Langkah 2: Menetapkan Atribut untuk Setiap Tabel(2)

Gambar DD-8.gbr-table-5-100012-a-dd-8
Menetapkan Kunci Utama (primary key) Setiap tabel di dalam database relasional harus memiliki sebuah kunci utama, yang terdiri dari sebuah atribut, atau kombinasi dari beberapa atribut, yang secara unik mengidentifikasi setiap baris dalam tabel tersebut.

Perusahaan sering kali membuat pengidentifikasi numeris untuk sumber daya, kegiatan dan pelaku tertentu. Pengidentifikasi numeris ini merupakan kandidat yang baik untuk menjadi kunci utama. Contohnya, PERUSAHAAN dapat mempergunakan nomor faktur penjualan sebagai kunci utama tabel penjualan, dan nomor pelanggan sebagai kunci utama dalam tabel pelanggan.

Umumnya, kunci utama dalam suatu tabel yang mewakili sebuah entitas merupakan atribut tunggal. Akan tetapi, kunci utama untuk tabel hubungan M:N selalu terdiri dari dua atribut yang mewakili kunci utama dari setiap entitas yang dihubungkan dalam hubungan tersebut.

Contohnya, kunci utama tabel penjualan-persediaan terdiri dari baik nomor faktur penjualan (yang merupakan kunci utama dalam entitas penjuatan) dan nomor barang (yang merupakan kunci utama dalam entitas persediaan). Kunci utama dengan atribut lebih dari satu semacam ini disebut sebagai kunci yang saling berhubungan (concatenated key).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>