Aturan Kardinalitas untuk Hubungan Sumber Daya-Kegiatan

Gambar-5-0006-aaGambar DD-6
Perhatikan bahwa dalam Gambar DD-6 kardinalitas minimum dan maksimum yang berhubungan dengan setiap sumber daya di hubungan sumber daya-kegiatan, bernilai nol (0) dan N. Hal ini umum untuk sebagian besar organisasi dan sumber daya. Alasannya sama dengan yang diberikan sebelumnya ketika menjelaskan kardinalitas minimum dan maksimum umum, yang berhubungan dengan pelaku dalam hubungan pelaku-kegiatan.

Satu pengecualian pada aturan umum ini adalah kardinalitas maksimum yang berhubungan dengan sumber daya persediaan kadang kala bernilai satu (1). Gambar DD-6 mencerminkan fakta bahwa PERUSAHAAN menjual barang dagangan yang diproduksi secara masal. Bagi setiap barang yang diterimanya, PERUSAHAAN harus mengetahui jumlah yang dimiliki dan jumlah yang tersedia untuk dijual.

Perusahaan tersebut juga harus mengetahui jumlah setiap barang yang dibeli atau dijual. Akan tetapi, PERUSAHAAN tidak mencoba untuk melacak barang tertentu yang secara fisik termasuk dalam sebuah transaksi.

Konsekuensinya, setiap baris dalam tabel persediaan di Gambar DD-6 mewakili jenis barang. Bagi PERUSAHAAN, kunci utama (primary key) adalah nomor barangnya. Organisasi lain mungkin akan menyebut kunci utama sebagai nomor bagian atau nomor SKU. Hal yang penting untuk dipahami adalah bahwa setiap baris dalam tabel persediaan PERUSAHAAN dapat dihubungkan dengan berbagai baris berbeda dalam tabel penjualan.

Akan tetapi, kadang kala organisasi melacak barang persediaan tertentu secara fisik. Contoh kondisi ini adalah berkaitan dengan karya seni asli, kendaraan bermotor, atau rumah. Bagi barang dagangan semacam ini, setiap baris dalam tabel persediaan akan mewakili lukisan atau rumah tertentu, dan akan diidentifikasi dengan kunci utama yang menjadi sejenis ID dengan nomor seri. Dalam kasus semacam ini, suatu baris dalam tabel persediaan dapat dihubungkan dengan paling banyak satu transaksi penjualan dan karenanya, akan memiliki kardinalitas maksimum 1, bukan N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>