Langkah 1: Membuat Tabel untuk Setiap Entitas dan Hubungan M:N

Database yang didesain dengan tepat memiliki sebuah tabel untuk setiap entitas yang berbeda, dan untuk setiap hubungan banyak-ke-banyak (many-to-many) dalam diagram REA.

Dalam kasus siklus pendapatan PERUSAHAAN yang diperlihatkan di Gambar DD-6, terdapat tujuh entitas berbeda, yaitu: persediaan, kas,, pesanan pelanggan, penjualan, penerimaan kas, pegawai, dan pelanggan. Walaupun diagram REA tersebut berisi entitas terpisah untuk staf penjualan dan kasir, hanya satu tabel, yaitu pegawai, yang diperlukan karena PERUSAHAAN perlu mengetahui informasi yang identik mengenai staf penjualan dan kasirnya, seperti nama, tanggal lahir, tanggal dipekerjakan, dan tingkat gaji.
Gambar DD-6Gambar-5-0006-aa-dd-6

Gambar DD-6 juga menunjukkan tiga hubungan M:N (pesanan pelanggan-persediaan, penjualan-persediaan, dan penjualan-penerimaan kas). Oleh sebab itu, 10 tabel akan dibuat untuk mengimplementasikan diagram REA yang diperlihatkan dalam Gambar DD-6-satu tabel untuk tiap ketujuh entitas dan satu tabel untuk setiap ketiga hubungan M:N.

Merupakan langkah yang baik untuk memberikan nama yang sama seperti entitas yang diwakili untuk setiap tabel. Akan tetapi, tabel yang menunjukkan hubungan M:N sering kali diberi judul dengan cara memberi tanda hubung di antara kedua nama entitas yang dihubungkannya. Jadi, sehubungan dengan Gambar kita akan membuat tabel pesanan pelanggan-persediaan, penjualan-persediaan, dan penjualan-penerimaan kas, untuk semua hubungan M:N tersebut.
Tabel DD-1gbr-table-5-100011-a

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>