Pengambilan Informasi dari SIA,,,,(4).

Gambar-5-0002-a-dd-2Logika permintaan dalam Tabel DD-2 menunjukkan jumlah total piutang. Untuk mendapatkan saldo akun untuk setiap pelanggan, logika permintaan harus diperluas ke tabel pelanggan dan mencakup perintah yang sesuai (misalnya “group by” dalam SQL) untuk melakukan perhitungan secara terpisah untuk setiap pelanggan. Hasil dari permintaan seperti ini akan berupa tabel dengan baris untuk setiap pelanggan dan kolom yang menunjukkan saldo pelanggan yang belum dibayar. Permintaan yang lain dapat ditulis untuk menjumlah saldo akun dalam tabel ini, sehingga total piutang dapat dihitung. Prosedur yang sama dapat digunakan untuk memperoleh konsep akuntansi lainnya, seperti piutang, yang mewakili ketidakseimbangan antara dua kegiatan.

Akan tetapi, ingatlah bahwa prosedur untuk menghitung piutang, yang dideskripsikan pada paragraf sebelumnya, tidak harus diikuti setiap kali informasi ini diinginkan. Melainkan, permintaan tersebut hanya perlu ditulis sekali dan setelah diuji keakuratannya, dapat disimpan untuk penggunaan selanjutnya. Bahkan, karena informasi-mengenai ketidakseimbangan intra-kegiatan temporal, seperti piutang dan utang, sangat sering dibutuhkan, kompromi implementasi cenderung dibuat agar saldo akun tidak akan disimpan sebagai atribut yang dihitung dalam tabel yang sesuai.

gbr-table-5-100012-a-dd-8Contohnya, tabel pelanggan yang ditampilkan pada Gambar DD-8 memiliki kolom yang menyimpan saldo akun pelanggan. Hal ini menyederhanakan logika permintaan data yang diperlukan untuk mengetahui piutang, karena hanya tabel pelanggan yang perlu diakses. Untuk menampilkan jumlah utang seorang pelanggan, kita perlu menulis permintaan yang menampilkan baris tertentu dalam tabel pelanggan. Untuk menghitung jumlah total piutang, kita perlu menjumlah kolom saldo akun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>