga sering menggabungkan beberapa pesanan dari satu pelanggan ke dalam satu pengiriman besar, maka hubungannya akan dibuat model menjadi M:N.

Dalam kenyataannya, perbedaan dalam praktik bisnis cenderung menghasilkan pembuatan model berbagai entitas yang berbeda. Contohnya, jika hanya menjual kepada pelanggan yang berkunjung ke toko dan tidak menerima pesanan pelanggan, maka PERUSAHAAN tidak memerlukan kegiatan komitmen pesanan pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>