Aturan Kardinalitas untuk Hubungan Pelaku-Kegiatan (Agent-Event Relationship)

Perhatikan bahwa di dalam Gambar DD-6 kardinalitas minimum dan maksimum yang berhubungan dengan entitas kegiatan dalam setiap hubungan pelaku-kegiatan adalah satu (1).

Gambar-5-0006-aaGambar DD=6.
Kondisi ini hampir selalu dapat ditemui di mana saja. Kardinalitas minimum yang berhubungan dengan entitas kegiatan bernilai 1 karena harus ada beberapa pelaku yang terlibat dalam kegiatan terscbut.

Contohnya, suatu kegiatan penjualan harus dihubungkan dengan seorang pelanggan. Kardinalitas maksimum juga biasanya bernilai 1, karena organisasi ingin agar ada seorang pelaku tertentu yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut.

Melanjutkan contoh sebelumnya, sebuah penjualan dilakukan oleh beberapa pelanggan yang dapat diidentifikasi, yang diharapkan membayar untuk penjualan tersebut. Dengan cara yang hampir sama, kardinalitas maksimum entitas kegiatan dalam hubungan dengan pelaku internal (contoh untuk kegiatan penjualan, seorang staf penjualan) juga biasanya bernilai 1, untuk memberikan kredit ke pegawai terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>